Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Thursday, April 22, 2010

Dear sahabat….kali ini aku akan nostalgia buat sahabatku SMA…senengnya pernah punya temen kalian…Kenangan indah itu terjadi tiga hari setelah hari ultahku…tepatnya tanggal 5 juni 2005, pas itu sweet seventeen….(hiya…jadi malu aku!!)

Ne foto kadonya:(syang sekali kita pas itu G foto – foto ya….

image yang kerdus coklat itu sama tulisan –tulisannya  coklat itu adalah kado dari mereka.

image Surat dari mereka….trus bungkus kadonya juga aku tulisin tuh,…tapi malu klo aku sebut tulisan nya apa, pokoknya jaman sma masih melow melow gitu….

Mereka ngasihnya pas aku istirahat, di acara Pentas seni Perpisahan SMA 1 Yogyakarta, waktu itu pas aku jadi MC (kacau banget tuh aku MC nya)…. tiba – tiba aja mereka bareng – bareng  nyanyi happy birtday atau selamat ulang tahun ya!!!lupa….tapi yang jelas, adegan selanjutnya akunya terharu…dan Apa coba kronologi selanjutnya????G tak kasih tahu ah…wkwkwk..isin aku…Maksih ya temen – temen…(irma, indah, tami, inung, ikan, dan arum). Trus setelah dikasih kadonya aku bikin puisi kaya gini:

 

Aku terharu merasakan sayang
Aku terkenang merasakan cinta
Sebuah persahabatan
Tentram temukan dalam nurani
Dalam ketenangan hati
Smoga kokoh dan berarti
Cerah warna kehidupan tercipta
Pukulan palu dalam konseptorNya
Persahabatan, nyata dan berbekas
Dalam waktu perjalanan tiap rasa berasa
Dalam iringan usia mampu membuka celah
Bahasa hati motivasi persahabatan
Bahasa jiwa dalam motivasi rohani
Bahasa pribadi di dalam diri
Dalam hidup ini, dalam suatu waktu
5 juni 2005
untuk Indah, Arum, Ikan, Tami, Inung, Irma, Fitri
terima kasih lembaran kehidupan barunya ya
akan ku isi dengan yang indah – indah saja

aku kan bangkit berjaya karena sinar kalian

Makasih ya sahabat……klo inget , so sweet banget..

Tuesday, April 20, 2010

dear Temen- temen…

apa yang kamu pikirkan dengan klausa pertama dari judul tersebut? Kartini? yup..benar..Tapi apa yang kau pikirkan dengan klausa kedua dari judul?

Banyak kaum muda yang sudah tidak mengenal Buku ini “Habis Gelap terbitlah terang”. Bahkan, aku sendiri juga hanya mendengar judulnya aja, belum sempet membacanya. Tapi aku yakin, pembuat buku ini adalah wanita yang benar – benar hebat dalam perjuangannya. Kenapa aku seyakin itu??

 

image Dari Buku Tetralogi milik Pramodya Anantatour yang termasuk karya tulis sastra lama aku mengenal wanita itu. Disana disebutkan bahwa minke (tokoh utama) dalam novel anak semua bangsa (Bag. Tetralogi tsb) menyatakan kekagumannya. “Di Indonesia, wanita dari rembang itu memang tidak dikenal, tapi di Eropa gaung tulisannya amatlah merajah, hingga membuat wanita – wanita Eropa tidak percaya bahwa disuatu daerah (di Daerah R.A.Kartini) ada pembeda antara lelaki dan wanita”. Dan akibat tulisan itu, Indonesia menjadi perhatian dunia umumnya, dan dunia eropa pada khususnya. R.A. Kartini benar – benar menyuarakan suara hati wanita dimana wanita pada “saat itu” sering dijadikan “gundik” oleh kaum VOC. Bahkan kekerasan sangatlah dibebankan kepada wanita. Bahkan Kartini saat itu mengangkat derajat kaum wanita karena apa? “seorang Jendral dari Kerajaan Belanda” tidak mungkin menemuinya, hanya sebatas mengobrol serta diskusi jika RA. Kartini bukanlah wanita hebat”.

Minke juga menuliskan tentang “kelayuan” seorang kartini. Sudah menjadi takdirnya apabila “pada waktu itu” seorang kartini di pingit dan di perjodohkan oleh orang tuanya, apalagi ayahnya merupakan seorang Bupati dari rembang. Dan tahukah kalian?? Pada “waktu itu” bupati merupakan sebuah jabatan “Aparatur negara” sekaligus “raja”, rakyat harus munduk – munduk dan menyembah – nyembah. Ayahnya melihat potensi dari kartini yang dapat merubah tatanan Kehidupan masyarakat serta mengiginkan “wanitanya” menjadi wanita seperti umumnya “pada waktu itu”. Gejolak kartini, kartini bergejolak….namun, seorang wanita “pada waktu itu” harus takut dengan ayahnya, dengan kehendak ayahnya dan kesewenang – wenangannya. Kartini layu bersama tulisan – tulisannya setelah dia diperistri, lupa aku siapa yang memperistri tapi yang jelas pria itu berasal dari relasi Ayahnya yang notabenya pejabat.

Yang akan aku kritisi adalah “ pada waktu itu”. Sekarang jawablah teman – teman,

Apakah layak “pada waktu ini” dan “pada waktu itu” seorang ayah menjodohkan anaknya?

Jawaban pribadiku sampai saat ini, Ya..layak….Selama pandangan orang tua demi kebahagian anaknya, mengapa tidak. MENGAPA TIDAK, jika anaknya memang setuju secara iklas dengan perjodohan itu.

Apakah layak “pada waktu ini” dan “pada waktu itu” seorang ayah memaksakan perjodohan terhadap anaknya?

Jawaban pribadiku tentu saja tidak. BUAT PARA AYAH….BUAT PARA AYAH YANG PUNYA ANAK WANITA. BUAT PARA AYAH YANG PUNYA JABATAN. BUAT PARA AYAH YANG MENCINTAI ANAKNYA. DAN BUATKU SEANDAINYA AKU BESOK JADI AYAH. Tidak akan layak seorang ayah memaksakan kehendak anaknya, apakah para ayah juga pernah berpikir, sudahkah anakku mempunyai sosok pria yang dicintainya. mempunyai pria yang terbaik menurutnya.seandainya esok aku jadi ayah, aku akan memperhatikan hal itu ketika anakku sudah waktunya untuk menikah. (namun aku rasa prakteknya esok akan sulit)

Apakah layak “pada waktu ini” dan “pada waktu itu” seorang anak untuk menolak perjodohan yang dilakukan ayahnya?

Jawaban pribadiku “ tidak tahu”. Seandainya aku menjadi seorang pria yang wanitanya di jodohkan oleh ayahnya, maka aku akan bersiap – siap untuk iklas. Kenapa iklas? seandainya wanita itu memang benar – benar mencintai dan menyukai pria yang dijodohkan itu, untuk apa aku harus ngotot, perasaan itu tidak bisa direbut, perasaan itu mengalir sendiri. Selain itu, restunya orang tua merupakan suatu restu TUhan. Namun apabila wanitaku memiliki keinginan untuk mencintaiku, memilih aku menjadi pendampingnya, memilih aku sebagi imamnya, maka aku akan berjuang, berjuang untuk mendapatkannya…dengan artian juga mendapatkan orang tuanya, restu orang tuanya, aku akan figh..fight..dan fight…berjuang.

Bagaimana jika aku menjadi wanita itu? seandainya aku jadi wanita itu maka apabila memang benar – benar orang yang dijodohkan itu cocok denganku, maka aku akan memilihnya. dan untuk orang yang saat ini menjadi pilihanku?harus aku apakan? Mungkin awalnya akan terasa sakit, namun ini lebih baik, aku akan meninggalkan secara baik – baik dan secara terbuka, berbicara sambil nge’teh sariwangi’ nampaknya dibutuhkan. Namun jika memang aku sudah mencintai pria yang aku pilih, maka aku akan membantu pria itu untuk merebut hati ayahku, merebut hati orang tuaku. Dan aku akan mengungkapkan perasaanku kepada orang tuaku bahwa aku telah mimilih, dan aku mohon, restuilah hubungan kami. “Pada waktu ini” dan “pada waktu itu” tidak lah sama. Percayalah!!!!

Sunday, April 18, 2010

Dear temen, dear temen – temen perisai diri khususnya….

Hari ini cuapek banget ya temen – temen, hari ini, minggu, 18 April 2010. Setelah dari kabar burung dan ketidak jelasan, akhirnya kemaren kita mendapat penjelasan bahwa kabar burung itu benar nyata adanya, kita disuruh demo (unjuk kebolehan) di SMP N 2 Kalasan, dalam rangka ULTAHNYA Perisai Diri di SMP itu. Sebagai manager alias pembantu alias budak suku alias pesuruh, akulah yang mempersiapkan alat – alat dan temen – temen, terutama team kipas.

Berangkat dari UKM  Jam 06.30 WIBG(Waktu Indonesia Bagian Gelanggang) kita menuju TKP alias SMP N 2 Kalasan. Berbekal peta dari mas prass akhirnya kita mampu menemukannya. Dan akhirnya kita sampai di sana…

DSCN1175  Nah , ne ruangan yang udah di dekor, cantik banget kan…mereka Hebat ya, baru SMP udah bisa ngadain acara yang lumayan keren.

Trus ne anak- anak yang membuat ruangan diatas..

DSCN1174 culun – culun gitu udah bisa berkarya, hebat ya….??

Nah…Cerita kita dimulai dari ganti baju ya….Oke??

DSCN1159 Nah…ne pada nunggu temen – temen yang lain ganti baju. De sila (baju item) pas difoto ini lagi nyanyi, klo G salah lagunya Marshanda yang berjudul “kisah sedih dihari minggu” tapi nyanyinya sambil ceria, ketawa – ketawa, wkwkwk

Setelah ganti baju, kita latihan pemanasan tuh…

DSCN1162  Nah…serius kan?keren kan?bagus kan??sapa dulu dong yang maen???Mulai dari depan ya. dari kiri-kanan:seila, Vita, dan Aca, kemudian yang belakang dari kiri –kanan-enci (bintang kali ini diblog), langit, nina dan akhir.

Trus temen – temen yang lainnya ne..

DSCN1163 Pemain toya beregu, Syamsul, wawa, dan Ari Dompu. Keren G tuh???Tp bocoran aja ya, kaki mereka diangkat satu itu bukan jurus, tapi karena kepanasan…hehehe

DSCN1164 Ini pemain seni tunggal dan clurit. Yang bawa golok angga, sedangkan yang bawa clurit joko dan kendo. Satu yang belum datang, iksan…dia telat. Dari sini, tanpa sadar aku melakukan kebodohan..Nanti akan aku ceritakan kebodohanku..Tapi sebelum itu, kita ceritakan kebodohan si Bintang Blog kali ini (enci’), wkwkwk…peace…

Habis latihan, si enci pengen berteduh di bawah pohon, nah saat di pohon itulah dia teriak kenceng banget, gara – gara di takut – takuti kendo ulet…spontan aja kita ketawa, ternyata selain rinda yang takut ama B*****i, ada temen satu lagi yang takut (bener – bener gilo) ma ulet….Peace!!!Ne foto enci’ yang lagi ketakutan…dan yang bikin enci takut.

DSCN1168 Ne enci’ yang ketakutan, dia membikin bunderan,…hehehe…ya bukanlah, ne ulet yang bikin enci takut. Tapi aku juga baru liat, ne ulet apa???kok aneh sekali…

DSCN1169 Ne uletnya klo dibalik, giyuk- giyuk minyukk….tapi gilani…

DSCN1167 Ne yang jadi korbannya kendo, su enci’, dia bener – bener takut n mau nangis…hia…..

Oh..iya, btw akunya dimana ya??kok belum ada fotoku??ne aku…

DSCN1165 Nah..noh!!!lagi nunjuk apa ne???kok aneh dan lucu banget, sambil ketawa??ne yang aku tunjuk…

DSCN1166 Nah…noh, sandalnya sapa hayo???wkwkw..kuning – kuning….sandal jepit!!!wkwkwk…ne anak – anak pada jual mahal, latihan aja g mau lepas sandal, dasar cewek…

Lanjut ke bintang blog kita kali ini ya….Ternyata dia juga jago banget klo maem, dia habis 11 dos coba…G percaya???ne buktinya..

DSCN1299 Enci said” Gue udah keyang,,,berapa banyak bisa kalian habiskan nasi dos ini?gue 11 dos, kamu???”. Trus temennya akhir, coment”duh..duh..duh..malunya aku, punya temen yang rakut!!!”..wkwkwk(peace)

DSCN1291 Enci”bibirku kotor, ada yang liat g ya??G ada tisu taplak pun jadi (Taplak gupak glepung, taplak gupak glepung, dan terus……).wkwkw…

Udah ah…mempermalukan enci; nya, tapi dia keren lho!!ne panampilan enci dalam kipasnya..(eh, bentar, kita liat peserta nya dulu ya, berapa buanyak!!!)

DSCN1191 Nah,..noh, banyak g tuh!!!keren ya PD Kalasan.

Trus, ne fotonya enci dan temen – temennya pas tampil…

DSCN1201DSCN1198 Neh salah satu gambar penampilan mereka, keren G?Ada kipas yang kebalik G?ternyata G ada, wkwkwk….Tetep keren dan mantap…!!!

Kita tinggalkan enci, sekarang cerita dari sudut pandangku ya……

Nah..kesalahanku berawal dari aku meninggalkan acara ini untuk ikut maen bola bareng temen – temen Kampusku (aku buat gol satu lho, jadi total gol dalam 3 pertandingan 5 gol). Tau sendiri kan tadi iksan telat, nah, pas foto kan kendo ma joko foto pake clurit tuh. Nah sebagai manager kan aku yang nyiap – nyiapin n mbawain cluritnya. Dan inilah awal dari kebodohanku. Gara – gara aku ijin, maka tasku juga aku bawa dan Jedeng!!!Cluritnya ikut kebawa aku,,,hoho..wkwkwkw…..akhirnya mereka tampil seperti ini…

DSCN1205 Mereka cuma bawa satu clurit/orang, padahal biasanya kaan kiri mereka make clurit. Alhasil, seperti ini:

 DSCN1207 Aduh..aduh..maafkan aku temen – temen….kendo sikap satria tapi iksan ma joko sikap garuda..huhu,..maafkan aku…

Nah…yang Toya kaya ini:

DSCN1240 Nah..tuh, its okay!!

Setelah selesai acara, kita foto – foto.ne foto-fotonya:

DSCN1305 Keren G tuh,,,tapi aku tuh masih curiga ma iksan. Liat di foto dengan jelas ya, bajunya nampak bercahaya banget, cahaya apa itu coba ???tidak bisa dijelaskan dengan logika

Nah…kita mulai liat foto – foto yang mengandung kebodohan:

DSCN1228 Kenapa to de lang??kok mrengut???wkwkwk..ngenteni sms se sopo??prikitiuw….

DSCN1221 Nah..noh, dah baju minjem dengan tingkatan pelatih, senyumnya ki lho??Ra nguati!!!Mas angga – mas angga….

DSCN1302 Mas angga………………………..kamu apakan tuh botol???wo lha…dasar…..kowe kilho!!wong stress!!!

DSCN1257 Sama nasi busiti enak mana ya?intip dulu ah…alhamdulilah dapat nasi gratis….wkwkwk

DSCN1242 Hukum pancung….Kepala mbak vita siap di pancung….wkwkwkw…dasar ne anak – anak, ada – ada aja..sayang sekali aku g bisa tau cerita selengkapnya, coz aku udah maen bola.iksan

Nah…mu ngapa mas iksan??aneh…dasar kowe ki….wkwkwkw…

DSCN1267 Kipasnya empat, orangnya tiga, siapa yang megang kipas paling atas???Jedeng..hi..ngeri…

DSCN1264Ternyata, ne Hantu yang megang kipas di atas…wkwkwk….ngeri!!tapi hantunya lagi mau puff…

ups…udah dulu ya ceritanya…cerita ini adalah cerita yang paling buruk yang aku bikin, kurang seru!!coz gara – garanya aku lagi punya masalah (curhat!!wkwkwk…) dan G ikut acara full (jadi kurang mendalami). Maafin aku ya, klo agak garing!!!

Saturday, April 17, 2010

Baca – baca tulisan yang kemaren, eh ternyata nemu ini. Aku sampaikan dech, untuk pesan yang belum tersampaikan..mungkin!!!!Kali ini, untuk CCRC.

just for CCRC FArmasi UGM (28 januari 2009)

 

Minggu…21 september 2008

Menjelang aku pergi…
Dari kekompakan kalian, sobat…….

SOBAT, Maafkan aku…
Telah usai waktuku, di tengah kebersamaan kalian
SOBAT, Maafkan diri ini
Harus lepas dari tali ikatan ini…
SOBAT, maafkan hati ini
Tak bisa temani kalian dalam perjalanan menuju ujung….

Taukah kau sobat,,,
Ku tak ingin meninggalkan kalian…
tak ingin berpisah dengan kebersamaan ini…
tak ingin meninggalkan bahagianya menderita bikin proposal, senangnya di bawah tekanan, nyamannya ke stres an, dan berakhir dengan kejuaraan…
Sobat,,,, aku ingin,,
Ingin seperti kalian…
Seperti kalian lagi….
Tapi…
Taukah kau sobat….
Aku tak bisa,
Tak bisa lagi…
Menjadi bagian kalian…
Demi studi,,,demi tanggungan,…demi prestasi dalam duniaku,
aku tak bisa seperti kalian…

Malam kian larut, selarut kebimbangan ini. Bintang semakin redup, seredup kemauan yang terpatahkan…terbantahkan…dan tersakiti…
Malam kian larut,,,,waktu kian singkat….kian singkat menjadi bagianmu…
Sobat…seandainya dirimu mengerti…

demi bulan yang terlelap…
demi bintang yang senyap…
serta malam yang pekat….
Akan berganti pagi…dan saat itu, ku melihat nawang tersenyum…meruah senyumnya,,,manis geriknya…terkadang buat aku keki…nawang….sahabat pertama yang kusebut kali ini….
Pagi itu,,,,kilatan garuda memberikan sinar cerah…..namun…di bawah kursi,,kemurungan lucu tercipta….seandainya maya itu ada…maka kemurungan nan indah tercipta di dunia ini…berharap seperti dirinya lah semua orang murung….meskipun dengan langkahnya…karya tawanya memberikan hadir dalam barisan…
Sesaat kilatan tertepis oleh kecemerlangan alam,…kegirangan, keiklasan…dan pengorbanan.

Tawamu…akan selalu ku ingat…
Ada nawang yang jika tersenyum ….buat kita…ah,,taulah!!!
Ada maya, yang slalu keluh kesah,,,slalu murung…tapi itu jadi lucu…
Andit….melihat dia, stress kita jadi ilang. menjadi semangat lagi!!!
Gilang,,…ojo ngansi keconangan pak edi maneh yo lang,,,!!!! dengan ide – ide cemerlangnya….tapi …sayang sekali, kemaren gara – gara sakit , presentasi hanya latar belakang doank…
Upick…wah tambah ngjreng wae…hehehe/….tambah naksir aku….
Iin….yang satu ne harus ku sebut apa ya!!!karismatik…hehe….dirimulah yang menjadikan segalanya menjadi dingin n tenteram…
Ocha….rekan LKTMQ…makasih ya sobat….hehehe…alah….Cha…gimana ?jadi quercetin? Jadi benalu?animemu ? nambahkah koleksimu….
Mas adam…orang baru….tapi bisa nyatu dengan kita…aku bisa smangat setelah liat kmu mas….
Mbak tya….ungu., ngambekan, suka banget aku ngusilin dia…maaf ya mbak…tapi revisi lagi ya mbak….kapan ya???direvisi kan lagi
Mbak muti…1 kali liat dia cemberut,,,,sedih,,takut,, panik…jadi lucu….mbak….kamu adalah sumber inspirasiku….kapan ya mbak bisa nyayi kodomo lagi? Kapan ya mbak bisa liat dirimu cemberut lagi….mungkin pas ujian S3 pa ya?tapi kapan?
Mbak septi….setrika yang nyasar ke jepang…gimana ya mbak kabarmu..???dah lama aku g dimarahi…dah lama aku g tau kabarmu,..jadi inget…dirimu lah pelopor menuruni bukit di tawangmangu…tapi taukah kalian wahai sobat!!!dia adalah teladanku….
Untuk adeQ….untuk rekan satu teamku…untuk tempat curhatku,,,untuk pendengarku..dan untuk yang mendengarku,,,,de amel….
Banyak hal yang harus aku diskripsikan,,..banyak hal yang aku ingin katakan,…kamu adalah rekan yang hebat…kamu adalah rekan yang keren…tapi diluar itu semua, diluar konteks keprofesionalan,,..dirimu amat manja,.aku seneng ngeliat dirimu manja…aku seneng ngleliat kamu bertanya ‘trus piye maz?’ di apake? Tentunya dengan logat anak kecilmu…pastinya,,,,setelah itu,, aku kan slalu merindukan mu…tentunya setelah itu,,aku akan sulit mendengar kata – kata itu, meskipun aku tak jauh darimu,….tapi tentunya sulit untuk dengar hal itu lagi

Diluar konteks itu…CCRC adalah sumberQ,,ingin ku berprestasi disini…ingin ku menjadi bagian dari kalian…tapi sayang sekali…aku bukanlah bagian dari kalian….tapi terimakasih ya temen – temen…CCRC telah memberikan ku lebih…CCRC telah memberikanku kehangatan persahabatan , kehebatan motivasi prestasi, kekayaan ilmu, kekayaan profesionalisme. Kekayaan pribadi….
CCRC….telah ada dalam hatiku,,,dan akan ku ingat…bahwa aku pernah ada disana…mungkin,,,hanya dua proposal ini tinggalanku…sebagai wujud dari tanggung jawaban q, sebagai wujud aku juga milikmu., sebagai wujud bahwa aku bagianmu…sebagai wujud akan cintaq kepadamu….
Mungkin masih banyak ilmu yang belum aku ambil darimu…dan masih kurang yang harus aku persembahkan untukmu…tapi…inilah hasilku…dan mungkin akan aku gantikan persembahanku dengan prestasi yang lain, melalui jalurku,,,melalui hidupku,,melalui keahlianku,….
CCRC…….

Hahaha…aku juga bisa mellow ya dulu….tapi bener – bener kok!!!CCRC!!! kamu membuat diriku belajar banyak….Makasih semuanya,  Prestasi yang kemaren aku persembahkan selain untuk orang yang aku sayangi, juga untuk kalian temen – temen. Dan untuk lusa – lusa….aku akan berjuang lagi.

Friday, April 16, 2010

Dear temen…aku baru baca – baca lagi tulisan yang pernah aku buat, eh ternyata ada yang lumayan keren….boleh dibaca, boleh dimaknai, boleh diacuhkan….cuma pengen share aja….

sahabat…ingatkah engkau pada kata cinta…

ya…cinta yang membuat kita merasa eksis dalam dunia ini…

sahabat…pernahkah engkau merasakannya…

merasakan hidup…merasakan kita ini hidup karena mencintai seseorang…

saat kita bahagia…dia adalah orang yang pertama kali merasakan kebahagian kita…

saat kita hilang motivasi…ia adalah orang yang mengobarkannya

saat kita lupa akan suatu hal…ia selalu mengingatkan kita

saat kita mengharapkan sosok pendamping, seakan – akan ia malaikat yang selalu ada untuk kita

saat kita membutuhkan pertimbangan, ia muncul sebagai sosok paling bijaksana menurut kita

saat kita merana dan merasakan kesendirian, dialah sosok penolong yang membuat diri ini tidak sendiri

begitu pula sebaliknya, ia sangat butuh kita, ia sangat menginginkan kita disampingnya, ia sangat menginginkan kita mendampingi segala rutinitasnya…

betapa bahagianya sahabat…sungguh…mungkin jika engkau merasakannya…engkaulah orang yang paling beruntung didunia ini…

selalu ada yang membangunkan kita diwaktu sepertiga malam…selalu ada yang mengingatkan kita sudah waktunya sholat…selalu ada yang mengingatkan kita untuk makan…selalu ada yang mengingatkan kita akan berbuat kebaikan…selalu ada hal yang begitu berat…apabila dengan semangatnya akan terasa ringan….

wahai sahabat…baik engkau laki – laki atau wanita, pernahkah kalian merasakannya????

wahai sahabat…sungguh indah bukan dunia ini….

kita tak akan bisa melepaskannya …karena kita tiada bisa hidup tanpanya….

kita tak akan bisa melupakannya…karena kita telah terpatri padanya..

kita tak akan bisa jauh darinya…karena kita telah terikat padanya…

tapi…

namun…

akan tetapi…

tanpa disadari…

Sahabat….aku,aku, dan aku….

teriring kata bahwa aku mencintai seseorang …

teriring kata bahwa aku sayang seseorang …

tidak semua jalan itu mulus…tidak semua kehidupan itu sesuai harapan…dan tidak semua cerita diatas itu selalu muncul….

sahabat…

saat merasakan bahwa aku sangat mencintainya…saat merasakan bahwa aku sangat menyanyanginya….saat yakin tidak akan kehilangannya…suatu masalah muncul…kenyataan yang amat menyakitkan tercipta…keindahan yang kita lalui bersamanya sewaktu bersanding bagaikan mimpi – mimpi belaka…

saat sadar bahwa ia tidak lagi menjadi ia dalam lusa, hati remuk redam terpuruk oleh gondam…

saat sadar bahwa ia tidak lagi mengingatkan akan bahasa bersanding, rintihan hati amatlah perih pedih menyayat hati…

saat sadar bahwa bukan ia “ yang dulu “ yang dihadapi , kucuran air mata mengalir deras tiada henti melewati pintu hati….

saat kerinduan ini terhujung dalam ubun – ubun, sungguh…sakitnya melaknat otak ini…menghempaskan aku kedasar jurang…menghenyakkan jasmani hingga tak berdaya, tiada tenaga…

saat hilang sosoknya bersama perhatian -perhatian yang diberikan, sungguh…hati tercabik – cabik merlaknat seluruh dunia

saat kenangan kembali menaiki dasar ruh, sungguh…sakitnya tiada mampu tertahan…tiada lagi motivasi untuk hidup, tiada lagi kobaran api untuk menghangatkan hati…dan rasa – rasanya kering… sendiri…

saat saat mengingat keindahan yang dulu kita lalui…oh….sungguh…itu hanya bagaikan golok kenangan yang meleburkan dada ini…sakitnya bukan main…

saat merasakan hal ini…begitu bodoh merana…motivasi hidup tiada lagi, melangkah maju tiada keinginan, tiada ingin menerima kenyataan, belajar tiada niat, dikeramaian bagaikan hidup bersandingkan nisan, mulut tiada berani membuang bahasa, dan harapan semakin membumbung tinggi untuk kembali seperti dulu, tapi itu hanyalah mimpi – mimpi berlaka….dan seakan – akan dunia memperolok kita…mencaci maki akan kehidupan kita…

wahai sahabat…aku tidak ingin mengatakan bahwa ini terasa berat…namun tiada berkatapun hidup ini sungguh berat…ingin rasanya aku tiada jasad…ingin rasanya aku tiada ruh….

wahai sahabat…pernahkah kau rasakan seperti apa yang aku rasakan….

merana….sungguh merana….itik kehilangan induknya tidak merana seperti ini…ia masih bisa berkwek – kwek memanggil induk….

sungguh merana…aku tiada bisa seperti itu…berkwek – kwek memanggil siapa diriku ini…sungguh….aku ingin dikasihani….saat itu….

wahai sahabat…ternyata aku saat ini…aku saat itu…telah bodoh….

wahai sahabat…ternyata aku saat ini…aku saat itu…telah dungu…

taukah engkau sahabat…

saat aku menyukainya…aku menghapus suka terhadap Sang Kholik

saat aku menyanginya aku menghilangkan sayang terhadap Tuhanku

, saat aku mencintainya…, aku mengambil cinta Sang Maha Pencinta

, cinta terhadap Tuhanku,Allah Swt…

saat aku dekat dengan dirinya,tanpa sadar aku menjauh dariPemeliharaku,saat aku memimilikinya, aku melepaskan Pengasuhku….

saat – saat itu, saat - saat aku mencintainya…terhapuslah cintaku padaMu

walaupun tanpa sadar…walaupun saat itu aku masih menyembahMu, walaupun saat itu aku masih ingat Engkau…tapi tetap saja…cintaku padanya, menghilangkan cintaku padaMu….

wahai sahabat…mungkinkah aku masih bisa mencari cinta kepada Tuhanku?

wahai sahabat…kini…saat ini….aku minta nasihatmu???

aku telah mendekatkan diriku dengan kebahagian….tapi aku melupakan Si Pemberi Kebahagian….

aku telah mencintai dunia ini dengan sepenuh hati….tapi tanpa disadari aku menjauh dari Si Pemberi Hati…

aku telah menjadikan keindahan dunia ini…tapi tanpa disadari aku merusak sebagian keindahan cinta Pencipta kepadaku…

wahai sahabat…bagaimanakah sebenarnya jalan hidup ini?

Rasa – rasanya…karena Seribu karena, Tuhan…

Karena…

karena seribu karena…

saat aku mencintai seseorang, sangatlah sakit kehilangannya…

saat aku merindukan seseorang, sangatlah sakit tanpa menemukan seperti dulu

wahai sahabat, benarkah???

karena seribu karena…

dengan mencintai Allah…aku tiada akan sakit…semakin aku mencintainya,,,semakin dekat ia denganku…dan rasa-rasanya aku tidak akan patah hati…

semakin aku merindukannya…semakin aku menyelami kesejukan nurani,sungguh nikmat yang tiada aku pernah rasakan….selalu bertambah…bertambah tanpa ambang batas….

semakin aku memberikan cinta ini…semakin Allah mencintaiku…semakin merasakan bahwa ia mencintaiku…

Rasa – rasanya…dendang perjaka, kepada Tuhannya…

wahai Tuhanku…tuhan yang mencintaiku…

perawan sungguh memikat diriku, maka tegarkanlah imanku terhadap apa yang memikat hatiku…

wahai tuhanku…tuhan yang mencintaiku…

keindahan dunia ini membutakan diriku, maka jadikanlah surgamu untuk membukakan mataku….

wahai tuhanku…tuhan yang mencintaiku…

kenikmatan ini mengeraskan hatiku…maka lunakanlah hati ini dengan sedikit ingatan ayat – ayatmu…

wahai tuhanku…tuhan yang mencintaiku…

perjaka ini sungguh berat…ubun – ubun seakan pecah, kaki enggan melangkah, hati tiada arah, dan mata tiada melihat….alihkanlah perjaka ini…kedalam pandangan surgamu,….

wahai sahabat…nasehatilah diriku ini…begitu hina dan dungu caci maki dunia ini…

wahai sahabat…kuatkanlah diriku ini…begitu na as dan menggenaskan semakin dewasa diri ini…

wahai sahabat….

Yogyakarta, 21februari 2007

dendang itu masih selalu berdendang….

dentum itu masih selalu berdentum…

detak itu masih selalu berdetak…

selalu…dalam keimanan

selalu…dalam nafsu

selalu…dalam bolak – baliknya hati

Huff….G nyangka ya….aku bisa nulis kaya gini….Indah juga, dalam juga maknanya….hahaha….Aku suka banget saat ne baca ini…mungkin benar…, “Dia Tidak akan membuat patah hati kita…, dan kita akan selalu jatuh cinta”

Monday, April 12, 2010

Perjalanan PD UGM dari masa ke masa dimana aku terlibat sangatlah panjang. Penuh suka dan duka, dimana suka membuat hidupku berkesan dan betah di perisai diri UGM, sedang duka yang tercipta dari masa ke masa membuat aku lebih dewasa, lebih mencintai keluarga ini. Langsung aja  deh, dari awal aku masuk kesini, ke PD UGM.

Awal aku masuk kesini, mungkin bukan karena keinginan, tapi suatu kewajiban. Dengan bekal masuk UGM lewat jalur Olah Raga (Penelusuran Bibit Unggul Olah Raga dan Seni) aku secara resmi masuk UKM PD UGM tahun 2006.

Awal masuk (sebelum latihan) , penyambutan begitu hangat, disambut oleh mas toni, mas ari, mbak dewi dan teman – teman lainnya. (polos mode on). Saat latihan, mulai timbul masalah. Ada gejolak pola latihan, ada berbedaan pola latihan, begitu membosankan, begitu menjenuhkan. Dari SMP sampai sebelum masuk UGM, latihanku dikondisikan untuk menjadi seorang fighter (Naluri pembunuh), kini menghadapi situasi dengan pola latihan teknik (di PD UGM) gejolak mudaku untuk latihan dengan naluri seorang fighter berontak. Aku G betah disini..!!!Pelatih FIghter G ada sama sekali.kecewa dengan pola latihan, adaptasi susah, dan pisimis bisa berprestasi dengan pola latihan seperti ini, stress!!.

Ternyata waktu membuat diriku beradaptasi, gejolak mulai mereda, akal mulai berjalan, menjadikan motivasi berbuat sesuatu untuk diri sendiri. Latihan sendiri!!!Yah…latihan sendiri!!!Sampai disini aku menemukan pola latihan untuk mempertahankan naluri fighter ku meskipun dalam kenyataannya mulai berkurang.

Dalam organisasi, manajement PD UGM pada saat itu masih kacau dan berantakan (Masih dalam masa pemulihan setelah hampir terjadi kekosongan pengurus). Di ketuai oleh toni bersama ari, dia berusaha untuk mempertahankan eksistensi PD UGM. Wakil ketua saat itu mas angga, tapi angga masih aktif di UNY, jadi G pernah muncul di UGM.Ne foto mas toni dan mas ari

xUrang eXtended (85) Mereka berdua lah yang mencoba untuk mempertahankan keberadaan PD UGM

Di masa – masa mereka, anggota PD UGM hanya segelintir orang (yang latihan tidak lebih 10 orang) dan gersang (karena jarang sekali ceweknya, bahkan G ada sama sekali, cuma mbak dewi aja )

xUrang eXtended (17) Ne foto mbak dewi, dia itu sing ngopeni aku, gateke aku…dia mampu berperan sebagai seorang kakak bagi diriku, tempat curhatku, tempat berbagi, tempat manja, tempat jahilin…hehehe

Tapi dengan kegigihan mereka bertiga (turut aku acungi jempol), mereka mampu mempertahankan segelintir orang menjadi kelompok yang begitu kompak dan solid. dan juga mampu merekrut anak – anak laen sampai anggota berjumlah 16. Meskipun sedikit, jumlah itulah cikal bakal kita yang saat itu. Hingga pada saatnya tibalah pergantian pengurus, dengan acara makrab sebagai acara LPJ dan pergantian pengurus. Oh ya…sebelum makrab pada tahun itu, kita cerita dulu tentang siapa – siapa aja yang saat itu udah aktif sampai sekarang….

Klo pelatih tentu mas bari, mas junda, mas imron, dan mas pras selalu dari ada dari masa ke masa. ini foto mereka saat waktu itu…

Ne fotonya mas pras:xUrang eXtended (11) Ne fotonya mas imron dan mas prass:

xUrang eXtended (49) Ne fotonya mas junda:

xUrang eXtended (52) Ne fotonya mas bari:

xUrang eXtended (77) Nah…terus anak – anak yang latihan sapa aja???

Ne anak – anaknya yang latihan dulu sampai sekarang masih aktif:

xUrang eXtended (12)xUrang eXtended (38) Sapa coba ini….Hahaha.,, jelas ne si Pesulap kebanggaan Perisai Diri, SI tukang bayol, si tukang lawak, alias bang Kadir. Bagi pribadiku, khussusnya, beliau merupakan kakak sekaligus panutan pada hari – hari kemudian. Ada cerita yang sangat berkesan tentangnya dari diriku…. Salah satu orang penting yang menjadikanku lebih semangat di PD UGM, orang yang ngopeni aku juga pada cerita –cerita selanjutnya.

xUrang eXtended (81)xUrang eXtended (83)

sapa coba si cakep ini, tak lain tak bukan iksan. Dari dulu sampai sekarang, dia tuh kalo latihan selalu teratur, sistematis, jarang berimprov, tapi karena ketelitiannya itu, bagiku si pemilik teknik perisai diri terbaik dari dulu sampai sekarang, aku akui dialah orangnya

xUrang eXtended (73)333Ne mas mada, masih cakep…iya to???Trus di belakangnya sapa coba tebak??? tuh imut – imut banget. sapa lagi klo bukan ipul, dulu de panggilnya de ipul, coz masih imut – imut….

xUrang eXtended (45)xUrang eXtended (58)sapa coba tebak???This my partner, teman dalam segala hal untuk kedepannya. Klo pada saat foto ini dibuat, kita belum saling mengenal lebih dalam. Tapi pada masa – masa selanjutnya, dialah yang menjadi teladan bagiku, partner kerjaku, spiritku, dan juga teman berbagi dalam duka dan suka (tapi bukan homo). banyak sekali  cerita yang akan kami buat pada masa – masa mendatang, masa setelah acara makrab kali urang ini berakhir. Dialah super Kendo …alias kendo alias irfan effendi.

  andy Hahaha…ngakak sendiri klo liat foto ini.. Item, culun, sok cakep, kangen band banget….hahaa….apalagi liat foto ku yang dibawah ini..

xUrang eXtended (54)hahaha….minum teh anget dulu…cuy!!! Ne habis lepas dari pondok pesantren (SMA N 1 YOGYAKARTA). kok jelek banget ya aku..jangan – jangan sekarang juga jelek seperti ini ya???

Nah pada acara makrab ini pada intinya adalah pergantian kepengurusan. Pada keputusan ini, diputuskan bahwa aku menjadi ketua UKM Tahun 2006- 2007 (jedeng!!!) dan Kendo sebagai Ketua I nya. Sebenernya kendo yang berhak menjadi ketua,tapi karena dia tak bersedia dikarenakan masih menjabat ketua pemuda di Desanya. Dari sinilah, awal cerita ku berlangsung…awal perjalananku dengan kendo terjadi. Awal dari kecintaanku pada keluarga ini.

xUrang eXtended (20)  Dengan modal dan semangat teman – teman, kita berjuang bersama – sama. Latihan dengan sedikit orang, dan pengalaman organisasi yang sangat – sangat minim (langsung jadi ketua) membuat awal – awal kepengurusanku tersendat. Aku masih tergantung pada mas toni dan mas ari, padahal mereka bukanlah pengurus lagi, bukan menunjukan bagaimana cara membantu, tapi hanya memberi saran – saran. Hampir 2 bulan aku gagu, bingung harus bagaimana….disamping belum bisa terlepas dari mas toni dan mas ari, aku juga bingung dengan kesibukanku kuliah. Di tengah kebuntuan itu, kendo mulai berperan. mulai memberikan semangat dan motivasi serta dapat menjadikan dirinya sebagai partner kerja yang baik. Acara yang pertama yang aku lakuin adalah maen kerumahku dan pantai trisik. Disana terbentuklah panitia buka puasa. Dari sini mengalir sebuah keinginan utama dalam kepengurusanku yakni “Mencari anggota sebanyak – banyaknya (terutama cewek) dan mengaktifkan /meramaikan Markas UKM”. Sederhana, tapi dibutuhkan perjuangan yang keras dan tidak mudah. Karena mempertahankan itu lebih sulit daripada mencari,d an memang itu benar adanya. Apalagi mencari anggota cewek, bukan maen susahnya…tiap ada anggota cewek, latian satu hari , hari berikutnya ilang. Kita sebagai cowok, bingung memikirkan model pendekatan seperti apa. Judeg!!!!

Awal kepengurusanku, setelah maen ke rumahku, dengan pertimbangan “washting time”, karena kesibukanku selain kuliah juga ngurusin UKM, maka aku putuskan untuk tidur UKM (tinggal di UKM). Disinilah awal yang menjadikan peran bang kadir penting bagiku. (Waktu itu bang kadir juga tinggal di UKM). Tinggal di UKM tidaklah membuatku bereforia terhadap kebebasan, justru memberikan kedisiplinan tinggi. Nilai kuliahku meningkat tinggi dan prestasiolah raga juga menanjak, bahkan organisasi mengalir (UKM mulai ramai, karena komputerku aku bawa kesini). Banyak sekali kelucuan dan kegilaan yang terjadi di UKM, terutama dengan bang Kadir. Misalnya: Katanya Bang Kadir, klo aku tidur itu kaki dan tanganku kemana – mana, ampe katanya kepala bang kadir pernah kepukul tanganku. “ah…G mungkin!!!” ujarku tak percaya. Nah..pada suatu malem, Ternyata Bang Kadir jahil, batas kita tidur diberi sekat pedang dan toya. Nah….malem itu aku baru percaya…karena tanganku sakit mukul toya dan pedang….Uh…ternyata tidurku mengerikan!!!Laen hari – laen lagi ceritanya….Dulu kan aku sering sholat malem (dulu banget nech ceritanya, sekarang G!!!), Nah…usai sholat kan biasanya kita berdoa (tentunya tangan kita naek ke depan   dada),

image Nah…kurang lebih kaya ini aku berdoa…..Pas lagi khusu’ –khusu’ nya, aku kaget banget tuh, kok tiba – tiba aja ada sarimi jatuh dari atas, pas di tanganku….langsung aku liat ke atas ..eh..G taunya Bang Kadir udah ketawa ngakak!!!katanya “dongane kabul, dapet sarimi…wkwkwkwk!!!!” secara reflek aja aku misuh – misuh ma dya dan juga ikut ketawa ngakak!!Jangkrik..jangkrik…Cerita laen nech,….Suatu hari, pas hari Jum’at tuh…kita kan siap – siap mau jum’atan, tiba – tiba aja bang Kadir kok nyuruh aku berangkat dulu, katanya perutnya sakit , mau boker dulu. Ya Udah…aku berangkat dulu….Nah…setelah selesai sholat jum’at, aku balik ke UKM tuh…tapi kok UKM di kunci, dan radio nyala sedang menyiarkan sholat jum’at. Aku intip tuh lewat lubang – lubang pintu,….langsung aja ngakak!!!saat Radio allah Huakbar, ternyata Bang Kadir juga ruku..dan selanjutnya…Ternyata Bang Kadir sholat jum’at dengan imam radio…huahahaha…..ngakak aku!!!!alasannya setelah aku tanya “udah telat e….jadi ya sholat disini aja, pake radio kan sama!!wkwkwkw…..

Tapi banyak sekali pengalaman so sweet bareng bang Kadir, tiap aku tidur …klo  selimutku lupa g tak pake, aku diselimuti. Klo Pas aku sakit…sebelum dikeroki Mas Bari, pasti bang Kadir yang ngopeni aku…yang ngerawat aku. Sering Bang Kadir Beliin maeman aku, kadang dia G perhitungan. Aku dianggep adenya. Klo aku lagi mumet, dia selalu menghiburku…Dan Dia jugalah yang selalu bangunin aku sholat malem dan belajar malem. Dia mampu berperan sebagai kakak dan teman bagiku. Ada pengalaman yang tak terlupakan bagiku…saat itu romadhon, di hari – hari terakhir, anak – anak lain sudah mudik, tinggal aku sama bang Kadir. Harusnya aku juga ikut pulang, tapi aku G tega, ninggalin bang kadir sendiri.  waktu itu H-1 lebaran, pada waktu yang harusnya aku pulang, aku hampir nangis gara – gara G tega banget ninggalin bang kadir. tapi dengan berat hati aku tinggalin bang Kadir. (Bang Kadir klo G salah, ada JOB di hari lebaran, jadi dianya G mudik). Dan aku, pada hari ke tiga balik lagi kesini, demi menemeni bang Kadir. co cweet!!!Ada lagi kisah yang sangat mengharukan….Waktu itu UKM sedang mengalami renovasi besar – besaran, ruang UKM tidak bisa ditempati. Nah…secara otomatis kita ke gusur, dan tak punya tempat tidur / tempat tinggal. Untungnya Bang Kadir punya koz untuk nyimpan barang – barang sulapnya, meskipun sempit dia tetap mau menerima aku bobo situ,  sebagai tempat tinggalku sebelum aku dapat koz. waktu – waktu itu berlangsung lama sampai renovasi selesai, dan kadang bang kadir buatin sarapan aku, so sweet banget….

Berlanjut ke kisah UKM pada umumnya. Buka bersama PD UGM kepengurusanku, memiliki dampak yang sangat luas, selain aku bisa lepas dari ketergantungan pengurus lama, aku juga tahu siapa saja yang bisa aku ajak kerjasama untuk memajukan PD. Hari demi hari, kegiatan PD mulai terprogram, semua hal dilakukan untuk mencari anggota sebanyak – banyaknya. Semakin giat hal dilakukan, semakin banyak gagalnya, tapi kita tidak putus asa. Berbagai cara pendekatan dilaksanakan dijalankan. Saat itu muncul Kurniawan Adi Sarjono. Ne orangnya :

IMG_2182 Yang G pegang micropone.

Nah…Si kurniawan ini lah yang akan jadi partnerku dalam menggerakkan UKM. Klo Kendo selalu memecah kebuntuanku dalam “apa yang harus ku perbuat” dan “menghidupkan kembali UKM”, maka kurniawan lah yang membantu  menggerakan sistem organisasi pada umumnya, dan khususnya “keuangan” (tukang tagih utang apek tenan). Kita bertiga saling mengisi satu sama laen dimana tujuan utamanya “mengusahakan UKM PD bertambah banyak anggotanya”. Salah satu ide yang keluar dari pemikiran kita adalah upaya “menonjolkan art (seni) beladiri sebagai daya tarik”. Upaya ini direalisasikan dengan lebih konsentrasinya kita ke acara – acara demonstrasi. Imbasnya kita lebih mengembangkan teknik – teknik senjata yang lebih menarik ketimbang kekerasan dan teknik membunuh. Teknik kipas dan teknik toya menjadi garapan utama Mas Bari dkk dengan promotor Aku, kendo dan kurniawan. Dari situ kita membuat kipas 12 dan membeli toya banyak ditambah double stick. Acara – acara seperti Upacara penerimaan Mahasiswa Baru, Gelanggang Ekspo, dan melatih mahasiswa asing teknik senjata (yang ikut Perisai Diri) mendatangkan anggota yang lumayan banyak. Ne anggota orang luar negeri yang latihan di PD :

100_0295 Aku lupa namanya….tapi dia latihan dengantemannya. Karena dia tidak mengerti bahasa englishku (mereka kurang bisa bahasa inggris baik dan benar , wkwkwkwk….kebalik ding!!), maka aku cuma bisa yes no, klo lagi ngajarin mereka kipas.wkwkw….

100_0294 Nah,….itu foto kita bareng – bareng, saat mereka mau perpisahan, nah..cewek yang bawa kipas itu dinar, itu klo G salah anggota cewek pertama kita yang sampai sekarang masih aktif.

(intermezo)……

eits…tunggu dulu, ne wajahku dipengurusan kurniawan, udah bertransformasi menjadi andy yang G culun….

DSC01608 Masih alim, wkwkwkw….tapi berani maen remi….ne judi lho !!!(hahaha…bercanda), ne fotoku yang tampak depan :

NNah…itu aku, masih alim kan!!!wkwkwk…padahal sebelum foto, aku G pake baju, trus karena semua baju kotor, akhirnya pake baju itu..hehehe (bo ong juga!!!)

100_0303klo si mike (klo g salah) tatonya cuma di bagian lengan, maka tatoku adalah di bagian???(liat G??)..yub,,,.seluruh kulitku itu tato..wkwkwk..masa G liat???

(intermezo selesai……….) 

Mulai dari situlah, anggota – anggota baru mulai berdatangan. Aku masih inget, anggota cewek yang datang pada saat itu pertama kali adalah Rusda kemudian Dinar. Nah…selanjutnya mulailah banyak cewek – ceweknya di PD UGM .Ne anak - anaknya:

P1010001 Ne dinar sama bang kadir, G tau tuh lagi ngapain…!!!wkwkw….

Nah…dengan adanya hal – hal seperti itu, anggota kita mulai banyak tuh, baik cowok maupun cewek….Selanjutnya hal yang harus kita pikirkan adalah bagaimana agar anggota kita bisa akrab dan betah latihan di UGM. Nah terbesit kata outbond, pada akhirnya outbond pertama dilakukan , dan outbond ini menjadi trend tahun – tahun selanjutnya karena efektif sekali mempertahankan anggota dan membuat akrab anggota satu sama lainnya.

Ne foto – foto pas kita lagi outbond:

P1010005 Ne lagi mau berangkat ke lokasi outbond di kalikuning, tuh..bang kadir pamer gigi.

P1010002

Ne lagi pemanasan. Liat iksan (depan sendiri keliatan culun), dan kurniawan yang sedang nyari uang.

P1010024

Nah…ini aku, lagi maen di permainan outbond. Tuh anggota kelompokku, ada ipul, jalu (yang sekarang krebo), dan dinar…

Bulan demi bulan berganti, dan akhirnya, tiba saat pergantian kepengurusan, aku harus lengser dari kepengurusan. DIsinilah mulai ku sadari, betapa masih banyak yang harus aku lakukan untuk PD, betapa tujuanku belum tercapai, dan target organisasi belum terlaksana. Dengan menyisakan kekacauan administratif organisasi, aku meninggalkan jabatan. (administrasi tak jalan babar blas, surat menyurat dll).

Namun, yang perlu digaris bawahi, bahwa dari mulanya naluri figh menggebu – gebu, pada akhir kepengurusanku aku memiliki pemikiran baru, pemikiran yang perlu di INGAT –INGAT buat anak – anak yang latihan, terutama anak PBOS seperti Nadya, gigeh, alfredo, eny, dan mahasiswa PBOS laen. Pemikiran itu adalah dimana ternyata TIDAK BISA APABILA KITA SEBAGAI MAHASISWA UGM, UNTUK BISA OPTIMAL BERPRESTASI DALAM BIDANG KITA, MENJADI SEORANG FIGHTER. KITA BUKANLAH FIGTER, KITA ADALAH ORANG YANG FOKUS DALAM KONSENTRASI BIDANG KULIAH KITA, FIGHTER DENGAN BIDANG KULIAH KITA. JANGAN TERLALU KECEWA DAN TERFOKUS UNTUK MENJADI SEORANG FIGHTER, TAPI FOKUSLAH PADA BIDANG KULIAH KITA, NAMUN JIKA ADA KESEMPATAN MENJADI SEORANG FIGHTER, ATURLAH WAKTU KALIAN DAN OPTIMALKAN KALIAN UNTUK DUA HAL YANG BERTOLAK BELAKANG'”TENAGA PEMIKIRAN DAN TENAGA FISIK”

Selanjutnya pada kepengurusan tahun setelah aku, Kurniawan menjadi ketua. Dan Kendo wakil Ketua kembali. Sedangkan aku koordinator bagian pengembangan bakat dan minat. Mulai Disinilah aku melakukan kesalahan, saat kepengurusan kurniawan, aku terlalu mengharapkan dia lebih sehingga hal – hal yang dilakukan kurniawan membuat aku kecewa. Aku minta maaf ya kur, karena selama kepengurusanmu, aku selalu mendiktator dirimu. Mungkin dirimu jarang muncul lagi di UKM juga salah satunya gara – gara aku yang terlalu berharap lebih. Bukan maksudku kur, maafin aku!!!. Aku masih inget kok, kenangan indah yang kita lalui bareng – bareng, sering aku ma kurniawan beli lauk bareng, dan nasinya aku tanak sendiri. Curangnya, dia tuh males banget asah = asah (cuci piring)…aku dech yang sering jadi kalahan untuk nyuci piring, tapi setelah itu aku masih inget kita trus buat jadwal siapa yang cuci piring setelah maem di UKM. Sering kurniawan yang beli lauk, trus aku yang nanak nasi. hahaha…jadi inget kenangan itu, yang bagiku, itu salah satu kenangan indah. Tapi sekali lagi aku minta maaf ya kur, karena mungkin kamu g bisa bergerak leluasa sebagai ketua, aku hanya ingin kamu juga turun campur tangan. Kekecewaan ku pertama padamu, pas GELEX ( Gelanggang Expo ) tahunmu, aku sendiri yang membuat stan, sedangkan kamu nampak sekali ogah – ogahan bantu aku….(padahal kendo lagi KKN). Padahal aku berharap lebih dari sekdedar membantu, tapi juga menginisiasi kerjaan itu. Tapi, lupakanlah!!!mungkin kita berbeda pemikiran dan konsep. Terlepas dari kekecewaan, dia adalah sosok sahabat yang mampu memberikan rasa humor berbeda. Cakep orangnya, tinggi gede, tapi agak solopok. Dia slalu goblok – goblokin aku, padhal dia itu yang goblok…wkwkw…inget aku pas dia di kerjain sama bang kadir, bang kadir sms ngaku – ngaku cewek, nah sama kurniawan ditanggepin sampai beberapa hari. dan beberapa hari kemudian baru tahu klo itu nomernya bang kadir,.,wkwkwk…kacau!!!selain itu ada yang lola lagi (loading lambat). Pas itu , de langit kan ngasih rincian tentang keuangan kegiatan buka puasa bersama, nah de langit itu udah nyatain totalnya berapa gitu…Nah…pas itu kurniawan dengerin serius banget tuh, trus setelah de langit diam, tiba – tiba aja kurniawan nyeletuk “jadi totalnya berapa de langit"?” serius gitu mukanya….Ya kontan aja, kita semua yang ada disitu ketawa ngakak dan ngoyo – ngoyo kur – kur Lola…oalah kur!!!

Di tengah – tengah kepengurusan , kurniawan jarang sekali muncul, selain karena skripsi, juga mungkin ‘karena aku’. kepengurusan di back up kendo dan temen – temen lain. Di sinilah aku mulai belajar dari kendo. mulai mengaguminya. Diam, tenang, tapi mampu memanagemen segalanya. mampu mengendalikan segalanya. This real…Mungkin, dialah pemimpin yang sebenarnya dari kepengurusanku sampai sekarang. Justru kelebihannya adalah mampu membuat semua orang memegang peran, dan merasa dirinya bukanlah orang yang penting (tidak menonjol), berbeda sekali dengan aku….Yang selalu ingin dominan. Kita sering sekali bercerita tentang banyak hal, mulai dari hal yang penting, sampai g penting, mulai dari yang pribadi sampai yang g pribadi, Dia mampu menjadi es dalam gejolak membara, mampu memberikan aku saran – saran yang memang mendewasakan. Tapi, Pada masa – masa yang akan datang, seorang wanita merebutnya dariku…T.T, dialah de Nina…Saat itu datang, kita udah jarang lagi cerita – cerita, meskipun sering ketemu, kita udah jarang maem bareng lagi, meskipun kita ada dalam satu ruangan, kita jarang menggila bareng lagi, meskipun kita ada bersama. Tapi aku bahagia, karena dia juga bisa bahagia, kini Kendo dan nina merupakan bagian yang membuat aku sering menggodanya….wkwkw…..

Kepengurusan kurniawan memberikan beberapa tinggalan dimana anggota semakin banyak jumlahnya, Pada saat itu, berkat GELEX (Gelanggan Ekspo) muncullah eca Cs. Beberapa ekor temen – temennya eca, yakni Sari, dita, Najwa terbuai oleh marketingku…(ini serius, ungkapan dari eca sendiri). Kemudian disusul Silvia Dwi (aca), yang emang mencari perguruan silat. Dan juga Nina yang emang daftar, saat itu yang nerima pendaftaran aku juga. Ne foto – foto mereka

IMG_2367 Ne foto mereka pas sabuk putih, ujian kenaikan tingkat di UGM. Sementara itu, dita lebih memilih menjadi penyiar Radio dan berhenti di dunia persilatan, sedangkan nantinya acha, nina, najwa, sari, dan eca menjadi dedengkot Perisai Diri.

Aku kurang inget, apakah de dian daftar pada kepengurusanku atau kepengurusan kurniawan, tapi yang jelas,…dian bisa bergabung dengan eca Cs dan menjadi dedengkot juga. Ne foto dian:

DSCN1697 Nah,…noh…, lagi apa e de??kamu kok senyum – senyum….

Lalu muncul mbak fitri juga. Dia pada akhirnya akan menjadi bagian dari PD UGM sebagai si Dewasa, dan perannya secara pribadi bagiku, mampu menggantikan mbak dewi, sebagai kakak.

Nah…secara keseluruhan, anggota perisai diri UGM pada masa kurniawan (2008-2009) menjadi sangat banyak. Nah…ini gambar anggota PD UGM pas ikut acara UKT 2009 januari.:

P3010006Ne anggota cewek perisai diri pad tahunnya kurniawan, inilah cikal bakal cewek PD UGM, yang membuat cowok – cowok betah latihan disini 

P3010022Trus ini, jumlah keseluruhan anggota PD UGM pada tahunnya kurniawan. Dimana aku? klo G salah, pada saat itu, aku sengaja menghilang, gara – gara ada masalah pribadi..wkwkwkw……dan aku mulai muncul lagi saat ada Kejuaraan POMDA 

Selain itu, PD UGM mulai bergaung dalam kejuaraan DIY-JATENG di UNS solo, semua atlet memperoleh medali di KEJURNAS BALI, dan PD UGM mulai bangkit untuk bersiap – siap kompetisi ke Kejuaraan Nasional dan INternasional pada tahun- tahun berikutnya. Di Kepengurusan kurniawan, prestasiku juga mulai bergaung “kembali”.

 

1_189043876l

Ne atlet – atlet kita yang berjuang di KEJURNAS PD UGM, di manager i Nina, membuat mereka lebih bersemangat untuk memboyong medali dan piala.

Selain itu, di kepengurusan kurniawan, kita menjadi jauh lebih kompak, meskipun kurniawannya sendiri sibuk dengan urusan kuliah, namun tetap saja kepengurusan ini memiliki gebrakan yang benar – benar hebat dalam acara – acara dan kegiatannya. Salah satu gebrakan itu adalah adanya acara “one day competition DIY-JATENG”. Bagiku acara ini hebat!!!karena anak – anak mampu membuat suatu acara pertandingan yang begitu besar. Saat acara ini, aku hanya bisa membantu awal – awal, karena aku ikut KKN. Ne foto – foto kita:

DSCN1655 Panitia sibuk setting tempat

DSCN1678 Panitia in action…jualan minuman dan pin dan pulsa axis…minumnya C2 (wkwkw..dpt seponsor itu bu…)

DSCN1782

Panitia dan atlet PERISAI DIRI UGM yang memperoleh medali pada acaranya sendiri….wkwkw…kita juara lho!!!!

DSCN2364Ne anggota semuanya minus aku…wkwkwkw…buanyak banget kan??? 

Nah….kepengurusan kurniawan meninggalkan jumlah anggota yang jumlahnya tidak maen – maen. baik cowoknya maupun ceweknya. Tapi sedikit bocoran nech!!!Dulu, kita dipusingkan dengan sulitnya mempertahankan anggota cewek. Setelah tau trik bagaimana mempertahankan anggota cewek, kini kita dipusingkan dengan hal lain, yakni terkadang cewek – cewek itu sering ngambek, mudah tersinggung, dan kadang marah – marahan. belum lagi urusan suka menyuka. Nah…Jedeng!!!kita dipusingkan dengan hal seperti ini sekarang..wkwkw…Apalagi nanti, saat adanya TC (training Center) dimana kadang ada cewek yang ngambek, G on time (klo dimarahi ngambek), trus group-groupan (ngeGank), ngegosip, wuh…..susah banget tuh!!!rasanya G enak latihan….wkwkw….Tapi untuk kita saling back up, jadi masalah – masalah seperti itu sering malah menjadikan kita saling kompak dan dekat.

Meskipun kepengurusan kurniawan sukses dalam menggaungkan PD UGM, dan merekrut lebih banyak anggota daripada kepengurusanku, namun tetap saja urusan administrasi tetap menjadi urusan utama. Dan di kepengurusan setelah kurniawanlah, urusan ini mulai membaik.

Kandidat terkuat kepengurusan selanjutnya ada dua, yakni malik dan eca. Oh iya…munculnya malik itu tiba – tiba, katanya untuk masuk ke PD UGM, dia sudah mengamati kita latihan selama 1 bulan,. wow….. dan akhirnya melalui voting, terpilihlah Maliq sebagai ketua dan Eca wakil. Disini, lagi – lagi kendo menempatkan diri kedalam jabatan yang sangat berperan, dan mungkin kendo sudah tahu sisi kekurangan kita, yakni sisi administratif, sehingga kendo memilih sekretaris untuk jabatannya. Aku masih dipercaya pada sisi yang ngurusi kurikulum latihan, acara exsibisi, dan Training center.

Oh…iya, sebelum kepengurusan malik, (berarti kepengurusan kurniawan), kita juga membentuk sub UKM, wkwkw….dimana sub ukm ini memfasilitasi kita untuk melakukan kegiatan laen bareng – bareng anggota PD. nampaknya sub ukm ini sangat membantu untuk mempererat keakraban, ada sub UKM Futsal, sub UKM bulutangkis, Sub UKM nonton bareng, sub UKM touring /jalan – jalan bareng. Sub UKM Bulutangkis latihan tiap hari Kamis di Lembah UGM (klo G salah). Ne gambar – gambar saat kita melaksanakan kegiatan sub UKM :

 DSCN1462 Ne team futsal kita pas mau tanding futsal antar UKM di gelanggang

DSCN1460ne aku ma mas mada, gara – gara kita kalah, aku jadi stress kaya gini. trus tiba – tiba aja gejala ayan!!!wuih…..rame banget pas itu nolongin aku, lidah menjulur, keluar busa, tangan kaku, dan mata melotot. (bo ong mode on),hehehe….

 DSCN1897Tuh, si BK (bang Kadir) lagi ngejek musuhnya pas badminton. Trus malik shok banget liat bang kadir. Malik said “wah, satu team ma orgil, susah ne menangnya..”.wkwkwkw…peace bang!!!

 DSCN1899Ne angga ma mas hanif, dia nyoba memenangkan pertandingn ini, wkwkwk…. 

DSCN1921Ne pas kita makan di pinggir jalan, pas mau beli toya di solo. Aku dimana?aku masih kkn 

DSCN1927Ne kita jalan – jalan disekitar an jogja aja, ne dalam rangka menemani Hero (temen kita yang dari jepang n sekarang dah balik ke jepang,besok aku buat blog spesial tentang dia) 

DSCN2057ne dalam rangka peringatan 17 agustusan, main ke tempat Cak man (bapaknya langit, indra, jagad, tatit, lintang, dan pelangi). kita nyemangati mereka yang lagi ikut kejuaran 17 an….ne foto mereka pas maen,..

 DSCN2103seru, itu indra sama tatit lagi ambil uang diterong, wkwkwk….belepotan angus… 

DSCN2110

ne jadinya….wkwkwkw…tuyul – tuyul maenan angus….

DSCN2216ne kita lagi maen – maen ke pantai trisik (pantai deket rumahku!!!), trus aku mana? ini ceritanya mereka sebelum liat aku ikut jatilan dalam rangka festival budaya di daerahku..nah, aku lagi joged pas mereka dipantai…G percaya??ne fotoku…..

100_6205Nah…tu aku…lagi nari leak ceritanya….pokoknya keren dech!!!! 

101_2360jurus laenne…wkwkwk….mau kilat T, hehehe..g ding…itu rangkaian tari kok!!! 

Habis itu, mereka maen ke rumahku, n maem pecel lele temen….Trus ceritanya hero (anak jepang itu) sakit, dan akhirnya tidur rumahku…hehehe…dan pulang paginya….

Masa kepengurusan malig adalah masa sekarang, ya masa dimana aku berada sekarang…seperti apa wajahku sekarang…beda lah ama wajahku yang dulu…..

liat perubahannya…

andy before……

DSCN1130

after…. (G jelas ya…..)ne yang jelas…

 

andy Nah….klo dibandingin dari yang dulu lebih cakep kan??tapi klo dibandingin aslinya jauh lebih cakep yang aslinya….hehehe……

Nah…inilah wajahku masa sekarang, bagaimana dengan wajah PD dimasa sekarang??masa kepemimpinan malik????

Jawabannya adalah luar biasa…..aku tak menduga…bahwa kerja sama yang berkesinambungan dengan proses yang alami dan pembelajaran mencari anggota yang kontinue mampu merekrut anggota yang banyak sekali. Lebih dari 30 peserta yang aktif latihan, bahkan pada outbond kemaren daftar peserta outbond sebanyak 60 orang, sedangkan data dari arsip kesekretariatan yang di arsip oleh silvia dwi anggota mencapai 117 orang….jumlah yang bukan maen – maen menurutku…sedangkan pada saat ini tadi aku tulis ( aku menulis blog ini kira  - kira lamanya 2 minggu) ada 3 pendaftar peserta baru. Anggota baru tidak hanya mahasiswa saja, melainnkan juga anak – anak yang dititipkan orang tuanya untuk berprestasi. Namun disini rasanya timbul masalah bagi saya khususnya dan bagi pengurus khususnya. Bagi saya, aku punya pemikiran, bahwa tujuan orang tuanya memasukan ke PD pastilah untuk berprestasi (karena masih kecil – kecil tuh), nah…belum sempat tercapai cita – cita saya, yakni melatih/menjuruskan anak – anak itu agar belajar teknik fight (teknik pertandingan). Tapi mungkin seiring berjalannya waktu, hal ini akan terlaksana.

Bagaimana sisi administratif>???wkwkw…jawabannya adalah exellent….bagaimana tidak, kita dinobatkan sebagai satu – satunya ukm beladiri yang mendapatkan predikat nilai A. Selain itu, pada lomba managemen UKM, kita mendapatkan juara I. Keren G tuh!!!sisi administratif sudah mendapatkan sentuhannya di kepengurusan nya malik, mulai dari iuran kas, colected formulir pendaftaran, surat – menyurat, dan hubungan UKM dengan rektorat. bahkan kita juga udah membuat web site yang bentar lagi akan diluncurkan….www.ukm.pd.ugm.ac.id

gila G tuh!!!pengurus mampu merombak semua hal yang tiga tahun lalu, dirasa sangat tidak mungkin…ini kemajuan yang sangat besar sekali bagi PD UGM, dan yang harus dilakukan agar tidak sia – sia adalah pola kaderisasi…ya, yang perlu diperhatikan adalah pola kaderisasi agar pola ini tidak hilang.

dalam masa kepengurusan malik, sub bagian – bagian sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti mading UKM yang selalu update, kebersihan UKM yang selalu terpelihara (nyinder sich!!!), inventarisasi alat yang nambah buanyak!!!, Kegiatan – kegiatan pengembangan minat pencak silat para anggota apakah diarahkan ke fight, ato ke seni, ato bahkan ke organisasi. Selain itu runtutan acara yagn selalu terstruktural dan terprogram.

kegiatan – kegiatan yang dilakukan pada kepengurusan malig banyak sekali….akan saya buat blog sendiri.