Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Monday, May 24, 2010

mengingat tahun 2006, empat tahun yang lalu…dimana di internet, pagi – pagi, aku sudah antusias banget membuka ugm.ac.id, yah..di saat itu pengumuman penerimaan mahasiswa ugm melalui jalur PBOS (penelusuran bibit unggul olah raga dan seni). Pada saat itu aku masih inget bener, menggeser mouse aja debaran jantung sangat terasa, berat banget, dan yang membikin jantung bergetar kuat sekali pada tabel nomer urut 31

31.  Andy Eko Wibowo         0765875XXXXX    Fak. Farmasi

ya…sobat, aku keterima di UGM fakultas farmasi, pilihan kedua. huf…Alhamdulilah…yang lebih membanggakan, di SMA 1, akulah orang pertama yang dapat sekolah dan dampaknya aku males lagi belajar buat UAN, mending tanding silat…hehehe…

dear kawan…

yang ingin aku ceritakan bukan suka – suka rianya aku masuk ugm, tapi aku kasih saran buat ade – ade farmasi yang udah masuk ugm, tapi merasa salah jurusan…..itu yang pertama. yang kedua buat ade – ade yang di farmasi, sepertinya waktu 24 jam itu tidak cukup, padahal yang dikerjakan hanya ngelab, ngampus, pulang kos tidur makan. dan tidak bisa melakukan kegiatan ekstra seperti organisasi, atau ikut komunitas seperti ukm. Yang ketiga buat ade ade farmasi yang super sibuk baik kegiatan kampus ataupun udah ikut organisasi tapi kecewa setiap akhir semester, karena nilai E selalu muncul di mading hasil ujian.

Nah…sebelum ngasih tips…aku mau membuka pikiran ade

1. Hindarkan pikiran klo nilai udah coumlode itu mudah cari kerjaan---ini biasanya pikiran orang – orang yang kutu buku

2. Hindarkan pikiran buat apa coumlode klo G punya skill dan gagap, g punya pengalaman organisasi

3. Hindarkan pikiran aku akan cari pengalaman organisasi sebanyak – banyaknya, klo bisa sertifikatnya buanyak, masalah nilai entar asal CV tebel, kan g ngaruh

hahaaha…dah mulai pusing kan…kenapa pikiran kalian g seperti ini:

AKU HARUS COUMLODE TAPI JUGA PUNYA PENGALAMAN ORGANISASI YANG BANYAK, KLO BISA ADA PRESTASI (BISA PRESTASI PENELITIAN MAUPUN OLAH RAGA, MAUPUN SENI)

nah…itu pikiran yang harus kalian tanamkan pada diri kalian, ternyata banyak juga kok kakak angkatan kita yang IPK nya coumlode, pengalaman organisasinya banyak, dan prestasinya juga g maen – maen….Nah…Oke…jadi mulai sekarang tanamkan dulu pikiran itu….

Yang kedua, kalian aku ajak analogi seperti ini:

misal ilmu itu adalah satu piring nasi

misal lama kita menghabiskan satu piring nasi itu adalah lama kemampuan otak untuk memahami ilmu tersebut.

nah…tentunya setiap anak akan memiliki kemampuan yang berbeda – beda dalam menghabiskan satu piring nasi itu… begitu juga dengan kuliah kita…bahan kuliahnya itu itu aja kok dari tahun ketahun, tinggal kita nya aja klo gitu…kita harus sadar seberapa lama kita akan menghabiskan makanan itu, eh  materi kuliah itu atau intinya semakin kita merasa diri kita bodoh, maka tentunya semakin banyak waktu yang harus kita butuhkan…

muncul masalah lagi…bagaimana dengan kegiatan organisasi atau komunitas atau PKM, atau ikut lomba –lomba klo belajar terus??Nah…hal ini bisa di atasi dengan managemen waktu….nah..managemen waktu ada macem – macem,… 

Dari semester satu sampe sekarang, aku menggunakan beberapa cara dalam memanagemen waktu, semuanya manual. Pas semester satu sampe 3 an, aku gunain managemen waktu kegiatan tiap waktu…jadi ketat banget…

03.00-  sholat malem

03.00- 05.00—blj matakuliah yang akan dipelajari entar kuliah. misal..entar kuliah farmol dan farkin…nah…kita baca – baca materi yang nanti akan kita pelajari….g usah serius, serius , cukup diliat selintas aja..Nah..ini yang biasanya bikin aku dikira temen- temen pinter, tanya tanya terus..padahal aku tanya karena aku udah nguasai materi sebelumnya…so…bisa tanya, karena udah tau yang akan kita pelajari ini…(ini juga kadang membuat aku g bosen kuliah atopun ngantuk, soalnya kita udah tahu akan belajar materinya ini ini aja). Pertanyaannya, kapan kita tahu klo materinya ini pas hari ini!!makanya penting banget bagi kita untuk berangkat pada awal kuliah, karena biasanya ada RKPS…iya to???

05.00-06.00-olah raga

07-XX—kuliah

16.00—silat…

19.00—belajar kuliah tadi, baca sekilas aja…tapi harus rutin…

21.00 buat jadwal untuk besok, nulis anggaran pengeluaran, tidur..(ini harus on time, biar bisa bangun pagi)..

Kelemahan jadwal ini, kita “sakklek”, g bisa flexibel, klo biasanya ada janji dengan dosen tiba- tiba, ato ada layatan, ato kegiatan yang mendadak, buat jadwal kita hancur….Tapi emang efektif banget, IPK ku bener – bener naik tinggi, melambung!!!.

klo udah mendekati ujian itu, agar g terlalu beban, aku biasanya membagi – bagi kuliah yang hafalan dan yang butuh pemahaman, biasanya yang hafalan aku baca di setiap sholat 5 waktu aja, barang 10 menit satu mata kuliah. Nah..klo ada banyak mata kuliah hafalan, biasanya aku buat baca sebelum bobo.

managemen waktu yang kedua sering juga disebut lazzy managemen…. lipat lipatlah satu kertas HVS menjadi kira kira bisa kita kantongi…Nah…tiap malem kita nulis apa aja yang harus kita kerjakan besok…satu hari satu sisi kertas…so..satu kertas HVS bisa digunakan kira – kira 20 harian ato lebih…

sholat malem

kuliah farkin

praktikum

ketemu dosen

latian

belajar sebelum kuliah

belajar sesudah kuliah

malam mingguan

Asiknya dengan menggunakan ini, kita bisa flexibel tapi target harian kita tercapai…asiknya juga kepuasan kita klo kita udah melakukan target tersebut dengan mencoretnya

sholat malem

kuliah farkin

praktikum

ketemu dosen

latian

belajar sebelum kuliah

belajar sesudah kuliah

malam mingguan

tiap malam harus evaluasi apa yang belum tercapai hari ini dan kemudian kapan kita melakukannya…

untuk antisipasi, kita harus punya plan jangka panjang, dimana lipatlah satu kertas lebih kecil kecil dari yang tadi…nah..trus kasih tanggal dimana plannya ujiannya tanggal berapa..

misal ujian tanggal 5 junisampai 8 juni dengan mat kul farmol,lalu kosmeto lalu tekfar…sedangkan sekarang tanggal 20 mei, nah…urutin dari tanggal 4 itu farmol, tanggal 3 kosmeto, tanggal 2 tekfar, dan diurut sebaliknya sampai tgl 20 mei, nah…kewajiban kita itu harus belajar mat kul itu pada tanggal 2 yan gkita buat….

Nah…buat yang agak males, atau cuma mempersiapkan untuk nyari nilai aja, g ilmu ada trik tersendiri….

mulai dari awal kalian harus punya soal – soal kuliah yang akan kalian tempuh..nah tiap kali kuliah, kalian wajib bawa soal itu, tapi kalian harus udah baca soal itu, trus klo dosennya nerangin dan disoal itu ada, langsung tanyain jawabannya aja…secara tidak langsung kalian mengerjakan soal. buat yang semester 1 – 5 , sepertinya soal – soal ujian cuma diulang ulang ja kok kebanyakan….jadi kalian harus bisa dapetin soal itu…

trus klo soal parasitologi sama soal anfisman sama yang pil gand pil gand gimana??nah….mending kalian belajar soal, jangan hafalan, pusing klo kalian hafalan..

Nah…klo dah mentok, G bisa apa2, g punya soal, g punya waktu buat belajar, nah..klo cara ini kalian harus kompromi ma temen – temen, biasanya aku kompromi ma temen – temen,gini, misal soal pilgand….nah…ngajak 5 temen yang bener – bener bisa diandalin…nah..kemudian kita kompromi, misal si A, B, C,D, dan E. mereka berlima nulis sejumlah X soal. caranya jumlah soal dibagi lima, misal jumlah soal 50, maka dibagi 5 (jmlah orang) berarti masing – msing orang nulis 10 soal. A, 10 soal awal, B 10 soal kedua, dst….Nah….kita memang G mengharapkan nilai bagus pada mat kul ini “untuk kali ini”…tapi kita akan dapat nilai bagus saat remed, karena biasanya soal remed persis bahkan sama, jadi kita punya bang soal, tapi juga harus dipelajari…..

Klo aku, orangnya g bisa belajar wayangan….tapi biasanya malem pas sebelum ujian, aku malah sering banget jadi cowok panggilan, suruh ngajarin temen – temen buat belajar, nah disini justru proses belajarku dimatangkan..,kepercayaan diriku meningkat, dan aku memperoleh ilmu bagaimana menyampaikan ilmu itu ke orang lain…

Trus…kapan latihan silat???nah…kadang emang harus ada prioritas?apalagi klo pas ada kejuaraan, pasti kuliahku terbengkalai…pernah sich, satu kali kuliahku terbengkalai, IPku semester sempat anjlok drastis jadi 2, 9. Tapi untuk besok besoknya hal itu g terjadi…aku ngatasinya gini….

jadi kan klo aku latihan itu mesti kecapean, dan g bisa bangun pagi (jam 6 biasanya baru bangun),malem pun waktu habis buat latihan dan dah capek..aku ngatasinya..setelah kuliah aku butuh waktu (lari keperpus) buat baca catetanku (aku klo kuliah selalu nyatet, meskipun jelek tulisannya yang penting ada bacaan). Nah…gitu aja..trus sebelum kuliah aku juga baca sekilas yang mau dipelajari itu apa…diruang kuliah aja, g papa…

trus laporan kapan mas ngerjainnya??gini…logika aja ya…yang menghabis habiskan waktu kita adalah buat laporan yang tulis tangan, padahal semuanya kadang dasar teori , caker, cover, kesimpulan, bahkan pembahasan pun kadang kopi paste tinggal ganti angkanya…ya to??nah…cara ngatasinya mudah….

sebelum semester berlangsung, (pas liburan semester), kalian harus udah punya master master praktikum dari kakak angkatan. Nah…aku biasanya aku tulis dan aku buat dari cover, dasar teori,carakerja, bahkan kadang pembahasan juga…hehehe..)..nah…pada akhirnya pas kita praktikum dan ngerjain praktikum, kita tinggal ambil yang udah ditulis tadi, tinggal ganti angka – angkanya…

G perfect???iya..memang G terlalu perfect, tapi kita bisa menghemat waktu buat ngaji, ta’lim, tidur, ngegame, latihan, organisasi, atau pacaran bagi temen- temen yang punya pacar.. Oh..iya, bagi temen- temen yang punya pacara, jadikan pacar kalian itu sebagai kompetitor, jangan sampai malah punya pacar justru g positif, g maju buat kuliah kalian. G perfect , tapi kita bisa punya waktu luang untuk kegiatan yang produktif lainnya, lagian nilai laporan berapa persen sich??g terlalu banyak kok, yang banyak juga nilai responsi, iya to???yang terpenting perhatikan prinsip 2 kenapa ini, kenapa itu pada praktikum…

Trus apa lagi ya??Relasi kakak angkatan sangat dibutuhin, buat ngajarin kalian ataupun pinjem bahan…semakin banyak relasi semakin menguntungkan. yang aku tidak punyai itu dan baru nyadar sekarang, aku tuh paling g bisa ngerawat buku 2 yan gdi pinjemke ke aku, akibatnya buku 2nya pada rusak dan hilang, hingga kakak kakak males minjemi aku….hehehe

pada tiap semester , kalian harus melakukan hal – hal besar yang membuat diri kalian bisa berprestasi, ada target lah…misal…semester ini aku harus ikut kejuaraan silat nasional, danjadi juara. jika prioritas utama itu, maka kalian harus mengantisipasi gimana agar tidak mengganggu kuliah kalian, dengan membuat rencana – rencana menangani kendala. misal lagi, semeseter berikutnya aku pengen nulis karya ilmiah atau ikut PKM, maka kesampingkan hobi silatku, ygan penting latiaan rutin aja, g usah latihan keras, karena semester ini prioritas ku bukan kejuaraan, tapi PKM atau karya tulis ilmiah…

ehm…sepertinya ini dulu,,,kalo kalian setelah melakukan hal – hal ini masih g betah kuliah, kayanya kalian kurang sepenuh hati ngejalaninya…renungkan ….dan bayangkan seandainya kalian punya masalah dan terancam D.O..apakah kalian juga masih akan males kuliah?banyak lho temen kita yang punya kendala baik keuangan ataupun halangan lain sehingga berhenti kuliah.bayangkan juga ORTU kalian…bagaimana dengan senyum mereka yang selalu membanggakan anaknya ama tetangganya,….anakku kuliah di ugm, pada akhirnya IPnya cuma nanggung, Kegiatan g ada, prestasi nol, kasihan kan…

bukan maksudku menggurui…tapi share aja, selama hampir empat tahun ini aku udah melakukan apa aja terhadap diriku…dan pada akhirnya…terbukti hasilnya (aku udah mbuktiin), dengan menggunakan cara itu…

oh iya,,,terkadang emosi kita g stabil, ada perasaan jengkel karena masalah, nah…yang perlu kalian ingat…masalah kalian itu bukan maslaah yang besar, banyak orang lain yang punya masalah lebih besar, perkecil masalah itu dan selesaikannya…dekatkan diri ke ALlah sebagai katalis untuk mempercepat ketenangan hati. kebanyakan masalah – masalahku itu adalah masalah masalah hati (emosi) ketidak puasaan,  nah..pikirkanlah seharusnya kita udah g ngurusin masalah 2 egois, lebih bagus klo kita ini memikirkan maslaah 2 orang lain, yang diajalanan itu, ataupun orang 2 yang tiap hari butuh darah di RS, nyawanya tergantung ma darah kita…itu baru masalah….klo maslaah yang hanya ada dipikiran, itu hanyalah masalah egois kita…

sekian…buat temen – temen dan ade ade…

6 comments:

Elka said...

waaahh postingan yang saya tunggu2 dari senior...
mas andi ya?
kayanya asisten KO, saya juga..
keliatannya banyak ilmu, bagi2 sama saya ya masnya... ^__^

saya suka matkul S.O

Elka said...

oh iya, tadi saya diundang mas Napi buat present di seminar sintesis besok.
katanya yang ini adalah cucunya simbah yang ngga cupuu.
Pleasure.

Good Luck...!!!

ITHENG said...

hehehe...makasih de ..makasih...
sip...aku juga butuh belajar dari ade kok, kita sama - sama belajar...Boleh - boleh, semisal bisa saya bagi - bagi, pasti saya bagi de..
datang ya de...di seminarku...hehehe

Elka said...

moga ntar bisa menyisip keluar dari penjara KPA di R6... hahah

Anonymous said...

woooww, shila ngga pertamax nihh
ngga keren ahhh!!
tapi blog nya kali ini keren. aku juga punya masalah akut sama yang namanya bagi2 waktu. jadi terinspirasi.. sebenernya intinya sih komitmen sama apa yang kita rancang. nahh, itu dia tuh yang susah buat shila, ckckck
tapi yakin kok, saya bisa lebih baik!!!

ITHENG said...

hehehe...iya kan shila..managemen waktu berarti itu yan gharus kamu perbaiki..