Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Monday, October 8, 2012

Dear kawan-kawan peneliti….

Terkadang saya merasa prihatin melihat silika bekas digunakan untuk memisahkan senyawa menggunakan kromatografi kolom di buang dengan percuma, padahal betapa mahalnya harga silika tersebut. Saya kemudian berpikir, apakah tidak bisa silika tersebut di daur ulang ? Jika bisa, betapa sangat bermanfaat dan menghemat biaya. Meskipun demikian, perlu juga dicari sistem daur ulang yang reliable sehingga penelitian tetap valid.

Setelah sekian lama mencari referensi, akhirnya saya menemukan cara mendaur ulang silika tersebut dengan reliabilitas yang baik. Berikut langkah – langkahnya :

1. Cuci Silika

Pencucian silika dilakukan dengan cara mensuspensikan 1 kg silika ke dalam 1, 5 L aseton. Aseton di sini berfungsi untuk menghilangkan senyawa – senyawa yang masih menempel di dalam silika. Aduk berulang kali dan saring menggunakan corong buchner. Cuci kembali menggunakan asetan baru sebanyak 1 L yang kemudian di tambahkan 1 L air deionisasi, aduk, dan saring lagi. Pada tahap ini, senyawa – senyawa kimia sisa yang masih menempel di silika akan hilang.

2. Pembakaran/Pengeringan

Tahap selanjutnya adalah pengeringan silika yang dilanjutkan dengan pemanasan pada temperature ekstrim tinggi. Pengeringan dilakukan dengan menempatkan silika pada nampan logam besar dan keringkan menggunakan oven pada suhu 1200C-1400C selama satu malam. Setelah kering, maka silika di panaskan hingga 5000C-6000C selama 4 jam.

3. Penghilangan partikel kasar

Setelah didinginkan, selanjutnya dilakukan tahap penghilangan partikel kasar. Prinsipnya sangat sederhana, yakni bahwa silika didalam air akan layang - layang, sedangkan partikel yang lebih kasar akan segera mengendap. Pisahkan silika yang melayang - layang tersebut dengan partikel endapan sebelum silika ikut mengendap. Berikut teknisnya yakni tempatkan silica di dalam wadah yang berisi 5 L air deionisasi. Campur suspense dengan pengadukan dan diamkan suspensi tersebut selama 30 detik. Tuang perlahan 50% bagian atas campuran ke dalam wadah kedua. Lakukan terus hingga wadah pertama mengandung 2, 5 liter campuran, kemudian aduk lagi, biarkan selama 30 detik, dan tuang kembali 50% campuran ke dalam wadah kedua. Ulangi langkah ini 2 kali lagi kemudian buang sisa campuran dalam wadah pertama

.

4. Penghilangan partikel kecil

Wadah kedua sekarang berisi sekitar 10 L campuran silica dan air. Aduk campuran dan diamkan selama 4 menit. Tuang 50% bagian atas dan buang bagian tersebut. Aduk kembali, diamkan 4 menit, buang kembali 50% bagian atas, dan buang bagian tersebut. Ulangi langkah ini sebanyak 2 kali.

5. Aktivasi

Saring silika menggunakan corong buchnes kemudian keringkan dalam oven pada suhu 120-1300C selama semalam. Hasil daur ulang 1 kg silika biasanya adalah sekitar 650-800 g.

 

Referensi :

Leonard, J., Lygo. B., Procter, G., 1998, Advanced Practical Organic Chemistry, second Edition, Departement of Chemistry and Applied Chemistry University of Salford,

Ad

0 comments: