Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Thursday, March 22, 2012
Dear kawan kawan……..kali ini saya akan membagi pengalaman bagaimana MUDAHNYA mendapatkan beasiswa unggulan!!!
sebelumnya, saya akan memberitahukan saja bahwa beasiswa ini diperuntukan khusus untuk calon dosen yang sudah memiliki instititusi yang menaunginya. So….syarat pertama adalah kita sudah diterima sebagai dosen di Universitas/insititusi  dibuktikan dengan surat penerimaan oleh insitusi/universitas. So…bagi yang ingin mendaftar beasiswa, maka carilah insititusi /universitas yang menaunginya.
Bagi yang belum mendapatkan institusi????G USAH DAFTAR…………………
HEHEHE…..tidak juga kawan!~~!!!KALIAN boleh mendaftar BEASISWA dengan syarat bersedia ditempatkan oleh DIKTI dimana saja di seluruh penjuru Negeri Tercinta selama N + 1.
berapa N??? Untuk N nya adalah waktu kita menempuh masa studi dan sebagai bocoran, untuk beasiswa yang dalam negeri ternyata N itu 2 tahun (karena kebnayakan teman-teman yang keterima beasiswa ini mengisi dua tahun.
image
Oke….sekarang kita bahas ya, tentang segala persyaratan yang harus kita kejar.

1. Memiliki insitutusi atau Universitas yang dibuktikan dengan tanda tangan setingkat rektor ataupun pejabat eselon II (dekan), ini susah banget!!!aku kemarin mintanya ke Pak Dekan surat rekomendasi Untuk beasiswa unggulan atau bagi yang belum memiliki institusi mengisi Surat bersedia ditempatkan dimana saja. FOrmnya sudah tersedia to???
imageimage
sama surat rekomendasi pejabat selevel eselon II

2. Nah…sambil nyari syarat yang pertama, kita juga berusaha mendaftarkan ke universitas yang akan kita tuju untuk sekolah S2. Daftar universitas yang ditunjuk DIKTI ada di buku panduan!! (Mantep dan semangat saja, bahwa diri kalian daftar dan keterima!!!karena syarat yang kedua adalah kita sudah diterima di universitas sebagai mahasiswa pasca sajrana..Lalu nanti klo G dapat beasiswa gimana? Yo wis, g usah di jalani (hehehe)…tapi biasanya tiap universitas sudah melakukan pelayanan khusus untuk orang yang ingin mendaftar beasiswa S2 ini kok.. Klo di gajdah mada, daftarnya di bagian akademik pelayanan S2, sebelah selatan Gedung UC.
3. tentunya sambil berjalan, kita daftar online…di http://beasiswa.dikti.go.id/bu/
di pendaftaran online ini yang harus di scan dan di upload di web ini antara lain :
Petunjuk:
Sebelum melakukan pendaftaran online, beberapa hal yang perlu diperhatikan
  • * Wajib diisi
  • Siapkan File Surat Kesanggupan Mengabdi yang telah ditandatangani dan bermetrai
  • Siapkan File Foto Berwarna
  • Pelamar BULN wajib mengisi Jenis Beasiswa
  • Pelamar BULN wajib menyiapkan File IELTS, LOA, Surat Ijin Rektor
imageimage
imageimage
dan sterusnya sampai selesai
image
yang di unggah klo kemarin empat, tapi ini kok malah simpel hanya dua, ya..berarti cari sendiri ya….

setelah itu berkas yang udah ada beserta surat keterangan telah diterima sebagai mahasiswa pasca sarjana universitas yang ktia tuju di kirim ke DIKTI…….
GAMPANG TO!!!
tapi yang jelas, baca buku panduan dikti, bisa di download disini..
monggo….lapak ini dapat digunakan sebagai awal bertanya teman-teman atau teman – teman yang ingin menambahi…karena syarat syaratanya belum saya scan, nanti klo sudah saya scan saya update…sukses mencari beasiswa ya~!!!




up date….terbaru!!!!!!!!!!!

ini aku kemarin nekan apa pun yang bisa aku lakukan aku lakukan…so…g tau yang benar kaya gini atau tidak, tapi ini contoh surat rekomendasi dan surat pernyataan BU
image
image
image


untuk pertanyaaan :

nanya lagi Mas. dibukti pendaftaran BU Online ada disebutkan mengirim surat pernyataan mengabdi? dikirimnya kemana? kedikti atau diserahkan ke universitas tujuan bersama syrat2 pendaftaran pascasarjana? trima kasih...

dua duanya mbak…ya dikirim ke dikti ya ke univeristas….nyoba tanya ke universitas yang dituju lagi, bagimana mengenai persyaratan pendaftaran beasiswa unggulan. biasanya sudah diatur..


Mas, untuk mendaftar di universitas tujuan ternyata dikenakan biaya ya.Saya mau daftar ke UNJ tapi setelah google n cari tahu ternyata harus bayar Rp. 500.000,- untuk pendaftaran dan seleksi masuk. Mohon sarannya mas, soale kalo ga diterima beasiswa BU nya berarti duit sy terlanjur melayang.

ya…aku pun demikian…sudah aku nekati, demi beasiswa, maka harus modal…dan modalnya tidak sebanding dengan hasilnya….lihat saja, beasiswanya per bulan berapa…dan diirimu hanya mengeluarkan uang 500.000.. g masalah kan !!!!klo g keterima, ya…itu kan yang penting sudah usaha…!!!no problem kehilangan 500.000, itu berarti dirimu sudah berhasil mendapatkan celah celah dan mendapatkan semangat ketika suatu saaat ada beasiswa lagi..Fight spirit dalam mendapatkan beasiswa itu yagn susah dicari!!!!


UPDATE OKTOBER 2012 SETELAH PERTEMUAN DIMANA DIBENTUK PERKUMPULAN PENERIMA BEASISWA UNGGULAN SELURUH INDONESIA

Jadi, dalam perkumpulan tersebut, kita semua sudah melakukan mediasi dengan dikti, dan berbagai hasilnya sebenarnya dapat di lihat di group face book ini, serta video wawancara dengan dikti sudah di kirim di perwakilan universitas seluruh indonesia. hasil secara ringkas dapat di download disini..
ne teman yang baik hati yang ngurusi video beserta testimoninya “
Bagus 'Rijndael' Satrio
 
“Teman - teman yang terhormat , 15 pasang dvd sudah siap diluncurkan ke 15 universitas berisi foto dan video kegiatan tgl 22-23 september 2012 kemarin. Tinggal menunggu persetujuan ketua dan bendahara saja. Terima kasih.”

Berikut ringkasan hasil diskusi :
Slide1Slide2Slide3Slide4Slide5Slide10Slide11Slide12Slide13Slide14Slide15Slide16Slide17Slide6Slide7Slide8Slide9Slide18

Slide19

ada update an di atas ini teman - teman...klo kita lulusan mahasiswa unggulan yang memenuhi kriteria diatas akan diperhatikan untuk menjadi dosen tetap dengan lebih prioritas.....

130 comments:

Yonika Arum Larasati said...

mas nek oprec dosen ugm itu ada tiap tahun?

Amanda Lovable said...

belum tentu de....aku pun tidak tahu...hehehe

fauzan said...

mas mo nanya...
surat kesanggupan mengabdi tuh udah disiapin ma dikti ato buat sendiri???

Itheng cemani said...

ada di buku panduan suratnya......

Nazier_BI said...

mas...fotoku kok nggak bsa d upload ya? -___-

Itheng cemani said...

terlalu besar file nya mas

ichaa said...

mas, setelah daftar online apakah pihak univ. harus tahu juga?

oh y mas, minta referensi Surat Kesanggupan Mengabdi.

Muhamad Z.A said...

wah menarik sekali...bisa minta contoh surat keterangan mengabdi? :)

Itheng cemani said...

referensi surat keterangan mengabdi ada di buku panduannya...jika teman-teman anak UGM, silahkan tanya ke bagian akademik universitas gadjah mada, sebelah selatan UC....
kita istilahnya jika tidak terikat dengan institusi, tidak wajib memberikan tahu univ tempat kita kuliah s1 kemarin

Anonymous said...

maaf, di buku panduannya tidak ada contoh surat keterangan mengabdi, cuma adanya surat perjanjian antara calon penerima beasiswa dengan dikti...:D
kalo boleh, minta file contoh surat keterangan mengabdi... :D

Itheng cemani said...

sepertinya di surat pernjanian antara calon penerima beasiswa dengan dikti tersebut, juga disebutkan bersedia ditempatkan dimana saja..
itu saja klo saya kemarin sebagai pengganti surat keterangan megnabdi

Tacchan_chieka said...

Mas, punya contoh surat keterangan/pernyataan mengabdinya ga mas??? Upload dong...

rachi said...

mas, untuk dapat BU klo pendaftaran online pasca ugm milihnya yang biaya sendiri atau jalur beasiswa? sedangkan saa baru daftar online BU z belum tentu keterima.

Itheng cemani said...

beasiswa dunk de....klo BU nya belum tentu keterima ada dua pilihan. pakai biaya sendiri atau g usah kuliah, mending kerja!!!

dan aku nekat kaya gitu...klo g keterima BU, ya udah...g usah kuliah...nekat aja!!!hehehe....

Anugerah Langit said...

Bismillah, ayas kolem, pandhungane sedanten geh..

LanggaR said...

mas itu dpt beasiswany brapa y? itu mencangkup apa aj? apa trmsk bea per bulan + penelitian? trz stlh N + 1 biasany penempatn kbykn dmn aj? dr yg udh2?

Itheng cemani said...

anugerah langit00artinya apa??ehhehe

langgar --beasiswanya biaya full gratis kuliah de...terus bea perbulan juga, biaya buku, dan penelitian juga..ada di buku panduannya rinciannya..
N+1 penempatan belum ada, soale ini baru keluar 2 kali ini de beasiswanya ,,jadi belu ada yang lulus

febykuchiki said...

mas, yg tanda tangan di surat perjanjian itu hrs rektor/PR 1 atw dekan jg boleh gk??? tlng d reply yah thanks

Itheng cemani said...

klo di ugm, sebaikny hubungi akademik pasacarasjana, sehingga tahu jelasnya..
klo aku kemarin di UGM eselon itu rektor ternyata langsung di limpahkan dekan.dan aku minta tandatangan dekan..

febykuchiki said...

thank u yah....

Ina said...

Mau tanya, salah satu persyaratannya kan "BUKAN PNS" ya, dan kl tiba2 sebelum lulus S2 ini, sy diangkat PNS, gimana ya Mas, mohon advice? Suwun -Ina-

ayun said...

mas tanya dunk... surat perjanjian yang ada di halaman akhir buku panduan b.u. 2012 itu, kan ada ttd rektor tu... nah kalo blm atau bahkan gak bisa mencalonkan dosen di salah satu univ, berarti ttd rektor itu dikosongi, trus diapply gt aja atau gimana???
oh ya, lalu surat rekomendasi itu, rekomendasi ttg apa? rekomen kalo bisa nyelesaiin studi tpt waktu dan menaati peraturan, atau rekomen sbg calon dosen??? makasi mas...

Itheng cemani said...

klo saya kemarin tanda tangan dekan mas...
wah...klo itu saya tidak tahu mbak ina....

Anonymous said...

jadi surat perjanjian itu sama gak sama surat kesanggupan mengabdi? trus kalo sama di surat perjanjian yg bagian ttd dirjen itu dikosongin aja ya mas pas kita uploadnya?

Itheng cemani said...

yup...dikosongin aja....surat perjanjian itu udah sama dengan surat kesanggupan mengabdi....

Anonymous said...

untuk mendapatkan tanda tangan rektor atau dekan disurat kesanggupan mengabdi kalaw dikosongkan aja gx pa2???

Itheng cemani said...

yup...dikosongkan saja...dengan catatan bersedia ditempatkan dimana saja..tapi klo ada ikatan, maka itu ditandatangani oleh rektor univ yang nanti akan digunakan mengabdi

[ NiGHTRaVeN ] said...

pak/mas, salam kenal..... saya novan.....
ingin bertanya :
apakah klo nggk ada ikatan dengan universitas yg akan kita tempati menjadi dosen sudah pasti nggk bisa minta persetujuannya?
apakah nggk ada alternatif lain utk meminta ttd sang Rektor / PR I tempat kita akan mengabdi menjadi dosen ?

(soalnya pasti ada saja beberapa calon dosen di antara kita yg ingin ditempatkan di universitas pilihannya, namun terhambat hanya karena nggk ada ikatan)

Anonymous said...

salam kenal, sy arif...
sekedar bagi info sj dgn rekan2 pemburu beasiswa unggulan dikti. Sy adalah pnerima beasiswa ini di tahun 2011 yang lalu. Alhamdulillah sy ikatan dinas dengan ITS. Mengenai surat perjanjian bagi rekan2 yg blm memiliki institusi yg menaungi setelah karyasiswa anda berakhir, tdk usah cemas, anda tetap bisa mendapat beasiswa ini dengan kesediaan ditempatkan diseluruh Indonesia. Akan tetapi, meskipun anda telah memiliki ikatan dinas, hal itu juga tidak serta merta membuat anda akan ditempatkan di institusi pengirim rekan2, karena untuk penempatan alumni beasiswa ini akan melihat kebutuhan dosen secara nasional, singkat kata, daerah mana yang lebih membutuhkan maka rekan2 akan didelegasikan ke sana. hal ini bisa terjadi jika antara dikti dan institusi pengirim rekan2 telah terjadi kesepakatan seperti yang telah tercantum dalam UU no 37 tahun 2009 tentang dosen ikatan dinas(silakan dipelajari lebih lanjut). demikian dari sy, semoga rekan2 tetap semangat meraih cita.

Seftina said...

Salam kenal jg...
mau nanya jg dong mas..pertanyaannya hampir sama kaya tmn2 sebelumnya...tentang surat kesanggupan mengabdi.ttd rektor yang diminta itu berasal dr siapa y?rektor asal?misalkan saya dari unsoed, berrti saya minta ttd rektor/dekan dari unsoed?terimakasih banyak...

Anonymous said...

Mas, untuk mendaftar di universitas tujuan ternyata dikenakan biaya ya.Saya mau daftar ke UNJ tapi setelah google n cari tahu ternyata harus bayar Rp. 500.000,- untuk pendaftaran dan seleksi masuk. Mohon sarannya mas, soale kalo ga diterima beasiswa BU nya berarti duit sy terlanjur melayang.

Anonymous said...

kalaw waktu daftar dipascasarjana universitas tujuan nanti apa aja persyaratn BU yg dilampirkan. Cuma bukti pendaftaran BU online aja???

Anonymous said...

nanya lagi Mas. dibukti pendaftaran BU Online ada disebutkan mengirim surat pernyataan mengabdi? dikirimnya kemana? kedikti atau diserahkan ke universitas tujuan bersama syrat2 pendaftaran pascasarjana? trima kasih...

febykuchiki said...

mas, bs tlng mnt format surat rekomendasix gk???

Anonymous said...

mas bisa minta format surat kesanggupan mengabdi?

Arni said...

Mas klu saya nda dapat rekomendasi dr universitas gmn? boleh gk sy nulisnya bersedia di tempatkan dimana saja?

Anonymous said...

mas mau tanya,..
bedanya tenaga kependidikan dg calon dosen itu apa ya?

Itheng cemani said...

KLO tenaga kependidikan itu yang urus administratif dan bukan dosen.., mungkin..

Anonymous said...

mas, kemren saya sudah daftar dan sudah dafat nomr registrasi. tetapi saat saya ingin mengubah data kok gak bisa dibuka...
lalu kalo kita sudah daftar online, apa seharusnya kita langsung ke instansi itu mengantar berkas2 lainnya...?

mohon penjelasnnya yah mass...
dan makasish...

Itheng cemani said...

instansi yang mana??? klo ke dikti, kemarin saya kirim saja....klo ke univ tempat kita mendaftar s2, yuk..ada yang sudah mengurusinya biasanya

Anonymous said...

assalamu'alaikum
mas mw tanya, saya sdh cb upload data surat kesanggupan mengabdi dan foto, tp kok g bs yah???,
klo brhasil tnda'a gmana??
soal'a pas sy cb ubah data, bagian upload data surat kesanggupan mengabdi dan foto msh sprt yg ada d gbr mas, minta upload data trus
mohon balasannya segera !!!!!

trmksh bnyk

Anonymous said...

maksudnya mas ke universitas yang bersangkutan...
apakah berkas2nya dikirim langsung, atau berkas2nya dikirim setelah kita dinyatakan lulus,,,
soalnya mas, saya ada di medan mas,..

masalah ubah data online itu kok gak bisa yah mas...
bantuannyalah mas...

Anonymous said...

aslkm..maf boleh nax bisa g klu saya mendapatkan rekomendasi dari universitas yang lain (bukan universitas asal)..teruz surat keterangan pribadi contohx seperti apa..makasih

dj said...

assalamualaikum..
salam kenal mas, saya alumni universita di sulsel..sebelumnya makasih banyak, karena setelah saya membaca info ini saya jadi lebih mengerti apa yang harus saya lakukan..

yuita said...

sy punya masalah di pendaftaran online.
koneksi terputus ketika step 4 pendaftaran, artinya data pengisian belum selesei. setelah sy coba satu hari kemudian, sistem menolak 'anda tidak diperkenankan mendaftar lebih dari 1 kali'.
apa yang harus saya lakukan, padahal email yang berisi no registrasi tidak saya dapatkan.,sudah saya tunggu, dan hubungi emailnya dikti.

boleh ga si jika tidak menyertakan pendaftaran online?

Yuli said...

mas, surat pernyataan kesiapan mengabdi apakah sama dgn surat perjanjian yg bs di download di web dikti atau contoh foto di atas? atau beda? kemudian, sy hanya dftr onine yah ke dikti, gak perlu kirim print outnya ke dikti? slanjutnya kirim berkas2 ke univ yg dituju sj yah? menurut bagan proses beasiswa pd pedoman beasswa tsb. tp sy msh bingung, takut gak sah gitu dftr ke diktinya, mohon penjelasannya, terima kasih

ardi1988 said...

mas,kenalkan sy ardi. Mau nanya,itu surat perjanjian antara penerima beasiswa dengan DIKTI ikut dilampirkan saat pendaftaran ke PPs ato nanti setelah kita ditrima??suwun

Yuliana said...

Mas, untuk program jurusan diluar jurusan yang tersedia diauto bisa gak ya, dengan status sudah diterima di univ yang kita tuju, misal, aku pilih ITB dengan prodi administrasi bisnis, dan itu tidak ada di auto ITB.

Seftina said...

mas,mau nanya lagi.yang harus dikirim ke dikti apa aja ya?apakah sama dengan yang dikirim ke PPs tujuan?trus extendeed summary apa y?yng daftar s2 perlu bikin itu?makasih

Anindya said...

Mas, mau tanya... Ini saya nglamar BU di UGM, dan lolos tes PAPs & AcePt... Yang saya tanyakan, apa kalo sudah lolos tahap pertama, pasti beasiswa DIKTI-nya juga ketrima??? soalnya pihak UGM juga belum tau kapan DIKTI akan mengumumkan peserta yang lolos BU... Lalu, jika tidak diterima BU, apa bisa saya mendaftar dengan jalur mandiri (biaya sendiri) tapi beda program studi? Tolong dibalas yah, makasih...

Itheng cemani said...

belum tentu mbk...jika tidak diterima BU , klo saya lebih baik kerja..hehehe..
tapi klo punya biaya sendiri ya silahkan, tapi saya tidak tahu apakah bisa beda program studi atau tidak

Anonymous said...

mw nanya mas..
klw misalkan qt udah selesai studi n mulai menjalani kontrak di univ.yg ditentukan DIKTI..bisa ga sambil mnjalani kontrak qt mendaftar PNS?

Itheng cemani said...

tidak bisa jawab mas saya...hehehe

Anonymous said...

Ass. salam kenal, saya rizal..
Maaf mau nanya, kira2 pengumuman penerima BU sama pembayaran daftar ulang mahasiswa pasca sarjana biasanya duluan mana?? atau mungkin nunggu sampe brapa bulan seteah kuliah dimulai?mungkin yg udah ketrima BU-nya tahun kemarin bisa sharing info..
Trims

Anonymous said...

kok belum ada pengumuman dari dikti ya . . padahal sudah hampir registrasi . .

menunggu kepastian . . *semoga ada kabar baik* . . aamiin . .

Anonymous said...

Iyaa.. padahal minggu depan udah harus registrasi ulang..
tp kok blm keluar juga yaa pengumumannya..

Itheng cemani said...

klo BU tahun kemarin, kita udah ada pengumuman dulu, baru regestrasi khusus BU..
santai saja, sudah diatur kok sama pihak univ, yang beasiswa BU

Anonymous said...

biasanya bulan apa keluar pengumuman?

Anonymous said...

Thanks banget atas infonya yakz..
sangat bermanfaat utk kita2 yg lagi bingung prosedur mendapatkan beasiswa unggulan..

Anonymous said...

pengumuman BU akan keluar awal agustus...

Anonymous said...

mas klo Bu dikti yg tahun 2011 cost lving nya berapa y? hrs buka rekening duu atau gimana?

Anonymous said...

aslkm.
Makasih mas sblm'a info di blog ini skaligus forum tanya jawab'a mnarik skali dan sgt mbantu.
Alhmdulillah sy sudah dpt pengumuman diterima BU 2012 di ipb.. Tp sy msh ragu u/ m'ambil'a.. krn saat sy tnyakan ke pihak kmps mngenai prosedur pcairan uang saku n by. Apa sj yg dtanggung o/ dikti pihak kmps sndiri blm tau pasti.. Sy khawatir ktk sy akan dftr ulg nanti dikenakan by. Lain (dluar spp, yaitu: by. Kmahasiswaan n by. Pngembangn). Mgkn ga sih hal itu tjd? Dan sy khwtr seb'a stlh qt slesai studi 2th lgsg dinaskan mjd dosen atau waiting list..? Krn mlihat di indonesia ini sudah bnyk skali dosen.. Dan apa status'a saat qt mjd dosen? Lalu bgmn pgajian'a? Apakah dtanggung o/ pihak univ. Qt mngabdi or dr dikti yg mgaji.. Plis share infonya. Tq.

Anonymous said...

aslkm.
Makasih mas sblm'a info di blog ini skaligus forum tanya jawab'a mnarik skali dan sgt mbantu.
Alhmdulillah sy sudah dpt pengumuman diterima BU 2012 di ipb.. Tp sy msh ragu u/ m'ambil'a.. krn saat sy tnyakan ke pihak kmps mngenai prosedur pcairan uang saku n by. Apa sj yg dtanggung o/ dikti pihak kmps sndiri blm tau pasti.. Sy khawatir ktk sy akan dftr ulg nanti dikenakan by. Lain (dluar spp, yaitu: by. Kmahasiswaan n by. Pngembangn). Mgkn ga sih hal itu tjd? Dan sy khwtr seb'a stlh qt slesai studi 2th lgsg dinaskan mjd dosen atau waiting list..? Krn mlihat di indonesia ini sudah bnyk skali dosen.. Dan apa status'a saat qt mjd dosen? Lalu bgmn pgajian'a? Apakah dtanggung o/ pihak univ. Qt mngabdi or dr dikti yg mgaji.. Plis share infonya. Tq.

andy wibowo said...

alhamdulillah..sebelumnya saya ucapkan selamat kepada mas...atas keterimanya BU.
jika saya menjadi mas, akan saya usahakan apapun itu , coz...dari pengalaman saya, saya hanya tombok 10 juta yang bisa saya cicil 2 semester. Ini sangat menguntungkan sekali, karena setiap bulannya saya dapat gaji 2, 3 juta..
nah..mengenai penempatan, memang belum jelas, tapi klo waiting list, kan kita juga bisa kerja dimana yang kita mau dulu, (saya kuliah sambil kerja juga kok, hehehe), nah...klo mengenai satus menjndi dosen, masih di bicarakan september besok mas, insyaallah besok saya kabari...oh iya....sebaiknya, regestrasi dulu mas, sayang jika terlwatkan.!!!

andy wibowo said...

g harus buka rekening, coz besok kita akan bakal di bukakan sendiri oleh pihak univ sekaligus jadi KTM kita...(klo di UGM)

febykuchiki said...

mas, sy jg alhamdulillah sdh lht pengumuman n keterima BU. biasanya jdwl wawancara sekaligus penandatanganan kontrak krj itu kapan yah? trus kl blh tau, apa dana beasiswa itu turunnya tpt wkt, per bulannya gt? atw kt keluarkan uang dulu trus nanti br di ganti? atw bgmn yah? tlng kbri yah, jg dgn mslh penempatannya.... terima kasih ats infox....

andy wibowo said...

ini ada info ter update kawan = kawan

Just share: Rekan-rekan penerima BU khususnya yang berkewajiban membayar biaya SPMA (misalnya: Farmasi) ada kabar gembira! Saya baru saja dari bagian keuangan mendapat informasi bahwa keseluruhan SPMA smt 1 dan 2 serta kekurangan SPP yang telah dibayarkan akan ditanggung sepenuhnya oleh BU. Caranya rejan-rekan cukup menunjukkan seluruh bukti pembayaran pada bag.keuangan disertai fotokopi buku tabungan (no.rek). Prosedur ini dilakukan pada bulan November karena saat ini bag.keuangan sedang sibuk mengurus SPP kita. Info ini yg barusan saya dapat dari bag.keuangan, jika ada yg mengetahui info terbaru monggo silakan diupdate. Terima kasih.
ini untuk anak 2011, anak 2012 tentunya juga pasti lah...


oh iya......
bagi yang ingin tau info lebih lanjut, gabung aja di FB group kita ......

http://www.facebook.com/groups/bu.ugm/357070671040118/?notif_t=group_activity

Anonymous said...

kalo mas nya ini brati yg bersedia di tempatkan dimana saja gitu ya? atau masnya nati bakal di ugm?

Erna Piantari said...

Wahhh... sangat menyesal sekali, saya telah melewatkan BU 2012 ini karena saya sudah terikat kontrak kerja >.<
Kira-kira akan adakah lagi BU tahun depan (2013)?
Saya sangat ingin melanjukan studi saya, dan bermimpi menjadi dosen.

vellin said...

Maaf, saya ingin bertanya. Bolehkah jika kita mendaftar BU dalam negeri dan BU luar negeri secara bersamaan?

andy wibowo said...

kemarin ada kasus yang seperti ini mbk....ternyata eh ternyata keterima semua, akhirnya deh ambil yang luar negeri..di coba aja mbk...

Baridah said...

kenapa saya gabisa OL daftar beasiswa dikti ya ? :(( masukin nama saja gabisa huhuhu

Anonymous said...

apakah tes TPA itu wajib?? saya dengar yang tahun lalu harus menyertakan hasil tes TPA...
terimakasih

andy wibowo said...

baridah : kan sekarang sudah g bukaan..
tes TPA itu wajib sebagai persyaratan masuk univ, bukan beasiswa...

Anonymous said...

asskum wr wb,,
sy dengar telah diadakan semacam seminar penerima beasiswa dengan perwakilan dirjen dikti ya...ada yg tau hasilnya pa g??share dunk jika ada yg tau...thank's

(Arif-pnerima BU ITS)

andy wibowo said...

hasilnya sudah diatas itu mas...silahkan di cari,

Anonymous said...

Jadi gmana akan ada lagi ga ya buat taun 2013 ini?

andy wibowo said...

tergantung anggaran pendidikan tahun depan mas mbk...

Anonymous said...

dear andy, ni tantemu: bangjo cell. kalo ada info ttg BU mbok ya q dikabari. q baru aja tahu kalo ada pertemuan 22-23 sept di kaliurang itu. temen q satu kelas jg ga tahu. apa kemarin dr UNY ada yg datang ke sana? thx alot.

lilis

andy wibowo said...

ada bulek......ada yang dari UNY...tapi aku agak kurang tahu, siapanya...klo ingin mencari info info yang lebih up to date, di sini tempatnya bulek..add aja groupnya

http://www.facebook.com/groups/beasiswaunggulandikti/

farmaboy said...

asslamualikm, trimakasih atas infox,, sngt beri pencerahan mas :D,, saya mahsiswa s-1 farmasi asal kal-sel yg sebentr lg lulus (amin)..
mau tanya mas, kalo BU ni boleh ngga untuk Double Degree? (kan di UGM ada tuh, kul S2 smbil kul profesi)
atau kalo ngga DD, selesein kul S2 dulu, baru ambil profesinya dengan biaya sendiri, bisa gitu ngga mas?

andy wibowo said...

wa'alaykummusalam wr.wb. terima kasih mas, sudah mampir di blog saya. oh...., untuk double degree saya kurang paham, sepertinya tidak bisa..., nah..klo selesein kul S2 dulu, berarti harus mengabdi dulu mas (mungkin!) baru setelah itu ambil profesi.
Pengalaman pribadi neh mas, saya kemarin keterima S2 saat saya menjalani semester kedua profesi, sehingga pada semester yagn sama saya kuliah semester 1 untuk S2, dan menjalani PKPA profesi (semester 2 untuk profesi). tapi alhamdulillahnya sudah kelar yang profesi.
Saran juga, lebih baik, ikut profesi dulu, karena dengan profesi, uang lebih mudah ngalir dan bisa buat mata pencaharian lain selain kuliah S2, seperti saya saat ini, ngajar bidan di stikes -stikes maupun buka apotek.
salam semangat selalu..!!!

Anonymous said...

assalamualaikum..
thanks..blog ini bermanfaat bgt khususny bwt pra pncari BU..
yg ingn sy tnyakan..status kita pas udh lulus itu gmn y??mjd tnaga honorer,cpns,atau ap y??
n seandainya saat masa mengabdi n+1 itu ad bukaan cpns, apkah bisa ikut mdftar??trmkasih.

andy wibowo said...

status nya diharapkan oleh dikti statusnya nanti saat pengabdian sudah cpns,..
jawbaannya, bisa..malah di himbau oleh dikti untuk mendaftar cpns

Anonymous said...

menanggapi hasil diskusi,
1. bagi yang berniat melanjutkan studi ke jenjang S3 luar negeri, saya sarankan membuka laman http://diktibeasiswa.blogspot.com/
2. apa mungkin setelah lulus kita langsung CPNS?(mudah-mudahan saya juga berharap), tapi sepertinya TIDAK, karena seperti yang kita ketahui CPNS dosen harus melalui serangkaian tes...
3. setiap anggaran negara yang dikeluarkan untuk keperluan belanja dan honorarium harus ada SPJ (Surat Pertanggung Jawaban), jadi kalau status kita sendiri masih belum jelas, lantas anggaran mana yang akan dialokasikan untuk menggaji alumni BU yang menjalani masa pengabdian?
4. semoga menjadi bahan masukan bagi rekan-rekan semua.
terimakasih

Anonymous said...

jumlah penerima BU saat ini (tahun 2011 & 2012)kurang lebih 2700-an (mudah2an g salah hitung), apakah setelah lulus semuanya akan mendapat penempatan di 28 universitas di Indonesia...
28 universitas berbanding 2700??
dana darimana yang dibuat menggaji orang segitu banyak??atau malah g ada gaji pokok??hehehe
realistis g yahh?!!!!

Anonymous said...

oh begitu..*sedikit lebih mengerti..
1.stelah qt lulus,apkah qt lgsung mnjalani masa pngabdian mngajar (n+1)??misal,qt dt4kn di univ A di kota A..apkah slama masa pngabdian itu kita boleh mdftar CPNS dosen di univ B di kota B??ataukah harus mylesaikan masa pngabdian dhulu jika ingin mjd dosen di univ slain t4 qt pnempatan?
2.jika misalnya,saat qt kuliah S2 sbg pnerima BU,dn tnyata ad lowongan dosen di univ C (negeri)..qt daftar n kbtulan ktrima..apkah qt bs mnjalani masa pngabdian di univ C tsb stlh lulus?
3.ada kabar2 ga, apakah BU 2013 ada??:)

trims bwt infonya..maaf kl ad salah kata..

andy wibowo said...

teman - teman....ini ada info yang sedikit menakutkan bagi nanti yang diterima beasiswa unggulan , harap hati hati

PENTING !!!!!!!!!

ada modus penipuan yang menggunakan nama rektor UGM untuk mahasiswa penerima BU 2012

Minna san, mohon hati2 semuanya
ada modus penipuan baru untuk penerima BU DIKTI

modusnya berupa :
akan ada dua orang yang menelpon, awalnya mereka akan mengirimkan sms
berupa pemberitahuan isi smsnya seperti ini

Saya Drs. Haryanto Ditmawan UGM
disampaikan kepada Sdr..............
diharapkan segra menghubungi
Prof.Dr Pratikno, Msc
081283288855
sehubungan adanya undangan dari Ditjen DIKTI DP2M
yang akan disampaikan:
Perihal undangan peserta Pengembangan Karakter Mahasiswa, Pendidikan, Penelitian & Hibah Mahasiswa
tgl 24-25 November di Hotel Borobudur Jakarta

mereka memakai nama pejabat kampus, dan bahkan mereka tau nama pejabat kampus asli kita, sehingga modusnya tidak tercium..

setelah kita menelpon ke no rektor yang dituju tadi, bapak tersebut memberikan penjelasan, panjang, diakhir penejelasan, disebutkan bahwa bapak tersebut menyuruh kita untuk pergi ke ATM

bapak itu berpesan, jangan memutusakn sambungan telepon, kalau sudah sampai di ATM, mereka menyuruh kita untuk memasukan atm kita, membuyarkan konsentrasi kita dengan menyuruh kita menyebutkan saldo atm kita berapa..

setelah itu bapak itu menyuruh kita mentransfer uang sesuai dengan jumlah
tertentu ke rek tertentu...

berhati-hatilah jika menerima kondisi seperti ini..

saran :
-cek dulu kebenaran ke kampus atau ke DIKTI Langsung.

andy wibowo said...

jawab pertanyaan dari ini

1.stelah qt lulus,apkah qt lgsung mnjalani masa pngabdian mngajar (n+1)??misal,qt dt4kn di univ A di kota A..apkah slama masa pngabdian itu kita boleh mdftar CPNS dosen di univ B di kota B??ataukah harus mylesaikan masa pngabdian dhulu jika ingin mjd dosen di univ slain t4 qt pnempatan?

mungkin, nunggu panduan nya keluar dulu ya...

2.jika misalnya,saat qt kuliah S2 sbg pnerima BU,dn tnyata ad lowongan dosen di univ C (negeri)..qt daftar n kbtulan ktrima..apkah qt bs mnjalani masa pngabdian di univ C tsb stlh lulus?

saya juga belum bisa menjawab yang ini
3.ada kabar2 ga, apakah BU 2013 ada??:)

itu katanya jika ada anggaran, maka ada , tapi jika anggarannya tidak ada, maka tidak ada, tapi sepertinya ada bro!!tunggu aja kabar selanjutnya...di bulan april atau maret
trims bwt infonya..maaf kl ad salah kata..

Anonymous said...

sip3...thanks mas bro bwt jawaban2nya..
kl ada info2 atau kabar apa gtu, tlg dshare ya..
#lg galau nyari2 beasiswa S2..
oya..suka dukany jd pnrima BU ap yaa??
dukany aj dink, ad ga?? cz kl sukany mesti bnyak..:-D:-D

andy wibowo said...

dukanya menurutku belum ada...alhamdullilah...

Anonymous said...

yipz...seperti yg saya duga...:-)
okay..mkasih bnyak mas bro bwt info2 nya..
kl ad kabar2 BU 2013, tlg dshare dsini ya..thanks..:-D

amalia cahyarini said...

assalamu'alaikum..
sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasi yg diberikan, sgt membantu,
sy ingin bertanya, apakah setelah pengabdian n+1, PBU tetap bisa melanjutkan profesi sbg dosen atau tdk?? kalau bisa, penempatannya dimana, kalau tdk, bagaimana solusinya?? trmksh sebelumnya..

Predaricka said...

Assalamu'alaikum..
Menarik sekali menyimak diskusi ini. Tentang pertanyaan status setelah n+1 pengabdian, dalam UU no.37 tahun 2009 tentang dosen ikatan dinas, pasal 35 ayat 2 disebutkan "Pemerintah mengangkat calon dosen ikatan dinas yang telah menyelesaikan pendidikan ikatan dinasnya sebagai pegawai negeri sipil, dan menempatkannya sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)" ayat 1 berbunyi "Sebelum memulai pendidikan ikatan dinas, calon dosen ikatan dinas menandatangani:
a. pernyataan tertulis tentang kesediaannya untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil dan ditempatkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan
b. perjanjian ikatan dinas"
Saya juga belum jelas mengenai proses penerapan UU ini, hanya sekedar info, terimakasih

Anonymous said...

Predaricka@sy sdikit meragukan pnerapan UU tersebut, sperti yg sdh bnyk d bhs d beberapa artikel, bnyk tuhh mereka yg memiliki ikatan dinas malah dilepas oleh DIKTI, atau malahan g jelas statusnya bagaimana setelah lulus...banyak lulusan beasiswa luar negeri yang tidak kembali dgn alasan "tidak mendapat tempat yang layak", makanya banyak yang cabut cari kerja diluaran...ada yang lebih parah malah mereka jd pengangguran berijazah karena menunggu proses birokrasi yang serba rumit di NKRI...nahh loh klo kyk gni bgmn coba?

Anonymous said...

mas minta alamat kusus web ugm untuk pengumuman BU ugm

misal sya ikut daftar BU UGM sekaligus daftar tpa n toeflnya. misal untuk hasil toeflnya blm memenuhi syrat, kira2 waktu tes lagi untuk memperbaiki msi ad ap enggk?

makasih mas. sya tunggu jawabannya

Nisa said...

saya mau tanya mas, saya sekarang masih d program matrikulasi s2 UGM, masuk program reguler di Agustus 2013, saya mau daftar BU 2013 bisa tidak mas? jadi saya berarti sudah kuliah satu semester (matrikulasi) baru mengajukan beasiswa unggulan untuk semester 2 (pas masuk reguler). Mohon info bagi yang pernah tahu prosedurnya, sama saja atau beda? Terimakasih banyak

Anonymous said...

aslmkm. saya mau tanya. apkh setelah pengabdian n+1 itu diangkat menjadi pns?? karena jika statusnya honorer kpn sj bs dberhentikan. pdhl daerah indonesia timur sana masih banyak kekurangan tenaga dosen

Anonymous said...

Assalamu'alaikum. saya lulusan UNHAS. rencananya mw apply BU untuk 2013 klw ada Mas, tapi masih agak bingung...klw lihat di persyaratannya harus sudah keterima sama universitas yang dituju. nah klw misalnya BU bukanya sekitar Maret trus pendaftaran dikampus tujuannya sekitar februari-april artinya belum test dong Mas, jadi belum keterima. Nah klw kayak gitu gimana?terima Kasih sebelunya,Mhn bantuannya Mas.

andy wibowo said...

wa laykummusalam wr.wb. ya memang begitu mas...kita daftar dulu, biasanya pengumuman BU itu sudah diakomodir sama pihak univ, sehingga nantinya ada pembarengan antara pendaftar S2 yang akan masuk menggunakan beasiswa BU, jadi nanti bebarengan..rajin tanya saja ke akademik mas, dan jangan kenal lelah serta susah...

mimi_nh said...

Assalamu'alaykum wr.wb.
Alhamdulillah, akhirnya 'tersasar' di blog ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas info2 yang diberikan, sangat membantu.
Perkenalkan Mas, saya Mimi, alumni Pendidikan Matematika UNJ, lulus November 2012 lalu. Saya berencana untuk melamar BU 2013, mudah2an tahun ini kembali dibuka. Saya ingin bertanya terkait Perguruan Tinggi penyelenggara BU Dalam Negeri. Jika saya ingin melanjutkan S2 Pend. Matematika, apa ada Perguruan Tinggi (penyelenggara BU) khusus yang harus saya tuju? Atau boleh di Perguruan Tinggi Penyelenggara BU manapun? Mohon penjelasannya, Mas. Terima kasih.

Bunda Nining Suningsih said...

Alhamdulliah saya juga kesasar di grup ini, seperti mendapat pencerahan.. sukses selalu wat qt semua... amin..

Jamhari Arie said...

terima kasih atas blognya mas itheng sangat membantu bagi semua pemburu BU.. saya sampai berulang kali membaca blog ini.. saya rencana daftar BU 2013. ya.. mga aja di BU di buka kembali. ada yg mw saya tanya kan mas.. sambil nunggu BU.. saya mencari univ. penyelenggara BU thn lalu yg buka pendftran PPS thn 2013. ternyata ada yg buat saya bingung mas. d salah satu univ. di formulir pendftrn mengebai biaya pendidikan ada pilihan : 1. biaya sendiri, 2. beasiswa dari.... 3. Mengajukan beasiswa BPPS (dengan melampirkan SK PNS/ yayasan). jadi saya bingung harus pilih yg mna mas? klo pilih BPPS, seperti yg mas katakan di awal saya harus sudah diterima sebagai dosen di Universitas/insititusi dibuktikan dengan surat penerimaan oleh insitusi/universitas (SK). sementara saya blm ada univ. yg menaungi.. jadi saya minta tolong sarannya dari mas... itung2 bagi2 pengalaman sebagai ibadah n nambah pahala,,hehehe.. maaf jg mas klo komentarnya kepanjangan.. terima kasih...

andy wibowo said...

alhamdulillah jika memang bermanfaat...tulis aja beasiswa dari Beasiswa unggulan dikti..klo masih kurang yakin, bisa ditanyakan ke bagian DAA mbak..
sukses para pemburu BU

tsaifoel richman said...

mksih bnyak ms informasinya,. ini sangat membantu saya,

Fahrika Nurina Sari said...

Hai mas.. makasih sharingnya bermanfaat banget..
Aku sedikit curhat nih, hehehe, tahun ajaran kemarin aku daftar BU DIKTI, di UGM juga sudah diterima, tapi kok BU-nya nggak tembus y? Padahal step-stepnya sudah sama dengan yang mas sharingkan di atas, kenapa y? Penasaran banget..
Sekarang status ak di UGM hibernate :-)

andy wibowo said...

hehehehe...saya kurang tahu sih sebenarnya...']
tapi nek menurutku..karena tahun ini pendaftarnya sangat amat banyak, mungkin mbak termasuk yang belum beruntung...!!!'

jangan di shutdown ya mbk, klo hibernate..hehehe

Sony Aribowo Saputra said...

BU 2013 kapan ya pendaftarannya dibuka??ini pendaftaran pasca UGM udah dibuka ni,ampe akhir juni 2013

Anonymous said...

ini ada BPP-DN itu pngganti BU apa pengganti BPPS ya???

Anonymous said...

ka..mau tanya donk.
kalo surat perjanjian itu ga wajib di ttd rektor ya? bs sama dekan?
terus surat perjanjian sama surat penugasan beda ga ka?
soalnya di persyaratan itu, harus ada surat penugasan dari univ.asal.
mohon jawabannya..makasih

andy wibowo said...

dengeer dengeerr..BU 2013 g keluar lagi neh...

bisa sama dekan, karena biasanya dekan udah dapat amanah buat mewakili tandatangan rektor..tapi tergantung unvinya masing masing..
surat penugasan itu biasanya bukan untuk yang BU dosen, tapi kepegawaian yang ikut daftar BU..
surat penugasan itu ya dari UNIV tempat kita akan bekerja

Hasand said...

wah ,, ga ada lagi ya beasiswa nya -BU-

andy wibowo said...

sekarang ada ini lho..buruan daftar
http://beasiswa.dikti.go.id/

Sony Aribowo Saputra said...

wah,beneran gak ada gan??
klo liat di koran kompas,2013 ini katanya dikti bakal ngambil 3000 calon dosen dr beasiswa calon dosen seperti unggulan maupun BPPS,75% sainstek,25% buat sosial,
untuk perkembangan terakhir sih,kajur jurusan yg pengen ane daftar besok,baru awal maret ini dipanggil dikti ke jkt buat ngebahas beasiswa unggulan

andy wibowo said...

kita coba lihat nanti gimana mas.
soale saya juga cuma dapat gosip!!!

andy wibowo said...

Ini pengganti beasiswa unggulan

http://itheng.blogspot.com/2013/03/beasiswa-pendidikan-pascasarjana.html

Anonymous said...

smua universitas jd mitra BU ya mas...??

Rinaldi Daswito said...

assalamulaikum mas, blognya sangat membantu saya rencana mau mendaftar BPPDN 2013 di UGM yang notabene gantinya BU ya mas?
waktu mas daftar BU di UGM Proses seleksi di pps nya tu tahapnya apa saja ya mas? yang saya tahu adalah PAPS dan ACEPT ya? Selain itu apa lagi mas, sehingga saya bisa mempersiapkan dengan sebaik-baiknya mas. terimakasih

Keamanan Data Etika Profesi said...

mas boleh minta tolong untuk dikirimkan format surat kesanggupan mengabdi untuk beasiswa BU ke alamat spypuzpa@gmail.com.
Kebetulan saya ingin mendaftar beasiswa BU thn 2013 akan tetapi belum memiliki homebase untuk mengabdi. Dan setelah baca2 ternyata surat ijin rektor bisa diganti dengansurat kesanggupan mengabdi dan bersedia ditempatkan di universitas manasaja oleh DIKTI.
Terimakasih banyak sebelumnya

Anonymous said...

Mas, saya mau nanya. saya udah coba daftar online BPP DN 2013. Saya sudah dapat no registrasi nya tapi saya belum melampirkan photo sama rekomendasi dr rektor. Pas saya coba ubah data, gag ada menu untuk unggah berkas. itu gm, mas??
apakah memang gag ada sampai akhir ato blm bisa?
klu thn-thn kemarin gm, mas?? apakah bisa di ubah datanya(upload belakangan)??

Al-Lyla said...

mas, sya mau tanya, rekomendasi dari rektor untuk calon dosen yang belum terikat instansi itu pakai surat perjanjian dengan dikti atau bagaimana y? lalu untuk tandatangan dikti (bpk. Supriadi rustad) itu dikosongi atau harus minta kemana y?
tolong sharingnya y mas :)

IsmailMz said...

oh y mas, minta referensi Surat Kesanggupan Mengabdi. Donloadnya dimana ya..? saya cek di site beasiswa dikti kok gak nemu,,, Tq

Anonymous said...

mas,. mau tanya,.. ada kemungkinan tidak kalau daftar S2nya diterima sedangkan BPP DN tidak diterima,.. padahal registrasi harus dilakukan sebelum pengumuman beasiswa BPP DN...

Mohon pencerahannya,.. matur nuwun,..

andy wibowo said...

ada mas...sangat mungkin terjadi...so..klo g keterima beasiswa, ya udah, gu usah kuliah klo g punya uang, hehehe..saya gitu konsepnya dulu

cara merawat payudara said...

Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

Putria Arni said...

waktu wawancara, kira-kira membahas tentang apa mas? kalo tujuan univ dalam negeri, wawancara in english seperti beasiswa lpdp?

Eka sari said...

mas,salam kenal saya eka mau bertanya syarat s2 dalam negeri kan toefl 450 itu toefl jenis ITP ya atau IBT

Unknown said...

Apakah beasiswa unggulan bisa untuk sarjana pendidikan yg belum dapat tempat untuk mengajar?

Firdha A. Y. said...

Mas bisakah sharing dgn sy terkait BU ini?
Sy alumni S1 Farmasi univ muhammadiyah malang. Setelah lulus Apoteker sy kembali di kampus belum sebagai dosen tp instruktur praktikum. Sy sangat berharap untuk bisa lanjut kuliah S2 dgn beasiswa. Sy berniat ikut BU batch 2 juni ini.
Bisa sharing" ndag mas? Jika berkenan ini kontak sy firdhabintifaridichwan@gmail.com (081333289170)

Adi Wiranata said...

Assalmualaikum kak, Saya Adi Wiranata dari Lampung. Saya begitu semangat daftar BU syart ini itu perlahan dan kemarin semangat karna di UNJ yg coumlaude tanpa tes, dan ternyata waktu tes dan pengumuannya lebih berbeda bbrapa hari lebih awal. Pendaftran di unj d ttp tgl 29 juli tes tgl 5 agst dan pengmmn tgl 15 agst naah gmna mau dapat LoA mas, 1 - 31 agst seleksi dn wwncara. Apa bsa mas sya tnpa mngsi LoA dlu wakt pendftrn, atau memang gak bsa saya tanpa LoA, mohon penjelasanya mas, sedih rasanya. Kalau boleh nanya ini nmr sya mas 081928052175 wa, line, nmr hp. Skr sya dalam kebngungan mas. Mohon jawabanya