Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Sunday, May 30, 2010

“Asw..

Ehm…yg kerja perdana…Semangat yo mas itheng!!!Bismillah, n smua kan baik2 saja..Do’ain aq biar sukses juga

aq g bs tidur.ashma’a kambuh…Hiks…”

dear kawan…

Pagi ini…tepat,jam 04.30, aku mendapat sms ini. SMS ini dari ade seperguruan yang kuliah di hukum, namanya shilla. (ne FB nya shila) Kenapa bukan orang lain yang aku tulis disini? (padahal smsnya tidak hanya dari dia) Karena, dalam dirinya ketika kulihat, aku teringat empat tahun yang lalu, empat tahun saat aku bergabung dengan PD UGM. Aku melihat semangatku, keceriaanku , sifat anak kecilku , cerewetku , bahkan optimismeku yang dulu, ada dalam dirinya. DIa mampu menjadi penghangat ruangan saat berada ditengah – tengah kami, dia mampu menjadi pemberi tawa saat bersama kami, dan mampu menjadi salah satu penghenyak haru terutama untuk hati yang ada dalam diriku.

Teringat keiklasannya dalam mengerjakan suatu hal aku terharu, teringat totalitasnya dalam menyelesaikan tugas haruku semakin dalam. Pernah saat dia menyetlikakan bajuku untuk pendadaran, dia sewotsendiri,karena bajuku kucel, padahal dah di setlika. sewot mode on shila ya cerewet “aduh……gimana yo..(yo nya khas shila, sambil mangap ombo”), kucel e mas an, shila stlikain lagi aja ya!!, dan hdsfdsfiodsjfsnfdsfdsfhdsdsfhdsfhcnwaefrewfi cerewet mode on”

Saat ini, adeku yang terkadang juga menjadi musuhku, sedang sakit, entah…ku tak mengerti sakitnya, tapi kemaren, ketika aku melihatnya., ada sedikit sendu dalam samunan keceriaan, ada sedikit pucat dalam wajah. DIa sakit fisik, namun aku juga menduga dia sakit batin.

aku hanya ingin memberikan saran terhadapmu de, anggaplah aku sebagai kakakmu, sebagai orang yang lebih dewasa dan lebih tahu masalah hidup.

“adeku…ade yang disayangi oleh semua keluarga kita (keluarga Perisai Diri), saat engkau sedih, engkau tak boleh menganggap kesedihanmu itu adalah kesedihan yang paling sedihhhhhhh dimuka bumi ini, masih banyak orang yang lebih sedih dan nyata kesedihannya dibandingkan kesedihanmu….”

“Adeku…ade yang ceria dan selalu menebarkan gairah kehidupan semangat main ke UKM, seandainya saat ini engkau sakit, maka janganlah sakitmu ini engkau tertambahi dengan menyiksa dirimu, ingatlah bahwa sakitmu itu tanda bukti Allah sayang ma kamu (memang klasik, tapi tolong di maknai), kamu disuruh menyayangi dirimu sendiri”

“Adeku…penyemangat kakak, dan pengingat kakak pada masa muda. Setiap orang memiliki masalah, tapi tahukah engkau adeku?banyak orang yang terlalu membesar – besarkan masalah diri sendiri sehingga engkau merasa terbebani, padahal masalah mu ini, terkadang tidak akan merubah kehidupan orang banyak, hanya akan merubah kehidupan mu sendiri, dan aku menyebutnya ego. Lihatlah masalah orang – orang lain yang amat nyata dan amat berat, dimana ia kekurangan makan, dimana ia kekurangan darah untuk mempertahankan nyawa, dimana ia kehilangan ayah sebagai tulang punggung, dimana banyak temen – temen kita yang kekurangan uang untuk biaya kuliah, dan masih banyak lagi masalah – masalah yang itu bisa saja tidak terjadi pada kita tapi kita melupakannya, tidak bersyukur karena hanya karena memiliki masalah hati yang sangat kecil pengaruhnya terhadap dirikita bahkan diri orang lain, dan sesungguhnya kita punya kewajiban juga menyelesaikan masalah mereka”

“adeku…kakakmu ini bukan orang yang tidak punya masalah, justru kakakmu ne adalah orang yang sering kena masalah, tapi justru dengan menyikapi masalah itu dari sudut pandang lain, engkau akan menemukan sesuatu yang indah, dampingilah sikap mu itu (melihat dari sudut pandang yang lain) dengan kesabaran dan pendekatan diri terhadap Allah, karena akan memacu kecerdasan emosionalmu”.

“Adeku…semuanya didunia ini indah, tergantung bagaimana yang akan kita lakukan, bagaimana kita menyikapinya, seandainya dengan memakai sikap satu kamu merasa tidak nyaman, sakit hati,maka sikapilah dengan sudut pandang yang lain dan sebagai katalis norma – norma ketulusan hati harus kau pegang, jadilah orang baik (lembut, jangan ada pikiran jahat)”

Adeku…aku bukanlah penasehat maupun shok keminter, tapi aku terlalu peduli pada dirimu (bukan karena aku PDKT ama kamu, ato naksir kamu), tapi karena terlalu disayangkan, jika keceriaanmu hilang karena pengolahan emosimu yang kurang. Belajar menjadi dewasa ya, karena setiap orang pasti akan melalui tahap ini, dan hasilnya berbeda – beda tergantung bagaimana dia mensikapinya.

Keluargaku, keluarga perisai diriku, sahabat – sahabatku, semangati dia ya…aku yakin, dengan semangat kita, pasti dia akan mampu mengobarkan api 10 kali lipat lebih panas dari kobaran yang ada saat ini.

Karena engkau, yang akan menggantikan generasiku..generasi kami…..

Friday, May 28, 2010

Minggu, usai ngeliat film kartun, aku duduk di sofa ruang tamu sambil menerawang kaca jendela. Di  luar ujan deres, dan pada saat saat tertentu, ku tercenung dan termenung. Merenung….Entah kenapa kucuran air yang diluar sana mengingatkanku pada masa aku kecil dulu, beberapa tahun lampau…

masa kecilku,…..

dear kawan….

kembali ke masa lampau pas aku jadi anak kecil ingusan…..

Sejak  dilahirkan, aku memang udah dalam keadaan item, cengeng (lha iyo..habis lahir aku g bisa apa 2 kecuali nangis), jahil (ngerjain ibuku terus, klo nangis ibuku bingung), dan kalahan or tepatnya selalu mengalah karena takut g punya temen, hehehe…. Klo yang terakhir ini memang bener adanya, dulu semasa  masih kecil (SD), hal yang paling aku takutin adalah kehilangan sahabat, kehilangan temen bermain, dampak buruknya aku selalu ketakutan jika melakukan kesalahan pas bermain dengan temen-temen, justru dampaknya aku selalu melakukan kesalahan klo bermain dengan mereka.

Pernah saat itu , Maen bola kasti, bolanya punya temenku, dan pada suatu ketika bolanya mau aku lemparin kearah temenku,eh..tidak kena sasaran tapi malah kecemplung sungai, karena jembatan  jauh dan sungai terlalu dalam untuk anak seusiaku,aku tak punya keberanian  terjun berenang mengambilnya, aku hanya bisa mengejar bola itu dan berencana menghadangnya melalui jembatan yang jaraknya kurang lebih satu kilo meter dari tempat bermainku, aku berlari ketakutan mengikuti bola itu, saat aku mengejar bola itu pikiran yang muncul bukan bagaimana cara mengambil bola itu ketika udah nyampe jembatan, tapi bagaimana klo bola itu tidak terambil, pasti temen – temen marah ma aku, pokoknya harus bisa, harus bisa ketangkep, biarpun aku nyemplung ke sungai yang dalam itu. Tapi kenyataannya lain, akibat derasnya arus sungai di sekitar jembatan, aku kehilangan bola itu, tak punya keberenaian buat nyemplung setelah di jembatan saat bola hampir aja aku raih karena aku “cegad” ditengah2 jembatan sambil bergelantungan. aku susuri sungai setelah jembatan, bola tak ditemukan, saat itu harapanku hilang, aku berjalan dengan lemes, lemes banget, dan berpikir pasti aku dah g bakal diajakin maen ma temen – temen, pasti temen – temen kecewa ma aku, pasti temen – temen marah ma aku. Aku G berani ketemu ma temen – temenku, sambil lari aku ketakutan, sesugukan, nangis tapi g keluar air mata, dada nyesek banget….Tak peduli aku dengan sekitar, yang penting lari terus tanpa alas kaki, tak berani aku menoleh ke belakang dan  Aku G berani balik ketempat maen, aku langsung pulang kerumah, di rumah terpecahlah tangisku, aku langsung meluk ibuku,..nangis sesugukan…”bu e…aku ngilangke bal kasti…..huhuhu….”. Ibuku hanya diam sambil ngelus – ngelus kepala bagian belakang, rasanya nyaman banget ada dipeluk ibu…dan hal inilah yang selalu aku lakuin klo aku lagi kena masalah sampai sekarang, berada di peluknya nampak seperti ada yang melindungi aku, sesosok yang bisa menjadi penaungku (anak manja ya aku??menurutku bukan, tapi inilah hal yang aku sukai dikeluargaku).

Pada akhirnya aku terlelap dipangkuannya…dan tanpa sadar aku terbangun karena derap  langkah kaki yang banyak banget, ada yang nyletuk “wah..itheng malah turu e!!!”, ada yang merengkuh pundak ku sambil membangunkanku…”Theng, tangi,tangi ayo tangi..kok malah turu, di enteni e!!!”, suara yang lainnya menyambut “iyo e..malah ngilang kowe ki…wis itheng ra kethok, malah ra ngethok, iki wes tuku bal meneh, ra popo…ayo dolanan meneh…!!”. suara lainnya menyambut suara satunya “wu..kowe ki lho jan!!”. aku lemes…bangun sambil hampir nangis “sori yo…konco-konco, aku wis nglinterke bal…aku wedi do tok sengeni, tok nesoni, dadine aku langsung bali!!”…”wuu….payah…wis ra popo…sesuk meneh diuyak bareng – bareng nek klinter, mau ki kowe ki do di tututi e..””ayo…dolanan meneh!!nanggung, kowe iseh jogo lho!!!”…serempak lima belas orang menjawab…”ayo………..”kita tertawa – tertawa lagi sambil menuju tempat bermain…TErnyata ketakutan ku tidak terjadi, mereka sahabat – sahabatku yang baik, yang bisa memaafkan kesalahanku, memahami kekhilafanku…Makasih ya sahabat…..

Dari situlah kecerdasan emosiku mulai berkembang, kesalahanku saat itu, kenapa aku  tidak berani bertanggung jawab dengan kesalahanku, tidak berani bersikap satria mengatakan kepada temen – temenku untuk  meminta maaf, karena ketakutanku…kehilangan mereka. Mulai saat itu aku yakinkan ma diriku, sahabat adalah orang yang selalu ada untuk kita, maka aku tak boleh kehilangan mereka. AKU AKAN SAYANG DENGAN KALIAN, SAHABAT…..

YOGYAKARTA, 16 MEI 2010

TERUNTUK SAHABAT YANG SELALU MENGUATKANKU…

dari  diriku tanpa nilai, andy eko wibowo

Thursday, May 27, 2010

“Masa yang akan datang”

pada waktu itu, dan pada saat itu aku akan mengatakan pada wanita yang tepat “Dengan segala hormat, dengan segala ketulusan hati, sudah waktunya aku mengatakan ini sekarang,  ijinkanlah aku menjadi imammu, agar aku bisa terhormat ada disampingmu”. Dan kata – kataku bukan hanya kata – kata saja, akan berlanjut dalam waktu yang singkat, karena orang tuaku telah tahu dan kepada orang tuanya kusampaikan keinginanku, hingga akhirnya kita halal untuk bersama.

“Masa yang akan datang, setelah kita bersama”

Usai aku mengimaminya sholat magrib, dan dia ada dibelakang sebelah kiriku , ku rebahkan badanku hingga kepalaku menempel di pangkuannya,“Umi, berapa uang yang tersisa di akhir bulan ini?”, ujarku dengan nada lembut. “Abi tenang saja, insyaallah cukup untuk maem kita, sampai abi gajian besok seminggu lagi!, tapi abi “ berhenti sejanak, ia menjawab dengan senyum teduh, menatap mataku dengan tulus, dan ia melanjutkan perkataannya tadi“tapi abi juga harus mau ya, maem hanya lauk tempe dan tahu, yang penting yang masak  aku kan?” Kali ini senyumnya genit dan manja, hanya denganku dia seperti ini. Ku tak menjawab, hanya menatapnya, dan tersenyum. Beberapa saat kemudian kuraih tangan kanannya keletakkan di keningku, ia membelai rambutku dan kukatakan “belai lembutmu ini, akan memperpanjang waktu paruh tempe dan tahu yang ada di dalam perutku dua kali lebih lama”. dia tersipu malu dan mulai mencubit lenganku dengan tangan kirinya. “Ih…Abi gombal, makasih ya bi!!, aku sayang abi”.

Aku tahu, bahwa ia hanya menenangkan aku, agar aku tak risau memikirkan kekurangan uang untuk seminggu kedepan. Aku tahu dari membaca buku catatan anggaran, pemasukan, dan pengeluaran yang  selalu ia up date setiap hari. Istriku memang pintar,dia memberikan tanda bahwa “uang tidak cukup sampai akhir bulan” tanpa berani meminta dan dengan cara yang manis, aku tahu dia  meletakkan buku itu dimeja kerjaku dengan sengaja, agar aku membacanya.

Aku bangun dari pangkuannya, dan ku kecup keningnya, “kamu pinter banget sich umi!”…merah lagi pipinya, dan kutatap dia “umi, aku agak lupa surat an nuur ayat 26, minta tolong bacakan!” (Dalam segi agama aku memang jauh ketinggalan dari dirinya, dialah guru bagiku).

dia kemudian membacanya, mulai melantunkan suara yang kecil , tipis, dan indah, sungguh jika dia mendengarkan ini keorang lain selain aku, maka aku akan cemburu.

imageSetelah selesai, aku terdiam sejenak, menikmati keindahan dunia dari mendengarnya….”Umi tahu artinya?”…dia menggeleng…kemudian dia membuka musaf, membolak – balik musaf untuk mencari ayat tersebut, setelah menemukannya, ia mencoba untuk mengeja artinya

wanita – wanita yang keji adalah untuk lelaki yang keji, lelaki yang keji adalah buat wanita – wanita yang keji (pula), dan wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk lelaki yang baik pula…

dia terdiam, suasana diam, hening….matanya memerah, dan sekarang kepalanya telah bersandar dalam bahuku….memeluk lenganku, air matanya menetes, “afwan abi, maafin umi, G terbuka sama abi, umi hanya ingin abi tak terlalu memikirkan terlalu dalam…abi juga udah tau kan?”. Aku menoleh samping ke bahuku dimana dia bersandar, menatap matanya yang teduh namun meneteskan air mata dan mengusapnya sambil mengeluarkan senyum termanisku, “Lanjutkan umi menerjemahkanya!!”..dia pun sesugukan melanjutkan

mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia

Lembut aku katakan pada istriku”Umi…kau tahu apa itu rizki yang mulia?”. dia menggeleng sambil menatapku, melihat tajam mataku dan menunggu jawaban dariku. Aku sengaja memperlama dan tanpa ekspresi, hanya diam, agar dia penasaran. dan beberapa saat aku tersenyum manis lagi lalu berkata “engkau akan mendapatkan surga”. Dia memelukku lega, tersenyum…Pikiran kita kemudian nampaknya sama, jauh kedepan , menerawang

“seminggu menahan kelaparan bersamamu kekasih, aku akan bisa. Tetapi seminggu menahan untuk tak memelukmu, aku tak kan sanggup”

beberapa saat, kita saling menatap dan secara bebarengan tersenyum, dan pelukan itu berlanjut…

 

Tiba – tiba istriku lepas dari pelukanku, kemudian dia mulai bersiap – siap membaca sebuah ayat (Kebiasaan istriku saat dia akan membaca ayat, dia selalu memposisikan jilbabnya dengan benar atau jika sedang tanpa jilbab, ia akan merapikan rambutnya). Kemudian ia mulai membaca sebuah ayat:

image

“an nisaa’ :128 abiku tersayang….!!”

aku tercenung dan tersenyum padanya…tersenyum dan mulai menerjemahkan artinya kata – perkata :

dan jika wanita khawatir akan nusyuz (suami bersikap keras thd istri, tdk mau menggaulinya, dan tdk mau memberikan haknya), atau sikap tidak acuh dari suaminy, maka tidak megnapa bagi keduanya mengadakan perdamain yang sebenar – benarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka walaupun manusia bertabiat kikir, Dan jika kamu bergaul dengan isterimu secara baik dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap tak acuh), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Aku langsung mendekap tubuh lembutnya, kupeluk dan mataku berkaca- kaca (Ya Allah, engkau betapa Besarnya, menganugerahkan aku istri seperti ini). Beberapa saat kemudian, istriku (masih dalam pelukanku) berguman “abi…taukah maksud mengadakn perdamain yang sebenar – benarnya?”. Dalam berkaca – kacanya mataku, aku bertanya balik “apa itu umi?”. “aku bersedia beberapa haknya dikurangi asal suamiku, dirimu kekasihku, abi,  mau baik kembali!!”

pelukanku ku perkuat…tangisku tak tertahan….Ya Allah…maha pemberi nikmat….

lirih kukatakan “maafkan aku umi….!!”

Monday, May 24, 2010

mengingat tahun 2006, empat tahun yang lalu…dimana di internet, pagi – pagi, aku sudah antusias banget membuka ugm.ac.id, yah..di saat itu pengumuman penerimaan mahasiswa ugm melalui jalur PBOS (penelusuran bibit unggul olah raga dan seni). Pada saat itu aku masih inget bener, menggeser mouse aja debaran jantung sangat terasa, berat banget, dan yang membikin jantung bergetar kuat sekali pada tabel nomer urut 31

31.  Andy Eko Wibowo         0765875XXXXX    Fak. Farmasi

ya…sobat, aku keterima di UGM fakultas farmasi, pilihan kedua. huf…Alhamdulilah…yang lebih membanggakan, di SMA 1, akulah orang pertama yang dapat sekolah dan dampaknya aku males lagi belajar buat UAN, mending tanding silat…hehehe…

dear kawan…

yang ingin aku ceritakan bukan suka – suka rianya aku masuk ugm, tapi aku kasih saran buat ade – ade farmasi yang udah masuk ugm, tapi merasa salah jurusan…..itu yang pertama. yang kedua buat ade – ade yang di farmasi, sepertinya waktu 24 jam itu tidak cukup, padahal yang dikerjakan hanya ngelab, ngampus, pulang kos tidur makan. dan tidak bisa melakukan kegiatan ekstra seperti organisasi, atau ikut komunitas seperti ukm. Yang ketiga buat ade ade farmasi yang super sibuk baik kegiatan kampus ataupun udah ikut organisasi tapi kecewa setiap akhir semester, karena nilai E selalu muncul di mading hasil ujian.

Nah…sebelum ngasih tips…aku mau membuka pikiran ade

1. Hindarkan pikiran klo nilai udah coumlode itu mudah cari kerjaan---ini biasanya pikiran orang – orang yang kutu buku

2. Hindarkan pikiran buat apa coumlode klo G punya skill dan gagap, g punya pengalaman organisasi

3. Hindarkan pikiran aku akan cari pengalaman organisasi sebanyak – banyaknya, klo bisa sertifikatnya buanyak, masalah nilai entar asal CV tebel, kan g ngaruh

hahaaha…dah mulai pusing kan…kenapa pikiran kalian g seperti ini:

AKU HARUS COUMLODE TAPI JUGA PUNYA PENGALAMAN ORGANISASI YANG BANYAK, KLO BISA ADA PRESTASI (BISA PRESTASI PENELITIAN MAUPUN OLAH RAGA, MAUPUN SENI)

nah…itu pikiran yang harus kalian tanamkan pada diri kalian, ternyata banyak juga kok kakak angkatan kita yang IPK nya coumlode, pengalaman organisasinya banyak, dan prestasinya juga g maen – maen….Nah…Oke…jadi mulai sekarang tanamkan dulu pikiran itu….

Yang kedua, kalian aku ajak analogi seperti ini:

misal ilmu itu adalah satu piring nasi

misal lama kita menghabiskan satu piring nasi itu adalah lama kemampuan otak untuk memahami ilmu tersebut.

nah…tentunya setiap anak akan memiliki kemampuan yang berbeda – beda dalam menghabiskan satu piring nasi itu… begitu juga dengan kuliah kita…bahan kuliahnya itu itu aja kok dari tahun ketahun, tinggal kita nya aja klo gitu…kita harus sadar seberapa lama kita akan menghabiskan makanan itu, eh  materi kuliah itu atau intinya semakin kita merasa diri kita bodoh, maka tentunya semakin banyak waktu yang harus kita butuhkan…

muncul masalah lagi…bagaimana dengan kegiatan organisasi atau komunitas atau PKM, atau ikut lomba –lomba klo belajar terus??Nah…hal ini bisa di atasi dengan managemen waktu….nah..managemen waktu ada macem – macem,… 

Dari semester satu sampe sekarang, aku menggunakan beberapa cara dalam memanagemen waktu, semuanya manual. Pas semester satu sampe 3 an, aku gunain managemen waktu kegiatan tiap waktu…jadi ketat banget…

03.00-  sholat malem

03.00- 05.00—blj matakuliah yang akan dipelajari entar kuliah. misal..entar kuliah farmol dan farkin…nah…kita baca – baca materi yang nanti akan kita pelajari….g usah serius, serius , cukup diliat selintas aja..Nah..ini yang biasanya bikin aku dikira temen- temen pinter, tanya tanya terus..padahal aku tanya karena aku udah nguasai materi sebelumnya…so…bisa tanya, karena udah tau yang akan kita pelajari ini…(ini juga kadang membuat aku g bosen kuliah atopun ngantuk, soalnya kita udah tahu akan belajar materinya ini ini aja). Pertanyaannya, kapan kita tahu klo materinya ini pas hari ini!!makanya penting banget bagi kita untuk berangkat pada awal kuliah, karena biasanya ada RKPS…iya to???

05.00-06.00-olah raga

07-XX—kuliah

16.00—silat…

19.00—belajar kuliah tadi, baca sekilas aja…tapi harus rutin…

21.00 buat jadwal untuk besok, nulis anggaran pengeluaran, tidur..(ini harus on time, biar bisa bangun pagi)..

Kelemahan jadwal ini, kita “sakklek”, g bisa flexibel, klo biasanya ada janji dengan dosen tiba- tiba, ato ada layatan, ato kegiatan yang mendadak, buat jadwal kita hancur….Tapi emang efektif banget, IPK ku bener – bener naik tinggi, melambung!!!.

klo udah mendekati ujian itu, agar g terlalu beban, aku biasanya membagi – bagi kuliah yang hafalan dan yang butuh pemahaman, biasanya yang hafalan aku baca di setiap sholat 5 waktu aja, barang 10 menit satu mata kuliah. Nah..klo ada banyak mata kuliah hafalan, biasanya aku buat baca sebelum bobo.

managemen waktu yang kedua sering juga disebut lazzy managemen…. lipat lipatlah satu kertas HVS menjadi kira kira bisa kita kantongi…Nah…tiap malem kita nulis apa aja yang harus kita kerjakan besok…satu hari satu sisi kertas…so..satu kertas HVS bisa digunakan kira – kira 20 harian ato lebih…

sholat malem

kuliah farkin

praktikum

ketemu dosen

latian

belajar sebelum kuliah

belajar sesudah kuliah

malam mingguan

Asiknya dengan menggunakan ini, kita bisa flexibel tapi target harian kita tercapai…asiknya juga kepuasan kita klo kita udah melakukan target tersebut dengan mencoretnya

sholat malem

kuliah farkin

praktikum

ketemu dosen

latian

belajar sebelum kuliah

belajar sesudah kuliah

malam mingguan

tiap malam harus evaluasi apa yang belum tercapai hari ini dan kemudian kapan kita melakukannya…

untuk antisipasi, kita harus punya plan jangka panjang, dimana lipatlah satu kertas lebih kecil kecil dari yang tadi…nah..trus kasih tanggal dimana plannya ujiannya tanggal berapa..

misal ujian tanggal 5 junisampai 8 juni dengan mat kul farmol,lalu kosmeto lalu tekfar…sedangkan sekarang tanggal 20 mei, nah…urutin dari tanggal 4 itu farmol, tanggal 3 kosmeto, tanggal 2 tekfar, dan diurut sebaliknya sampai tgl 20 mei, nah…kewajiban kita itu harus belajar mat kul itu pada tanggal 2 yan gkita buat….

Nah…buat yang agak males, atau cuma mempersiapkan untuk nyari nilai aja, g ilmu ada trik tersendiri….

mulai dari awal kalian harus punya soal – soal kuliah yang akan kalian tempuh..nah tiap kali kuliah, kalian wajib bawa soal itu, tapi kalian harus udah baca soal itu, trus klo dosennya nerangin dan disoal itu ada, langsung tanyain jawabannya aja…secara tidak langsung kalian mengerjakan soal. buat yang semester 1 – 5 , sepertinya soal – soal ujian cuma diulang ulang ja kok kebanyakan….jadi kalian harus bisa dapetin soal itu…

trus klo soal parasitologi sama soal anfisman sama yang pil gand pil gand gimana??nah….mending kalian belajar soal, jangan hafalan, pusing klo kalian hafalan..

Nah…klo dah mentok, G bisa apa2, g punya soal, g punya waktu buat belajar, nah..klo cara ini kalian harus kompromi ma temen – temen, biasanya aku kompromi ma temen – temen,gini, misal soal pilgand….nah…ngajak 5 temen yang bener – bener bisa diandalin…nah..kemudian kita kompromi, misal si A, B, C,D, dan E. mereka berlima nulis sejumlah X soal. caranya jumlah soal dibagi lima, misal jumlah soal 50, maka dibagi 5 (jmlah orang) berarti masing – msing orang nulis 10 soal. A, 10 soal awal, B 10 soal kedua, dst….Nah….kita memang G mengharapkan nilai bagus pada mat kul ini “untuk kali ini”…tapi kita akan dapat nilai bagus saat remed, karena biasanya soal remed persis bahkan sama, jadi kita punya bang soal, tapi juga harus dipelajari…..

Klo aku, orangnya g bisa belajar wayangan….tapi biasanya malem pas sebelum ujian, aku malah sering banget jadi cowok panggilan, suruh ngajarin temen – temen buat belajar, nah disini justru proses belajarku dimatangkan..,kepercayaan diriku meningkat, dan aku memperoleh ilmu bagaimana menyampaikan ilmu itu ke orang lain…

Trus…kapan latihan silat???nah…kadang emang harus ada prioritas?apalagi klo pas ada kejuaraan, pasti kuliahku terbengkalai…pernah sich, satu kali kuliahku terbengkalai, IPku semester sempat anjlok drastis jadi 2, 9. Tapi untuk besok besoknya hal itu g terjadi…aku ngatasinya gini….

jadi kan klo aku latihan itu mesti kecapean, dan g bisa bangun pagi (jam 6 biasanya baru bangun),malem pun waktu habis buat latihan dan dah capek..aku ngatasinya..setelah kuliah aku butuh waktu (lari keperpus) buat baca catetanku (aku klo kuliah selalu nyatet, meskipun jelek tulisannya yang penting ada bacaan). Nah…gitu aja..trus sebelum kuliah aku juga baca sekilas yang mau dipelajari itu apa…diruang kuliah aja, g papa…

trus laporan kapan mas ngerjainnya??gini…logika aja ya…yang menghabis habiskan waktu kita adalah buat laporan yang tulis tangan, padahal semuanya kadang dasar teori , caker, cover, kesimpulan, bahkan pembahasan pun kadang kopi paste tinggal ganti angkanya…ya to??nah…cara ngatasinya mudah….

sebelum semester berlangsung, (pas liburan semester), kalian harus udah punya master master praktikum dari kakak angkatan. Nah…aku biasanya aku tulis dan aku buat dari cover, dasar teori,carakerja, bahkan kadang pembahasan juga…hehehe..)..nah…pada akhirnya pas kita praktikum dan ngerjain praktikum, kita tinggal ambil yang udah ditulis tadi, tinggal ganti angka – angkanya…

G perfect???iya..memang G terlalu perfect, tapi kita bisa menghemat waktu buat ngaji, ta’lim, tidur, ngegame, latihan, organisasi, atau pacaran bagi temen- temen yang punya pacar.. Oh..iya, bagi temen- temen yang punya pacara, jadikan pacar kalian itu sebagai kompetitor, jangan sampai malah punya pacar justru g positif, g maju buat kuliah kalian. G perfect , tapi kita bisa punya waktu luang untuk kegiatan yang produktif lainnya, lagian nilai laporan berapa persen sich??g terlalu banyak kok, yang banyak juga nilai responsi, iya to???yang terpenting perhatikan prinsip 2 kenapa ini, kenapa itu pada praktikum…

Trus apa lagi ya??Relasi kakak angkatan sangat dibutuhin, buat ngajarin kalian ataupun pinjem bahan…semakin banyak relasi semakin menguntungkan. yang aku tidak punyai itu dan baru nyadar sekarang, aku tuh paling g bisa ngerawat buku 2 yan gdi pinjemke ke aku, akibatnya buku 2nya pada rusak dan hilang, hingga kakak kakak males minjemi aku….hehehe

pada tiap semester , kalian harus melakukan hal – hal besar yang membuat diri kalian bisa berprestasi, ada target lah…misal…semester ini aku harus ikut kejuaraan silat nasional, danjadi juara. jika prioritas utama itu, maka kalian harus mengantisipasi gimana agar tidak mengganggu kuliah kalian, dengan membuat rencana – rencana menangani kendala. misal lagi, semeseter berikutnya aku pengen nulis karya ilmiah atau ikut PKM, maka kesampingkan hobi silatku, ygan penting latiaan rutin aja, g usah latihan keras, karena semester ini prioritas ku bukan kejuaraan, tapi PKM atau karya tulis ilmiah…

ehm…sepertinya ini dulu,,,kalo kalian setelah melakukan hal – hal ini masih g betah kuliah, kayanya kalian kurang sepenuh hati ngejalaninya…renungkan ….dan bayangkan seandainya kalian punya masalah dan terancam D.O..apakah kalian juga masih akan males kuliah?banyak lho temen kita yang punya kendala baik keuangan ataupun halangan lain sehingga berhenti kuliah.bayangkan juga ORTU kalian…bagaimana dengan senyum mereka yang selalu membanggakan anaknya ama tetangganya,….anakku kuliah di ugm, pada akhirnya IPnya cuma nanggung, Kegiatan g ada, prestasi nol, kasihan kan…

bukan maksudku menggurui…tapi share aja, selama hampir empat tahun ini aku udah melakukan apa aja terhadap diriku…dan pada akhirnya…terbukti hasilnya (aku udah mbuktiin), dengan menggunakan cara itu…

oh iya,,,terkadang emosi kita g stabil, ada perasaan jengkel karena masalah, nah…yang perlu kalian ingat…masalah kalian itu bukan maslaah yang besar, banyak orang lain yang punya masalah lebih besar, perkecil masalah itu dan selesaikannya…dekatkan diri ke ALlah sebagai katalis untuk mempercepat ketenangan hati. kebanyakan masalah – masalahku itu adalah masalah masalah hati (emosi) ketidak puasaan,  nah..pikirkanlah seharusnya kita udah g ngurusin masalah 2 egois, lebih bagus klo kita ini memikirkan maslaah 2 orang lain, yang diajalanan itu, ataupun orang 2 yang tiap hari butuh darah di RS, nyawanya tergantung ma darah kita…itu baru masalah….klo maslaah yang hanya ada dipikiran, itu hanyalah masalah egois kita…

sekian…buat temen – temen dan ade ade…

Saturday, May 22, 2010

Belum pernah rasanya aku terburu – buru untuk segera sampai rumah dan meraih handphone untuk sms, baru kali ini. Setelah sms ngucapin terima kasih ke dara dan anda udah mau nerima kita maen ketempat kknnya, sejenak ku termenung, tepatnya termenung seneng banget, nginget moment yang sebentar tapi nyenengin banget…

berawal dari kemaren malem, aku pengen banget maen ketempat kknnya anda. Akhirnya setelah sms an dengan anda dan rencana sempat tertunda

jembatan kaliprogo ada p4an lurus terus mpe ada p3an yg ada indomaretnya belok kanan. kui jenenge daerah sentolo. Nglewati rel bar kui pasar sentolo terus ngati ana plang ppsj dan naggulan belok kanan agak naek, tak enteni ning kono.

Jedeng….bingung aku, rumit tenan, terpaksa aku memanggil pawang daerah situ, atau kata lain ngajakin, hehehe…aku minjem nia….

Singkat cerita kita udah nyampe, tapi bukan di pondokannya anda,malah dipondokannya dara…Tepat setelah mesin motor aku matikan sambutan suara khas mendekati cempreng menyambut…”andy………………………”..hiya….dara !!!tambah gemuk dan tambah bersih…wkwkwkwk…cocok jadi orang kulon progo kali ya…setelah kangen 2 an kita ngobrol ngalor ngidul, ngomongin skripsi tentunya, hahaha…

eits…tunggu dulu, alurnya mundur sedikit setelah dipersilahkan masuk. Aku dikenalkan dengan dua sosok wanita temen dara., namanya kiki dan risti. kiki anak PWK sedangkan risti anak TPHP. Ya seperti biasa, ternyata kita seru – seruan mulai cerita dari dunia sempit karena mereka temennya temenku sampe cerita tentang pak dukuh yang genit..hahaha….kata mereka “pak dukuhnya genit, kasihan bu dukuhnya, gini ndi, pernah to.,,pas kita rapat, tiba – tiba pak dukuhnya datang sambil teriak kegimbaraan, personelnya nambah satu!!, kaya anak kecil…hahahaha” kita shok….dan segudang cerita lainnya. Eh…ternyata temen – temennya dara mudah akrab ma kita, sampe – sampe mereka udah kenal ma aku, kiki klo manggil aku aja “andy ireng….”, asem tenan ki…dengan suara serak dan beratnya nampak lucu dia ngucapinnya…hahaha, peace!!! Roti tawar 2 tangkep yang disuguhkan aku lahab habis, padahal satunya punya nia, tapi karena kiki nawarin ke aku, dan nia g mau , ya udah aku makan, habisnya juga ditawarin ke aku kok!!hehehe…rakus rakus…berikutnya temen – temennya segerombol datang, Vita, ika, resti nama mereka setelah kenal. Tapi sialnya lagi, pas itu aku kan ngobrol diluar ma dara, dan yang laen pada sholat, nah pas mereka bertiga datang, yang dikenalin bertiga cuma nia aja, akunya dicuekin, entah siapa yang mulai tiba – tiba ada yang nyletuk “lho..?/temen kampus to?tak kira anak karang taruna e!!!hahahaha”…geerr…ketawa dech, sampe sini ingetanku terbolak – balik, masalah nama, yang jelas satu orang anak bali ikut marching (anak gelanggang) klo g salah yang ika, kita ngobrol malah trus yang laen bilang “wah…ini sesi curhat …pindah yuk pindah!!!hahaha”. sedangkan yang berperawakan gede berjilbab mbaknya lucu, pokoknya lucu….yang jelas mereka semua mudah akrab, aku kira aku maen ke tempat dara itu yang nemui cuma dara thok, ternyata eh ternyata mereka menyambut saya dan nia dengan ramah dan bahagia, makasih temen – temen baru, seneng banget bisa datang dan disambut spesial seperti ini…

eits…cerita belum usai…. Kita memutuskan untuk makan, PAK SUGENG!!! “tapi nunggu temen – temen yang lainnya,”. ditengah perjalanan, datang seluruh anak kkn, aku baru ketemu anda..ternyata aku kangen banget teman ma kamu, aku peluk dirinya (hahaha, tapi bukan homo)…”kata temen – temen kamu perokok berat ya nda??”. beneran kawan, aku kangen banget ma kamu, g tau harus ungkapin gimana, lha lanang e…hahaha…tetep aja, menggila kita ya…..11 orang kita berangkat makan bakmi jawa.

kejadian yang paling menarik dan berkesan adalah pas kita maem, mulai ribut – ribut pesan, aku jadi korban dimarahin dan disorak – sorakki…, aduh aduh, cuma gara – garanya aku plin plan mesennya.awalnya aku mesen bakmi godog g pedes, tapi setelah di ulang ditanyain aku jawab pedes, dan kebetulan sekali yang pedes cuma kiki aja,…langsung geeer…..udah….ngalamat, sampe selesai ada – ada ja mereka buat godain kita berdua dari ireng, berminyak, koyo singo sampe urusan panco ma ika.….aku salting, salting banget, mukaku merah,di tambah muka kiki yang merah, berakibat geernya makin menjadi, apalagi pas aku duluan mau pulang, geer lagi,ada yang nyeletuk”hiya…hayo tukaran no hp!!!jedeng!!!dasar tuh anak – anak, edan kabeh….padahal ora yo!!!” .tapi seneng banget….makasih ya temen-temen baru, kalian membuat hari ini sangat berwarna…kalian tetep kompak ya meskipun udah menghilangkan STNK, hahahaha……ketawa aku ndegernya, meskipun itu masalah yang serius…kapan 2 kita maen ke pantai..sebagai tuan rumah , aku akan ngajakin kalian…OKE!!!! semangat ya…!!!!buat bobby makasih dah nerima kita dengan meriah…sabar ya om jadi kormasid….hehehehe…

Friday, May 21, 2010

Usai ucapkan salam di atahiat terakhir, dan mengawali ndizir sepertiga malam, mataku terfokus oleh sesuatu didepanku. Sebenernya bukan sesuatu yang penting, hanya sekelompok semut item. Mereka kocar- kacir ngalor ngidul dan kadang berhenti atau terpaksa terhenti ketika bertemu dengan temannya, aku pikirkan apakah mereka terhenti untuk mengucapkan salam….hehehe…

dear kawan…

yang aku ceritakan bukan tentang semut itu…tapi tentang sebuah analogi pemikiranku yang berasal dari semut itu. AKu berpikir bagaimana jika satu semut itu sedih dan sakit!?pasti semut lain akan menolongnya, dan benar saja, ketika itu Allah seakan – akan menunjukkan bahwa cara menolong semut yang sakit itu yaitu digendong oleh semut lainnya, semut itu diseret oleh beberapa ekor semut dan mungkin dibawa kerumahnya…dan itu yang terjadi padaku…sahabat – sahabatku sedang menggendong aku agar aku bisa kembali ke “rumah”…Maksud rumah bukan yang sebenarnya, tapi maksud rumah adalah kembali ke tempat hatimu sehingga hatimu merasa nyaman, tentram, bisa berkarya,bisa bermimpi, produktif, dan nantinya bisa sembuh lalu bermanfaat buat orang lain, paling g temen – temennya bangga karena dia sembuh dan menjadi hebat karena pernah menolongnya. Aku juga gitu ah…, aku pengen belajar dari ilmu yang aku dapat dari semut…

siapa aja emang yang menggendongku?Ternyata buanyak banget…..g cuma beberapa seperti semut…tapi buanyak banget…….Aku baru nyadar ternyata aku punya banyak temen, temen – temen kampus,terutama FSI, temen – temen perisai diri, , temen – temen spesial, temen-temen gelanggang,

mulai dari temen – temen FSI, makasih banget ya sobat – sobatku….kalian selalu mendukungku. Aku G tau harus ngebales apa buat kalian, yang jelas aku G mau lagi melewati moment – moment yang berharga dengan kalian….berkesan banget, ada team bola kita yang selalu menang, setelah menang kita saling ber”jumawa”. Masih inget kan slogan kita “marwoto ngombe toyo…rong ewu enem pasti joyo!!”..ada CCRC yang udah aku ceritain..di sini.dan temen – temen secara personal, fityanda weda, ira, dara, uthe, diah, ajun, fait, rika, martha, maya, dewa,sudewi, mbak elok (fkk), mbak ipeh, mbak ian,  parama, arief, dan ridwan, serta yang belum aku sebutkan….makasih banget…Makasih ya ANda, buat tempat aku berkeluh kesah, tempat rembugan yamg baik, kamu emang sedulurku nda, sori ya nda, kemarin aku sempet marah – marah ma kamu…, maksih juga buat ajun, di bela – belain ke gelanggang di kira mau berantem juga,aku klo inget kamu, bener – bener orang yang berjiwa besar, buat fait yang selalu menjadi tempat diskusiku, teman berbagi ilmu dan penentram hati, buat ira yang udah gantian jadi pendengar yang baik, padahal biasanya aku yang bisa jadi pendengarmu, Rika yang udah mau bantuin aku buat ngurusin seminar besok, aku g tahu harus bilang apa….mbk elok dan mas pama, ketika aku terjatuh, kalian salah satu yang nyemangatin aku dan membuat logikaku jalan.,..

temen- temen perisai diri…terkadang kalian pasti tidak tahu klo aku punya masalah. tapi dengan kedatangan kalian, aku bisa menggila, menyembunyikan masalahku….aku seneng banget, ditemeni kalian, seperti dapat tempat pelarian yang cukup untuk bangkit. Terkadang juga lebih , bahkan meluas menjadi so sweet ketika kalian bersamaku…indah banget…Inget pas shila bingung, nyetlikain bajuku, yang sebenernya udah rapi tapi dia bilang lusuh, lusuh. hahaha, dia malah sewot sendiri dan cerewet khas shila. Buat esti yang udah coment secara tajam, suara vidioku, mirip MAHO,kurang ajar…padahal itu kan udah yang terbaik, malah di bilang MAHO, bikin anak – anak lain ikut- ikutan. Buat enci’ akhir’, ais, listi  yang udah ngikut – ngikut ngolok – ngolok aku….sialan!!!!buat acha yang udah beliin kakak stopmap, sarapan dan susu serta tolak angin buat besok paginya sebelum pendadaran…makasih ya de…kamu akan ku buatkan cerita tersendiri nanti bareng sahabatku Adel…karena kalian berdua adalah orang yang hebat, tapi yang namanya acha klo udah ngece – ngece desaku, udah puas banget tuh anak..Dimalam sebelum pendadaran kalian bikin aku sewot terus tapi bahagia. padahal sebenarnya jika kamu tahu, pada malam itu aku sedih, sedih banget, rapuh, karena tahu, usai esok pendadaran, kisahku akan berakhir. buat ANgga, selalu menghiburku dan mengajakku menggila lewat sms, hahaha….”duh denok gandulane ati, rasanya nyulayani, …..teruskan coba…!!!”.terima kasih ya mas angga, dah membuat HPku selalu rame, sehingga aku tak berpikiran yang G G, dan menanti – nanti sms.  buat Kendo dan nina yang udah dengerin curhatku, keluhanku, keinginanku, dan saran – sarannya, serta satu lagi..gitaran yang menggila untuk menghiburku…indah banget…nyenengin banget bisa nyanyi sepuasnya ma kalian, bener – bener berkurang bebanku….terutama kendo, makasih banget ya kend, udah ditemeni terus….kamu emang berbeda, penyampaian perhatianmu beda dengan teman – teman lainnya, mistirius, tapi aku tahu kamu kok…aku juga pengen jadi seperti kamu, tapi g mau aku klo tertutup, yang tertutup cukup kamu aja, hehehe…”maskam isis tenan ndi, reneo nek wis rampung urusanne…!!!Senin 17 mei 2010”.Mas uun…., hehehe,,,kamu masih bisa aja jadi orang bijaksana dan ngeredam emosiku …padahal aku tahu betul kalo kamu yang ngalami sendiri pasti akan langsung ***************@!@##@#@$#%#%^#%$@$#%$#, …duar…!!!sampai sekarang aku makasih karena kalian teteap nemeni aku…

Buat Adel, hehehe….makasih ya del…G tau harus bilang apa, tapi kata Acha, dirimu itu hebat, bisa sabar banget ngadepi aku…hahaha…AKu hebat kan, bisa buat kamu kuat pdahal di telepon kamunya nangis – nangis curhat mengeluh masalahmu, setelah aku temui eh….jadinya ketawa – tawa, andy emang hebat,,,podahal kamu g tau kan klo aku juga lagi ada masalah, muup andy belum bisa cerita….Entar aku cerita klo semuanya dah baik,..pokoknya kamu temen terbaikku…..uuu…uuu….u…guk..guk…lho salah….!!!hehehe.

Buat Delfi Ratnasari, makasih ya de…udah nguatin aku sampai aku bisa berdiri tegar sampai hari ini…Kamu the best de…hebat banget….!!nyanyi lagunya domino yuk!!!kamu pasti akan selalu ingat lagu itu….aku juga akan selalu inget kata – kata kamu di hari senin, 17 Mei 2010 yang berlinang air mata di depan amplas saat melaju ataupun di kozku”….trus makasih juga buat malem mingguan itu, meskipun kita G ketemu, itu malem minggu terindah yang pernah andy alami….karena aku ngerasa ke GR an , bener – bener ke GRan,….hehehe

Buat Fatimah anwar, ulet bulu……….wkwkkwkwkwk…..kau datang dengan tiba – tiba (gigi sing!!!). kamu datang di saat aku butuh teman curhat….hiya….3 tahun ku tak pernah berkomunikasi denganmu,tak mengira aku bisa berkomunikasi denganmu lagi., seneng lagi…apa lagi pas itu…surprice banget, bener – bener surprice…tak kira suaranya bukan kamu, tapi setelah kamu ketawa langsung aja..zink…aku inget !!!g bakal lupa aku suaranya…langsung aja aku teriak di hari senin 17 mei 2010, jam 10.00, kondisi di tempat bakso kantin hati lagi nyesek “EMA……………….Gimana kabarmu!!huahauaha….lama banget G denger suaramu!!!blabalabalabaladfkhdsfhdsfhdshfas…bentar ya…aku tak pindah tempat makan, di gasebo, soalnya di sini g bisa teriak teriak….”. habis nyesek, bisa jadi seneng banget…..surprice banget pokoknya….oh iya…buat temen- temen yang g tau siapa fatimah anwar, sebagian ceritanya ada disini.

Buat OM Yanto kafe telung ceret gelanggang…makasih ya om…dirimu bisa jadi tempat yang hebat untuk meluapin ke liaran perut dan mulutku…hahaha….makasih ya om…atas tangisan air mata mu…aku sadar andy pernah khilaf om…tapi andy g akan ngecewain om lagi, heheeh…makasih juga untuk masukan dan saran – sarannya kemarin ya om….

 

yang jelas……kehidupan ini sangat indah…..aku bisa mengambil pelajaran yang sangat berharga dengan hal ini, silaturohmiku tersambung kembali dengan kalian……MAKASIH SEMUANYA!!!!MAKASIH ALLAH, Dah kasih andy temen yang buanyak…………..Andy G sendiri….

Dear sobat….

Setelah hampir satu bulan aku “menurunkan berat badanku”, akhirnya aku mulai menulis lagi sobat. Selama satu bulan pula aku merasakan keajaiban Allah, Dia sungguh adil sobat, mampu memberikan kedewasaan dan kebijaksanaan diluar nalar dan logikaku, padahal kenyataan yang hebat menerjangku dan menyerangku bertubi – tubi. Bahkan Allah mulai membukakan mataku, untuk melihat sebuah kenyataan dan kondisi sebenarnya, meskipun tertutupi oleh logika yang nalar. Memang pahit tapi kenyataan itu terjadi, dan Allah menguatkanku tanpa rasa benci…Makasih Allah, Andy sayang kamu…..

Setelah hampir satu bulan, kini andy pulang sobat, andy pulang kawan!…pulang beneran kerumah, bukan harfiah,pulang ke keluargaku…Entah kenapa! Andy seneng banget kawan…rasanya lega…

awali dengan teriak bareng – bareng dengan adeku…ASSALAMUALAIKUM…..sambil ketawa, bapak ibu dan si kecil menyambut salam itu sambil senyum…Kucium telapak tangan mereka plus pipi buat bapak sama ibu..hehehe….tradisi masa kecil yang sampai sekarang masih tetap aku lakukan, menyenangkan sekali rasanya hadir ditengah – tengah mereka. Bapak lagi ngerjain tugas kantor waktu itu, kacamata plusnya menempel di mata, mengingatkanku bahwa aku sudah dewasa, udah hampir wisuda dan mengingatkanku untuk selalu semangat untuk memberikan bapak kebanggaan. Ingin ku segera bilang “pak…sekarang andy dah kerja, bapak mancing aja…entar tak temeni mancing..pak, rumah pawon yang belakang dibongkar aja ya,…di buatin teras yang langsung menghadap sungai, biar bapak klo mancing langsung nyemplungke di teras sambil thenguk – thenguk, ngeteh plus mbaca koran dan nunggu klinting pancingnya berbunyi” sedangkan ibu lagi masak buat bakmi. setelah kucium aku berkata “buat bakmi bu?..ujar ibu “iyo….anak – anak e pungut lagi do bali, masak’ sing enak!!!”..hehehe…(anak – anak pungut gini, sering banggain ibu to?hahaha, enak aja anak pungut!!).

sambil menanti bakminya mateng, tengok – tengok kulkas ah, eh…ada jeruk sama makanan kuning – kungin orange yang pedes – pedes itu lho…sambil makan jeruk dan makanan itu, aku nyolokin kabel lan, pengen on line…eh…si kecil rewel ngerasa maemannya direbut…”MAEMANKUUUUUUUUUUUUUU…..”, Hahaha, bapak yang udah mulai selesai dengan kerjaannya segera memisahkan kita agar tidak terjadi perang , heheh…”wis..wis, dolanan empat satu wae!!”…manda sama sikecil langsung menyambut “ayukkkkkk…….”..wah..keluarga gembler batinku…hahaha…

setelah asik masuk dunia maya dan mendengar geer…ketawanya mereka bertiga saat ada yang kalah, tiba – tiba saja aku merasakan kerinduan. ya, kerinduan terhadap suasana ini…kenyamanan yang membuatku semakin betah dan enjoy, tentram!!! ternyata sudah hampir satu bulan aku tak merasakannya. dengan kesedihan yang menyelami diriku, ternyata lama .lama..lama..lama sekali…ternyata mendengar tawa bapak yang keras dan lantang “hahaha”, ketika bapak berhasil mengakali anak – anaknya maen empat satu membuatku besar hati dan ikut ketawa “bener – bener bebas ketawa di hati tanpa beban”, memberikan semangat baru dan mimpi baru yang pasti bisa aku raih…Bapak…bapak, dasar jahilmu itu nurun ma aku, tapi tetep aja aku yakin jahil ini akan membuat kebahagian dikeluargaku esok juga. Langsung aja setelah usai, dan beliau sedang duduk di meja makan, aku cium sekali lagi pipinya…makasih ya pak, kemaren – kemaren dah dengerin curhatan andy, dan ternyata aku berhasil menjaga emosiku, meskipun hasilnya tak terlalu baik karena tidak berakhir bahagia, tapi tetep aja aku seneng..,, karena aku sekarang percaya pak, Allah pasti ngasih aku yang terbaik, biarlah alam yang mengajarkanku untuk bersyukur dan memaafkan serta alam menunjukkan pelajaran yang berharga bagi “penghuninya” nanti…pasti “penghuni” akan belajar sesuatu tentang kedewasaan dan kejujuran, meskipun mungkin deras rintik hujan…

Bakmi dah mateng, “le…maem sek!!”dari pawon ibu sedikit teriak. “siap!!..”lari menuju meja makan,…”kok ‘ go sego to bu e!!!”…”uwis…gek di maem, bakmine kur sithik, ndak simbah ra komanan!!”…udah diem klo ibu dah bilang kaya gitu, cuma bisa manut…tiba- tiba…………..zink…….pas maem, aku tiba – tiba merasakan kekuatan yang indah banget..ternyata dah lama aku g maem bareng bapak ibu, lagi lagi gara – gara “proses penurunan berat badan”aku melupakan keindahan maem bareng ini….

…bu e…aku pengen nglemoke awak meneh…medun 5 kg e…aku tumbas susu yo bu e…pengen susu sing kaya protein, nyatane biyen kae aku yo iso lemu nek mimik susu”…”yoh….!garek nyatet nang gone mbak sri wae kok repot!!”…kita semua langsung ketawa ngakak…oh..iya, sobat…mbak sri itu toko samping rumahku…jadi klo kita pengen beli di tempat mbak sri, kita tinggal nyatet trus dibayar di akhir bulan…gitu!!. ada kejadian lucu tentang mbak sri yang bikin kita klo ingat seperti tadi ketawa ngakak…

Dulu pas si kecil masih kelas 4 SD klo g salah, dia kan klo siang sendiri ya…nah…dibilangin ma ibu, “Riz…nek pengen opo – opo nyuwun mbak sri yo, mbak sri di suruh nyatetke wae..!!”.”oke bu e!!”..si kecil oke – oke aja…sambil ketawa cengengesan…nah…pada akhir bulan ibu kaget, ternyata tagihan membengkak, nah…si kecil dimarahin ma ibu…”Riz….kok jajane tobat to yo...kok boros banget..bala bla bla ….marah mode on”. Si kecil karena tidak merasa bersalah langsung menimpali “katanya disuruh di tempat mbak sri klo minta apa – apa, lha yo klo riski pengen apa – apa yo nyatet di tempat mbak sri wae to bu….!!!!nada tinggi mode on”, ibu mau bicara lagi, tapi belum sempet selesai kata pertama dah di timpali rizki “halah….kur nyatet wae kok le, ndadak disengen - sengenni…!!”… sontak…kita ketawa yang denger, bapak, aku , dan manda ketawa ngakak….Ibu yang tadinya marahin riski juga ikut ketawa, ternyata selama ini rizki nyangkanya klo di tempat mbak sri itu G pake uang, tapi cuma nyatet…hahaha…ada – ada aja….si kecil riski…adeku tersayang…luph u…..

Intinya….Makasih ya pak...Bapak dah mau ndengerin curhatan andy pas kita mancing, dah ngasih saran yang terbaik, dan selalu mewanti – wanti jangan emosi, selalu nyemangati aku lewat sms, dan mewanti – wanti terus selesaikan dengan kepala dingin, “sekali kamu emosi kamu akan mengerikan, jadi jaga emosimu, kekuatanmu & kemampuanmu itu untuk kebajikan, bukan untuk luapan amarah, biarlah ini membuktikan gimana dia sebenarnya denganmu, pasif dulu…meskipun kamu selalu keterrorr”….pokoknya sekarang klo curhat apa2 aku ama bapak aja, hehehe…emoh ama ibu…hehehe(peace bunda!!!)…tapi bapak entar juga nyeritain ke bunda lho…biar semuanya tahu masalah yang anak – anak kalian hadapi…hehehe…aku bangga punya kalian…

makasih ya bunda…sama maafin andy ya bunda…meskipun andy kemaren sering banget g mau ndengerin yang dibilang bunda, tapi ternyata semuanya bener…hehehe…soalnya andy trauma bunda…dengan kejadian yang dulu…, andy g mau gagal untuk kedua kalinya…

trus buat adeku…makasih juga ya…dah nyaranin apa yang terbaik buat mas, kerasa banget punya ade yang “berpengalaman”, hahaha…”masalah ini kecil, masih banyak yang harus diraih untuk kedepannya…mas udah pernah ngalamin masalah yang lebih besar tapi bisa ngatasi, kenapa g bisa dengan yang ini!!!Aku yakin mas,…kamu pasti akan ditunjukan yang terbaik oleh Allah!”…makasih ya de…luph u….

Untuk Allah…Andy sayang Allah…dirimu tempat curhatku yang memberikan saran melalui hal – hal yang indah serta memberikan kedewasaan buatku, memberikan jalan dan memberikan semua kenyataan yang terjadi disetiap mimpiku setelah sholat…Aku kerasa banget Anugerahmu…dan kenyataan itu harus aku hadapi, karena aku tak sendiri…aku kuat…

Untuk sahabat – sahabatku penguat hati….ada cerita tersendiri buat kalian nanti…luph u all…kali ini sms terbaik dari seseorang yang tak disangka – sangka dan inisial di rahasiakan dengan inisial “i***”

Andy..SEMANGAT!!!!Tunjukkin kesemua orang klo kamu g bs dikalahkan ma mslh yg sepele, kehilangan 1 org hnyalah jalan untk mendapatkan pengganti yang 1000 kali jauh lbh baik..tetap berkarya apapun yg terjadi slagi msh muda…aku percaya km pasti bisa n mampu Ndy…SEMANGAT!!!”

huff…keren banget ne…bener – bener membangkitkan semangatku…..

Untuk cerita – cerita lalu, tak akan kuhapus cerita – cerita laluku…karena semuanya indah……indah …indah…bahkan sebenernya nambah…keren – keren lagi..!!!!”bisa berdiri tegar sampai hari ini, semua karena cinta….cinta …cinta….makasih banget!!!!aku bisa kuat, bisa hebat..karena cinta.., meskipun sekarang lagi menggila”..hahaha…luph u muach muach muach……

Sunday, May 2, 2010

image

Biasanya aku paling G suka film india, tapi iseng ikut – ikutan ade liat film ini gara – gara BT ngerjain powerpoint buat pendadaran, eh..kok eh, aku jadi menjilat ludah ku sendiri. Film ini wajib ditonton buat kalian temen – temen yang males kuliah, atau kehilangan motivasi buat maju.

Ciri khas Film india yang notabenya drama masih disuguhkan dalam film ini, tapi beda dengan drama – drama melow india lainnya, film ini kaya dengan adegan – adegan mengharukan yang dibumbui dengan kekonyolan para pemerannya. Hal – hal yang sederhana menjadi sangat mengharukan karena di berikan sentuhan persahabatan yang tulus. Setelah melihat film ini, kalian akan kembali segar dan memiliki motivasi baru untuk berkembang, untuk maju dalam kuliah dan tidak akan menyia-yiakan arti persahabatan.

Tokoh utama pada film ini adalah Rancho yang diperankan oleh Aamir Khan, mahasiswa dengan pola pikir aneh dan tentunya pola pikir seperti ini yang dibutuhkan oleh mahasiswa – mahasiswa seperti kita. Tokoh ini berhasil membawa pokok permasalahan mahasiswa dengan sangat menyentuh sekali. Tokoh ini mampu memberikan sentuhan dimana mahasiswa bukanlah sebuah robot untuk mencari nilai, namun mahasiswa adalah seorang yang berkarya serta mempelajari hal – hal baru, bukan text book. Intinya kita di KUliah tidak untuk mencari ijazah tapi mencari ilmu, itulah esensi mahasiswa.

Ketulusan persahabatan lebih lekat pada film ini yang membuat hati kita gerimis. Adegan – adegan nekat dan tidak terpuji terkadang muncul untuk memberikan contoh kepada kita dan tanpa kita tebak sebelumnya, adegan selanjutnya telah mampu membawa kita kedalam hati yang paling dalam.

Sperti film – film lainnya, kisah cinta juga terdapat di film ini, namun dalam kisah cinta ini,  tidak secara vulgar, kisah cinta dikemas dalam bungkusan indah sehingga tidak terkesan menjijikan, bahkan moralnya tersampaikan.

Bagi kalian yang belum nonton,maka kalian wajib menonton. Cocok buat dilihat juga oleh keluarga. Biginilah film yang seharusnya, memberikan sentuhan semangat dan moral bagi penontonnya.