Total Pengunjung Blog

Search

Loading...

Blog Archive

Followers

Popular Posts

Tuesday, September 13, 2011

    Sel di bagi menjadi dua kelompok :

    1. Sel prokariotik

    2. Sel prokarioti

     

    Pada sel prokaryotic, DNA tidak dilindungi oleh inti sell. biasanya merupakan sel pada bakteri dan sianobakteri.

    Sedangkan pada eukariotik DNA dilindungi oleh inti sel, Sistem pengubahan DNA menjadi protein melalui proses preRNA, lalu mRNA, kumdian mRNA dikeluarkan dari inti, baru setelah itu ditranslasi menjadi protein. Mempunyai metokondria, golgi, dan sebagainya. terdapat pada fungi, hewan, dan manusia

    Istilah – istilah Biologi Molekuler

    Genome adalah semua materi DNA dalam satu sel. Di dalam sel prokariotik Genome merupakan kromosom dan plasmid. Di eukariotik (manusia) DNA genome merupakan DNA yang ada di inti sel dan DNA di mitokondria. di mana DNA tadi tersusun dengan baik menjadi sebuah kromosom. klo gambaran di bakteri , 1 sel hanya mengandung 1 kromosom.Di dalam tubuh manusia, ada 23 kromosom x 2 (karena kita diploid)

    image

    Gene Merupakan DNA yang mampu berekspresi menjadi mRNA. Gene ada di dalam kromosom. Di dalam DNA tadi ada suatu gen, gen inilah yang akan menyebabkn mRNA. Gene menghasilkan suatu RNA (bisa tRNA, MrNA, bisa rRNA), dan tidak mesti menghasilkan protein.

    Gene mempunyai dua tipe :

    Genotipe = istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan keadaan genetik dari suatu individu atau populasi. Keadaan yang dimaksud adalah keadaan dari suatu lokus atau keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom.

    fenotipe = suatu karakteristik (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, dan perilaku) yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya. Fenotipe itu seperti tampak luarnya, kulit item, kulit coklat.

    Bakteri terkadang mempunyai bentuk yang sama namun ternyata urutan DNAnya beda. Maka ini yang dinamakan punya fenotipe yang sama, tapi genotipenya beda. E.Coli ada yang berbahanya, ada yang tidak maka fenotipe nya berbeda dengan e.coli normal dan genotipe nya beda.

    Nucleic acid = Biolgical moleucler  (DNA and RNA) that allow organisme to reproduce.

     

    image

Yang penting :

DNA. Sangat penting dan sumber dari segalanya, bahwa DNA itu sumber infomrasi genetik. Adanya infeksi suatu dua fungi yang berbeda, yang satu menyebabkan penyakit,yang satu tidak.

Cloning? Klo kita melakukan kloning, maka kita akan menghasilkan sesuatu yang identik, . Klo ditanaman, di potong, dan ditumbuhkan lagi, si anak dan si bapak sama siatnya.

image

  1. Celltelur yang ada DNA yang sudah di buahi. DNA di ambil.
  1. Kemudian inti DNA mother di pindah ke sel terlur yang DNAnya sudah diambil.
  1. Akan menghasilkan suatu makluk yang sama persis dengan yang memberikan donor DNA mother.

Domba Doli, secara genetik 100 % sama dengan induknya. Tapi karena diambil dari sel yang agak tua, maka anaknya pun penuaannya juga cepet tua, cepet kena penyakit dan cepat meninggal.

 

Yang bisa dilihat itu adalah semua tentnang dNA, DNA (pada gambar terletak di kromosom) dapat digunakan sebagai "pembawa informasi genetik".

Kromosomes

image

Ada telomer (TTAGGG)—> berada di ujung kromosom.untuk mencegah supaya DNA tidak gampang rusak...Urutan basa TTAGGG yang berulang – ulang di bagian ujung kromosom jika telomer diartikan secara wujud.

Meskipun  Ada enzim telomerase dimana enzyme ini dapat untuk menjaga supaya jumlah pengulangan tetap, namun telomer berkurang jumlahnya seirng jalannya usia.image pada waktu muda telomerasi kira - kira ada 8 ribu pengulanagn. Klo 35 tahun tinggal separohnya. Hal ini terjadi karena mutasi. Klo 65 tahun tinggal 1500 pengulangan telomer.

 

 

 

 

 

Sel punca/stem sell

Pengertian cancer terbaru --tidak akan terjadi klo yang termutasi tidak sel punca nya. Karena klo yang termutasi sel biasa dia akan bisa mati melalui mekanisme cycle cell. Tapi klo yang termutasi sel punca dia akan tetap hidup.

 

image image Ada gen luciferase gene- di kunang - kunang.

Ada protein yang berfluoroscenci hijau GFP

Ada GUS.

Ketiga gen ini bisa dimasukkan ke gen lain yang bisa digunakan sebagai penanda.

Contoh...kelinci yang sudah dikasih GFP jellyfish gene. Maka kelinci tadi ssetelah kasih sinar UV akan berfluoscenci. kus sudah dikasih fluoroscensi, ikan yang sudah dikasih flurozensi.Dengan adanya hal tersebut,dan ide dimana gen bisa disambungkan dengan promotor, maka bisa dibuat Promotor akan mengekspresikan gen klo ada logam - logam berat. Klo ad logam berat bisa terekspresi, klo g terkekspresi. Maka bisa dimasukkan ke sungai Code, sehingga ikan klo terekspresi maka ikan sudah ada logam berat.

contoh lainnya Anggrek yang sudah di sisipi luminous firefly gene. Larva nyamuk di bua fluroscneci. Gelas Minuman sudah dibuat fluroscenci.

Tanaman dikasih promotor, sehingga tanaman klo mengandung promotor gen, dia akan fluroscency.

 

Jumlah basa vs Kompleks Makluk

E . Coli jumlah DNA 10 6, yeast diatasnya…. Human 109. tetapi klo dinaikan diatas, kita jumlah DNA kalah dengan kodok, sama bean (kacang - kacangan) kalah. . Bunga Lili 1011. Tidak ada hubungannya jumlah DNA yang besar menyebabkan makluk menjadi kompleks

Jumlah kromosom juga tidak ada hubungannya, bawang kromosom16, nyamuk 6, tomat 24, 78 ayam, 40 tikus. 46 manusia.

 

Banded Kromosomes--

image

klo yang item sekali itu kromosom kompak sekali, maka di ekspresikan akan menjadi sulit.

klo yang putih, longgar diekspresikan

Human Genome…

Kromosom kira - kira ada  23 pasang

Di dalam sel yang kecil ada inti sel--di situ ada DNA disusun sedemikian rupa agar tidak bundet. Genome --dNA inti ditambah dNA mitokondria

Sperma haploid, sel telur haploid, menjadi satu menjadi diploid. Anak kita membawa informasi genetik dari bapak dan ibu.tetapi anak kedua tidak mesti membawa informasi yang sama dengan anak pertama. sehingga anak kedua bisa punya wajah berbeda dari anak perama

 

 

clip_image001DNA yang panjang di ikat dalam histon kemudian di ikat lagi sehngga menjadi kromosom.

DNA di ikat dengan histon, histon diikat menjadi seperti ini, nanti akhirnya di dikat lagi, sehingga nampak kromosom .

The Human Genom Proyek.

Ingin sekali orang - orang  punya data sekuen manusia setutuhnya itu sangat berguna. Ditawarkan negara - negara maju, direktur pertama penemu DNA, muter negara - negara maju, ayuk menyekuen semua DNA pada Manusia. Kloning dan melakukan skuensing DNA.

 

 

 

 

Manusia ada sekitar 30 ribu gen di dalam DNA manusia.

Yang menyebabkan orang tertarik di human genom proyek..- adalah perubahan satu basa kadang - kadang berpengaruh kadang - kadang tidak. (single base DNA difference).

Bahwa dengan biologi molekuler maka kia akan mendiagnosa penyakit lebih cepat.

Kita dapat melhat desain obat

Gene terapi dansebagainya

Bahwa setiap orang memerlukan dosis terapi yang agak berberbeda.

Future molekulcar biology

Pengobatan sangat spesifik untuketiap orang

Obat akan tidak lagi sistemik (ada targetnya, misal cancer sel dibunuh, yang mati tidak hanya sel cancer). Klo obat bisa di spesifik bahwa obat bekerja di daerah itu, maka efek sistemiknya bisa berkurang

Terapi gen, gen gen yagn rusak itu diganti. Sebagai contoh pada waktu cancer payudara diobati dengan herceptin. Pada waktu di pakai, dapat menghambat payudara. Tapi kok dilapangan, efeknya rendah sekali. Ternyata diteliti lagi, populasi penderita kanker yang mengekspresikan HER2 berlebihhanya 30 % dari populasi penderita kanker payudara Sehingga FDA-menyarankan jika menggunakan herceptin, maka dicek dulu terjadi overekspresi Her2 tidak , klo overekspresi tinggi, maka bisa di pake, klo tidak, maka jangan.

Cytochrome p450 2D6

Adanya mutasi di Cyt P450 maka menyebabkan satu enzim tidak aktif. Akibatnya klo itu dikasih suatu obat, efek berbeda dengan normal. Yang normal metabolisme nya bagus, klo yang tdak normal tidak bagus. Sehingga di dalam darah dosisnya ke orang yang tidak normal menjadi tinggi. Sehingga dalam waktu yang sekian lama dosisnya utuh, efek mejadi lebih kuat ddaripada yang normal.

Tes alat apakah enzim tadi berfungsi normal atau tidak. AmpliChip Cyp P450 test.

3 comments:

Anonymous said...

Like... syukran...

Anonymous said...

tpi kyaknya ada yang salah ketik dibagian awalnya...

Itheng cemani said...

hehhee..iya...harusnya eukariotik..makasih!!!