Total Pengunjung Blog

Blog Archive

Followers

Popular Posts

Friday, September 23, 2011

image Di Industri Farmasi dikenal berbagai macam air (Water for Pharmaceutical use) yakni :

1. Drinking Water

2. Purified Water

3. Highly Purified Water

4. Water for Injection

5. other grades of water

1. Drinking Water

Air yang sehari – hari kita minum dan berasal dari sumber alam yang tersedia seperti springgs, wells, rivers, lakes, dan laut. Treatment yang dilakukan pada air ini juga hanya terbatas dengan kriteria asalkan dapat diminum secara aman oleh manusia. Treatmen yang dilakukan seperti  softening (penghilangan kesadahan /zat Calsium dan Magnesium dihilangkan), removal of specific ions (ion spesifik yang dihilangkan seperti bebas klorin), particle reduction (reduksi jumlah partikel dan ukuran partikel yang tidak sesuai seperti lumpur, pasir), dan antimicrobial treatment (penghilangan microba biasanya dengan pemanasan ataupun UV).

2. Purified water

Purified water merupakan air yang disiapkan dari sumber air yang dapat diminum (potable water source as a minimum-quality feed-water). Di sini sudah harus memenuhi spesifikasi dari pharmacope seperti kandungan kimia dan mikrobiologi (chemical and microbiological purity) dan diharuskan ada sistem perlindungan terjadinya recontamination dan microbial proliferation.

 

3.  Highly purified water
Sama halnya purified water, air jenis ini juga hendaknya disiapkan dari sumber air yang dapat diminum (potable water source as a minimun quality-feed-water). Highly purified water ini ditemukan hanya di pharmacope eropa  (European pharmacopoeia) karena spesifikasinya yang unik. grade airnya harus sama dengan standar kualitas dari water for injections (WFI) termasuk limit for endotoxins, tetapi beda dalam hal pengolahannya (water-treatment methode), yakni tidak menggunakan destilasi. HPW (highly Purified Water) biasanya disiapkan menggunakan kombinasi dari berbagai metode seperti RO (Reversed osmosis), Ultrafiltration, dan Deionization.


4. Water for injections

Water For Injections merupakan air yang digunakan untuk produksi sediaan injeksi. Dengan demikian, syaratnya sangat ketat. Water for Injection bukanlah air steril dan bukan final dosage form. WFI merupakan produk ruah intermediet (intermediate bulk product). Di dalam pharmacopoeial WPU, Water For Injection merupakan kualitas paling tinggi dari jenis air – air lainnya untuk industri farmasi. Cara/teknik  pemurnian termasuk bagian dari spesifikasi dari WFI. International pharmacopoeia dan European Pharmacopoeia mengharuskan Destilasi sebagai tahap final purifikasi. (Bebas pyrogen, bebas endotoxin, bebas microba, bebas kandungan kimia, dan bebas partikel, serta menggunakan destilasi sebagai tahap akhir pemurnian).

1 comments:

Asep Muhammadn said...

artikel nya sangat membantu, kebutulan kami juga membahas mengenai pengolahan air limbah atau Ipal Rumah Sakit, dan kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultan ipal, hubungi kami disini