Total Pengunjung Blog

Search

Loading...

Followers

Popular Posts

Monday, December 26, 2011

SEL Inilah yang akan bekerja menjaga stabilitas tubuh kita. Sel kita itu klo kita hitung, maka bentuknya shape berbeda beda dan beranekaragama. Padahal klo kita belajar sel dulu itu, penyusunnya sama, ada organel, membrane sel,d ll...klo bayangannya kan pasti bentuknya sama, tetapi ternyata sel satu dengan sel yang lain tidak sama. Sel darah itu ada yang pipih, ada pipih panjang, ada yang membulat. Sel jantung bentuk beda lagi, sel ototo, sel syaraf, bentuknya beda - beda. Apa yang membuat itu berbeda beda..klo kita warnai sel itu, dengan pewarna tertetnu yagn bisa memperlihatkna kerangka selnya itu, atau cycloskeleton, inilah yang membuat bentuknya beda - beda, jadi seperti itu, yang merah inti sel, yang hijau adalah cyloskeletonnya yang diwarnai dengan antitubule sehingga mikrotubulenya kelihatan, ..nah klo kita perhatikan,s eolah - seolah ada sel didalamnya penuh sesak, tidak kosong , trus ada cairan,. Ternyata tidak begitu, disamping ada organel organiel , ada juga mikrotubule yang sesak yang gunanya mempertahankan bentuk dari sel itu. Trus bagaimana pekerjaan sel itu terjadi klo ada benang - benang mikrotubule yagn seak...dan klo dierphatikan ada cytoskeletonnya ada yang keluar dan terhubung satu dengan yang lain, dan inilah yang menyebabkan tubuh kita jadi kompak dan terintegrasi, klo tidak ada hubugnan ini, mungkin mudah protol.

Ternyata cyloskeleton tidak hanya itu fungsinya, juga berfungsi untuk komunikasi antar sel, komunikasi untuk apa? Untuk mempertahankan kehidupan yang sempurna...karena satu sama lain saling membutuhkan…

Gambaran yagn disederhanakan, melakukan fungsi fungsi itu secara harmonis dan sempurna…

Mengapa antar sel satu dengan sel lain, bisa berbeda?karena ada diferensiasi, padahal kandungan genetiknya sama,

Sel yang menyusun tubuh kita, kandungan genomiknya sama, tidak berbeda, klo dulu kita belajar biologi tentang makluk hidup saat SD, ciri makluk hidup tumbuh dan berkembang biak.

Tumbuh dari kecil menjadi besar. Ternyata ada perkemabngannya juga, dari satu sel menjadi banyak sel, dari satu jenis sel menjadi bebragai jenis sel

Berkembang biak dari satu menjadi dua.

Pengertian tumbuh dan berkembang di smp…

Ada sel membelah kemudian terjadi diferensiasi, dari satu bentuk sel ke sel lain, jadinya sel beda. yang punya fungsi berbeda..itu semuanya karena apa??salah satunya karena sistem ekspresi gen berbeda beda, human genomiknya sama, tapi sistem ekspresi gennya berberda..atau klo kita naik lagi, sebenarnya proses regulasi pengaturan yagn tumbuh dan perkembang tadi itu, siapa yang melakukan ? Protein. Fungsi protein membangun dan pengatur

Membangun itu gimana ceritanya membentuk shape , mikortubule itu protein dan itulah membentuk tubuh kita jadi seperti ini, dibangun oleh protein., g ad protein, habis , lemes kita. Rambut kita protein, panjang, zat pembangun, maka pertumbuhan itu sangat memerlukan protein, karena dialah yang menkonstruksi ., klo kurang protein, pertumbuhan terhambat . Pengatur, apa hanyao??

Mengatur berbagai kejadian, peristiwa yang ada didalam tubuh, termasuk pengaruh bentuk , mengapa sel syaraf harus gini, sel otot harus gini, kapan harus tumbuh harus berhenti, kapan gigi berhenti kapan gigi tumbuh..gigi waktu kita kecil tumbuh, wah, harus diatur, g boleh tumbuh terus. Yang mengatur zat pegnatur utaa adalah protein, meskipun nanti ada zat lainnya, tapi fungsi utamanya protein.

Pertanyaan dari mana proteinnya ?

Sel banyak , kok pekerjaan banyak, pekerjaan itu diatur protein, kita bisa bayangkan, banyak protein yang mengatur. Klo pekerjaan semakin banyak, perlu pekerja banyak tidak? Perlu spesifikasi pekerja tidak, sebab itu kompleks...dan mereka harus spesial, dan harus sesuai dengan pendidikannya...ndak boleh satpam tiba - tiba jadi manager, karena pendidikan berberda, maka harus sistematik. Termasuk tubuh kita, sangat kompleks, bisa kita bayangkan butuh jenis protein yang banyak, spesifikasi pekerjaan berapa banyak, tidak terhitung, dari mana protein yang sangat banyak dari mana???asalnya??

Ekspresi gen.

Siapa yang menyediakan??protein asalnya dari asam amino…, dari proses ekspresi gen, yang dimulai trankripsi, dan tranaslasi muncullah protein… di kode oleh gen,

Gen yang ada juga banyak , karena proteinnya banyak..dulu ketika waktu di smp dan sma, dikenal faktor genetik dan fenotipe, jadi antara fenotippe yang kelihatan kaya gini, ada unsur genetiknya, yang tidak kelihatan…

Kandungan genetiknya sama atau tidak dengan yang lain? Sama...kandungannya sama, trus antar sel, kandungan geneomiknya sama tidak? Sama..juga..ada berapa gen

Gen itu apa?sepoton DNA yang bisa diekspresikan menjadi protein, dan protein itulah yagn berfungsi, jadi klo ada protein , pasti ada gennya. Ada sepeotong dna yang mengkode itu. Proses nya namanya ekspresi dari NDA menadi RNA, menjadi protein. Gen - gen itu DNA yang bisa diekspresikan menjadi sebuah protein, jadi klo protein jenisnya banyak, maka gennya akan banyak..

Setiap sel mengandung 1 genom mengandung 100 ribu gen, dan bisa diekspresikan menjadi protein. Pertanyaannya sekarang? Apakah setiap saat 100 ribu gen itu, di ekspresikan…? Tidak, karena selnya penuh, g cukup, g muat. Dan nanti protein yang jadi tidak hanya satu, tapi ribuan, nah..klo semua diekspresikan, penuh semuanya..kira - kira bila manakah terjadi ekspresi gen itu? Bila diperlukan, ketika diperlukan diekspresi, ketika tidak tidak, ketika protein tidak diperlukan, protein didegradasi, ga bolah berlama - laam didalam sel…

Kapan protein harus ada dan kapan protein itu tidak ada, bagaiman caranya?

Inilah yang menyebabkan sistem regulasi tubuh kita sempurna, ada proses - proses yang meregulasi semuanya.

Protein RNA polimerase II yang melakukan proses trankripsi, protein ini terkespresi yang diawal sebelum ekspresi. Pertanyaan, RNA polimerase II selalu ada g didalam sel?

Ada sistem konsituttif..ada terus di dalam sel, tubulin.

Induksibel--diperlukan ada yagn memacu adanya..

Jenis RNA polimerase II, untuk masing - masing gen tadi, RNA polimerase II itu, sama atau beda? Sama. Artinya RNA polimerase II dia random, g pilih - pilih. Nah...pertanyaannya klo sama, mengapa gen ini terkepresi , gen ini tidak? Kapan RNA polimeras kapan mengeksrpesikan gen itu, dan yang itu tdiak?

Kapan RNA polimerase nya melakukan pekerjaan?

Klo di aktivasi dengan phosporolasi pada bagian karboksil terminal domain..

Primer protein-sturktur yang ditentukan urutan asam aminonya dan di ikat oleh ikatan peptida., struktur ditentukan oleh urutannya, karena jenis AA sama, tetapi urutannya berbeda ,maka fungsi berbeda..

Darimana mengurutkan ? Stuktur primer ditentukan dari ujung mana - keu ujung mana?

Awalnya di ujung N, maka yang diaktifasi itu yang di akhirnya...biasanya terpospforaslis pada residu asam amino yang mpunya gugs hidroksil. : tyrosine, serine, dan threonin..

Ikatannya ada di gugus hidroksil ini, maka jangan dilupakan.

Ada protein yang ikut menentukan mengaktifkan proses phosporolasi, protein apa namanya? Inilah yang memegang kunci, RNA polimerase ini tidak akan ebekjera kecuali di phosporolasi, ini siapa tadi? Ada namanya faktor transkripsi, dia yang memegang peran yang sangat penting..pertanyaannya lagi? Apa itu faktor transkirpsi, abgaimana spesifikasinya? Siapa yang mengatur dia? Akrena dia memegang peran kunci..

Klo kita meilhat gambar, ekspresi gen, protein - pritein yagn dekat dengan nukelofil, adalah faktor trnaskirpsi semua, semua faktro transkripsi, dialah yang meicu terjadinya ekspresi gen. faktor transkripsi itu ribuan, 1 faktor tranksprsi bisa menyandi lebihd ari 10 gen juga, tapi sering kali 1 gen, harus diaktifvasi beberapa faktor transkripsi…..,

PR,

Faktor transkripsi, satu...betapa penting utnuk ekspresi gen, untuk keperluan apapun kuncinya ada disini, ketika belajar farmakologi, akan ketemu dengan faktor transkripsi,.

0 comments: