Total Pengunjung Blog
Buku & Sastra Made Gue
All about CPOB
- download CPOB 2006 dan PCPOB 2009
- "catatan" dokumentasi berdasar CPOB
- Pets control berdasar CPOB 2006 serta implementasinya
- inspeksi diri dan audit berdasar CPOB 2006
- dasar - dasar kalibrasi alat
- Apa itu retain sampel BB dan produk jadi serta ongoing stabiliti?
- water treatment for pharmaceutical use
- Berbagai bentuk perawatan mesin industri farmasi dan pengertian downtime
- Apa itu retain sampel BB dan produk jadi serta ongoing stabiliti?
- Alat pengatur tekanan udara (magnehelic)
- instalasi pengolahan air limbah with aerob system
- Master requirment planning
- master production scheduling
- Cleaning validation
- 10 prinsip CPOB
- Validasi proses
- HVAC (Heating ventilation air conditioning
- water treatment in pharmaceutical industrion
- tata ruang industri farmasi beta laktam production & non betalaktam
- stability studi?
Penelitian & Kuliah
- Tips hemat dalam penelitian
- kristalisasi sederhana
- pelarut murni, perlukah untuk penelitian ?
- Cara memurnikan sampel yang jumlahnya sedikit ?
- Mendaur ulang silika bekas kromatografi kolom
- cara memilih hewan uji untuk penelitian
- Agar tak menjadi plagiat
- cara memilih solven untuk fase gerak KLT
- Pola data statistika yang sering di jumpai difarmasi
- tips mencari referensi ilmiah untuk mengerjakan tugas akhir
- Tutorial ms.word, mumudahkan menulis skirpsi (membuat daftar isi, page number, daftar pustaka
- Informasi seputar Beasiswa unggulan dan tips agar diterima
- Berbagai macam judul buku farmasi untuk referensi
- Cara download gratis jurnal berbayar maupun ebook
Daftar ISI
- computer and software (5)
- creative (18)
- dari blog friensdster (32)
- DETERJEN (9)
- KOPI (24)
- kuliah and buku (31)
- my BOOK (5)
- pascasarjana (43)
- PENELITIAN (16)
- PERISAI DIRI (12)
- PRIBADIKU (38)
- profesi (45)
- Sastra (98)
- Tips (24)
Pengikut
Popular Posts
-
Dear temen…kali ini andy lagi di tugasi oleh dosen untuk menulis 50 bahasa latin, gara =gara pretest andy g memenuhi kualifikasi.hehehe…...
-
Bagan alur ada di bawah….andy tampilkan di awal tulisan, agar nanti setelah membaca bagan bisa lebih paham.
-
PEMBALUT Pembalut tipis/plester of paris, sebelum pasien diberi pembalut gips, maka bagian tubuh tersebut diberi lapisan kapas gips yan...
-
Nama panjangku, Andy Eko wibowo, lahir pada tanggal 2 Juni 1988. Ayah bernama Dwi Yanto, dan Ibu bernama Retno Asih suminiati. Mempunyai dua...
-
Dear teman…..dear kawan-kawan sejawat farmasi dan kawan-kawan tercinta…meninjau kebutuhan teman-teman profesi terutama untuk yang angka...
-
Dear kawan kawan……..kali ini saya akan membagi pengalaman bagaimana MUDAHNYA mendapatkan beasiswa unggulan!!! sebelumnya, saya akan memberi...
-
Dear kawan…… Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana memilih fase gerak untuk kromatografi lapis tipis. Memilih solven sebagai ...
-
Dalam sebuah karya ilmiah baik itu sebuah penelitian maupun karya tulis tentunya para peneliti harus memiliki sumber referensi. Sumber refer...
-
Pada petunjuk CPOB 2009 Bab Bagunan dan Fasilitas, disebutkan bahwa untuk mencegah kontamination silang ( cross contamination) hendaklah dia...
-
sebelum menginjak ke pelayanan obat tanpa resep kita harus tahu terlebih dahulu apa itu obat tanpa resep??? klo obat dengan resep i...
Sabtu, 12 Desember 2015
Silahkan di share,
enteng enteng aja, karena ada rahasia marketing langit.!!!
Hukum pertumbuhan
bisnis yang kita pahami, survive, grow & Lead (mulai memimpin). Tiga fase
yang pasti alami ketika kita istiqomah membesarkan bisnis kita. Itu tiga
indikator bisnis kita ada dimana. Fase lead itu, jangankan duwit, kompetitor
itu datang untuk menjadi mitra. Fase survive indikatornya penderitaan tanpa
akhir. Yang lucu, pada fase survive itu, teman - teman pada menjauh juga,
bahkan bank juga, fase survive ini duwet susah banget datang kepada kita, susah
sekali untuk datang kepada kita. Biasanya dialami oleh perusahan baru dan
perusahaan bermasalah. Perusahaan baru : 1 karena dia belum punya pelanggan,
akhirnya mencari pembeli pembeli baru, pembeli pembeli baru juga ragu, apakah
pemain baru cukup asik klo bertransaksi dengan kita. Pada fase ini ada
perbaikan secepatnya dan raih simpati pasar secepatnya supaya pasar mau jadi
pelanggan kepada kita, karena pelangganlah yang sukarela untuk datang belanja
lagi - belanja lagi. Fase survive itu tujuannya membangun reputasi, brand.
Fase grwo ketika
pelanggan sudah mulai banyak, pelanggan datang sendiri. Beda pelanggan dengan
pembeli baru adalah pelanggan sudah punya eksperient menggunakan transaksi
kita, sedang pembeli baru sama sekali belum bertransaksi dengan kita, masih
meragukan etikat baik dari kita.
Memaintainance pelanggan agar tidak kabur.
Fase leading adalah
fase dimana agar kita bisa mengoptimalkan potensi yang ada agar dapat duwit.
Kompetitor aja bisa ngantri menghasilkan duwet. Fase leading itu duwetnya
ngantri ngantri untuk dijualin. Kapan kita bisa grow secepatnya, lead
secepatnya?? Nah...dengan the great marketing road map ini harus dilakukan
tahap demi tahap, tidak boleh lompat lompat. Karena satu langkah menjadi
pondasi berikutnya. 3 langkah ini bisa diurai 14 langkah. Klo kita produk ,
maka harus mentarget penjualan per item perharinya, harus diselesaikan
bagaimana caranya laku.
Apapun yang
dipelajari di buku apapun, kita pasti akan ktemu 4 hal ini : brainstroming,
stroming, normalizing, performing. Ini adalah sikulus perubahan yang harus siap
anda hadapi dalam membesarkan bisnis. Semua yang kita pelajari, hanya
akanmenghasilkan sesuatu , ketika yang dipraktekkan. Ketika dipraktekan akan
bertemu seribu macam ketidak edealan dan seribu macam permasalahan. Begitu di jalani, maka tentunya saat ketidak
edealan tersebut membuat besoknya menjadi tidak semangat. Fase stroming adalah
disini, ada perlawanan karena beribu permasalahan tersebut. Otak (brain nya
hilang). Pada saat normalizing, pokoknya saya
harus tetap jalan untuk membuat target, pokoknya saya harus tetap jalan membuat
target, besoknya coba lagi ketika hari ini gagal, coba lagi, coba lagi, masalah
ada, tapi terobos, masalah ada tapi terobos. Lama - lama, klo dipaksa terus
jalan, maka akan mulai terbentuk performancenya. Disini kita kemudian akan
melakukan temuan - temuan masalah baru dan kembali ke fase
brainstroaming-stoarming, normalizing, performance. Fase ini tidak bisa diskip
saja begitu saja. Harus dilewati meskipun menyakitkan. Begitu reputasi
kita dapat, apapun yang kita jual akan mudah.
Maka, fase ini menyakitkan ?? Iya!!!jika kita
tidak lewati, dan kita acuhkan , maka fase kita berada dalam fase survive saja,
tidak naik ke fase growt.
Berapa Rp target
pendapatan yagn anda harapkan dari bisnis anda setipa bulannya? Berapa
milyar?berapa ratus juta? Sudah ada blue print strateginya?apa pengorbanan yang
siap anda lakukan utnuk mendapatkan semua itu sercara rutin dalam 3-6 bulan
kedepan? Dari target ini kita bisa membuat rencana kerja dari hari perhari,
sehingga kita bisa target secara keseluruhan. Belum di bagi perproduk, kira -
kira mungkin g kita jualan sesuai target perhari tersebut? Bagaimana
caranya?(ini nanti....) setidaknya kita harus tahu caranya mencapai target
tersebut, serapan pasarnya, lokal, regional, nasional, internasional. Nama
besar harus dibangun
Contoh kasus :ada
sebuah lemabga pendidikan (doni bening photographer), dia kemarin dengan
semangat banggaknya dapat omzet 1, 7 milyar dari 23 cabang, kantor pajak
seluruh jawatimur. Dia cerita , bisa g ? Penghasilan 1, 7 milyar ini dikunci? G
perlu nyari nyari!!! Ini dapat 1, 7 tapi jalan - jalan? 1, 7 tapi g perlu
keluar dari daerah???membangun customer base (membangun basis pelanggan, karena
pelanggan ini akan datang terus menerus,),kita harus tahu market size yang akan
kita jadikan pelanggan itu!!!
Tolong dicoacing
agar dapat mahasiswa yang tergerus oleh UMM, Unibraw? Masalah yang dihadapi
puluhan ribu mahasiswa yang berhasil di grap oleh UMM, brawijaya adalah
mahaiswa yang skripsi, bermasalah di skripsi. Bimbingan skripsi 5 juta sampai
lulus. Kita harus sensitif untuk hidup dari masalah orang lain. Karena didalam
kerumuan maslaah tersebut adalah uang!!!!
Mau ditarget 1 M,
500 juta, ini enteng sebenernya, klo kita MAU TAHU!!!pasti ada
jawabannya!!!!!Yang namanya target pasti butuh syarat dan ketentuan berlaku,
berarti harus rela melakukan apapun untuk mendapatkan itu dalam jangka waktu
3-6 bulan. Proses ini terlihat dalam waktu 3 bulan, klo dalam 6 bulan g cukup,
maka ada proses yang salah. Banyak teman - teman yang punya usaha, setiap
harinya bengong!!!!jadi selain target uang, maka juga harus ada jangka
waktunya.
Salah satu teknik
untuk memecah target , dengan menjalankan tiga pilar :
Target sebesar
apapun, akan berer dengan tiga pilar ini.
- Perbanyak pilar pemasukan (
- Bangung keunggulan bersaingnya
- Jalankan pemasaran berkesinambungan (kemasan mendukung pemasaran berkesinambungan)
Packing itu barang
yagn biasa menjadi wow, naik 125 ribu biaya produksi, tetapi nilai jual 100-200
kali lipat.
Rahasia membangung
peilar pemasukkan yang effective adalah klo bangunan ditopang oleh 1 pilar atua
2 pilar saja pasti runtuh, dalam bisnis juga begitu. Klo kita hanya
mengandalkan satu produk untuk mencapai satu target pasti berat.
Pilar - pilar
terbentuk dari 4 hal (mastering supply & demand warfare), :
- Sediakan produk atau jasa yang menjadi better solution bagi masalah yang diahadapi oelh pasar. (Kita terjebak pada produknya!!!bisnismu apa??? Bisnis kita adalah membantu pasar. Klo penjualan seret, jangan jangan kita belum mendifinisikan ulang bisnis kita. Ini adalah kunci utama kita harus mengetahui ini!!tidak terjebak pada produknya, tapi bisnis kita itu adalah membantu menyediakan solusi yang lebih baik bagi maslaah yang diahapi oleh pasar dengan suatu produk. Apapun bisnis kita adalah membangun aset, bukan mati hidup sebuah produk. Banyak teman teman kliru, tersesat, mati matian membela produk. Hanya berjibaku pada satu ranah saja dan kadang tidak tepat sasaran.) Bisnis harus memberikan solusi, klo pun bisnis kita memberikan solusi, klo tidak lebih baik , ngapain juga pembeli harus beralih ketempat orang lain. Masing - masing punya produk turunan. Misal property, maka setelah jualan rumah, maka produk turunannya adalah bagaimana cara memantaince ya, karena kita tahu struktur bangunannya, seperti renovasi, interior exterior design, landscaping, taman, pasang solar sell. Nek apotek apa aja????
- Kenali serapan pasar dan spot areanya (kita harus mengenali membangun pilar yang efektif, yang palign gampang adalah definisikan kembali arti dari bisnis kita, bisnis kita sebanranya adalah membantu menyediakan solusi yagn lebih baik bagi masalah yang diahadapi oleh pasar, bisnsi kita hanya akan terus hidup selama pasasar terus bermasalah dengan hidup mereka). Satu contoh lembaga pendidikan indonesia yang membikin pasar expart. Dia tawarkan 9 juta untuk pelatihan itu kepada para expatria. Dalam 1 tahun dia tidak lebih dari 85 juta. Lalu tanya pak las, gimana cara mengenali ini? Modul ini yang membutuhkan memang orang asing, tapi bisa jadi, orangnya tidak harus di indonesia. Maka buatlah online, bisa diakses pertahun, hp, dll. Yang bisa dibidik tahun pertama , ketiga sekitar 10 juta orang x 25 dolar =3,5 trilyun. Dengan mengenali serapan pasarnya saja, bisa luas sekali. Cerita ibu ibu terpuruk bapak ibunya terlibat /terjerat investasi bodong terjerat 750 juta. Lagi dines di tawian dosen mandarin, inggris , g tega dia pulang untuk membantu bapak ibunya. Beliau balik ke indonesia, bingung usaha suaminya tidak bagus bagusnya, lagi declear . Mbk nya ini pulang , harus punya usaha. Dirumah yang ada hanya mesin jahit padahal dia juga tidak bisa jahit. Dengan sisa uang yagn ada jual barang bekas, sempet sempetnya beli buku. Dia contek habis studi kasus perusahaan garmen yang head to head melawan bread nasional. Dia punya produk , mereka bikin cataloque yang sangat eklusif, orang lihat aja, pasti brand besar. Masalahnya dia tidak punya kemampuan untuk menjual.akhirnya dia lihat segmen pasar itu adanya di mall mall, untuk menjual produk tersebut dnegan harga yang bagus maka mau g mau harus jual di mall. Tembus 2 M. Kenali pasar aja udah tembus 2 M.
- Temukan strategy terbaik untuk menggarap masing - masng market spot. Masing - masing market spot punya startegi masing - masing, dikota beda, di online beda, di mall beda, di ruang dosen beda. 1 produk saja bisa punya pilar anak lainnya. 1 kota di bidik itu pilar baru, klo 10 kota maka berapa pilar? Banyak teman - teman punya produk macem macem tapi hanya BERHARAP KEAJAIBAN, keajabian pembeli datang terus menerus. Banyak strateginya, ada copy writing, display, dll.
- Bagnun die hard team untuk menjalankan strategy tersebut setiap market spot. Banyak dari teman - teman yang terlalu pelit untuk bagi insentif, dengan team penjualannya. Begitu mereka terlalu pelit, teamnya tidak cukup termovitasi. Balai kartini, bagaimana orang yagn masuk kita bisa menginpres bahwa balai kartini paling bagus!!!! Marketing, klo bisa tembus 25 m,, aku kasih mobil seharaga 125 juta. Kita bisa membangun die hard team klo kita juga g pelit juga pada mereka. Klo insentiv dari teamnya tidak menarik (kecil), maka tidak termotivasi!!!
Kalaupun kita sudah
memeiliki pilar piliar pemasukkan yang effektiv dari 4 hal diatas, sudakah kita
mengupgrade keunggulan bersaing dari setiap pilar pemasukan bisnis kita
tersebut????meningkatkan daya saing dari keempat pilar tersebut, kita lenal
dengan the better 5 P. 5 langkah membaung reputasi bisnsi yang effektive
- Build your product better. Klo kita punya prduk yang bagus, maka packaging nya harus keren...harganya bisa bagus. Ini urutan!!! Produk, kemasan,harga,build your promotion better.kemasan harganya berapa>??tapi ndongkrak penjualan. Klo ktia punya apotek, setiap saat kita sedang pameran tunggal, yang membiaya customer, layani sebaik mungkin karena kita sedang melakukan pameran. Betapa luar biasanya kita dengan competitor. Kemasan yagn bagus untuk membuat orang yagn pakai. Sudahkah kita menjadikan setiap moment orang datang ketempat kita, menunjukkan the best moment. Masalah terbesar ternyata ada di orang - orang kita. Kenapa orang - orang kita resisten? Karena kita sendiri kurang keras untuk membina mereka menjadi die hard team!!!!!!
- Set your packaging better
- Set yur price better
- Bulild your promotion better. Promosi membuat pasar yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Klo kita sudah promosi yang bagus, hati - hati di people. Banyak orang yang tidak aware di people, padahal penting banget!!!
- Train your people better. ini meningkatkan daya saing kita bersaing di 4 titik yang menentukan. Sudah habis habisnya membangun produk, pakacing, price, promotion, orang kita ngelayani judes nya luar biasa.. Masalah apotek ada disini!!! Pegawai front line dan back line. Pegawai didepan upayakan yang good loocking, bahasanya adalah orang yang punya bodi pekerti yang bagus. Setelah itu upgrade budi pekerti mereka.
Definisi puas-->
ketika seseorang menerima lebih dari yang dia bayar. Untuk membuat puas itu,
minimal 5 hal ini harus di jalankan.. Kaitan 5 hal ini adalah orang yang
berurusan dengan kita (Costumer) akan menjadi marketing kita sendiri. Tidak
harus simultan, tidak harus diselesaikan dulu. Ini adalah upaya untuk
menjadikan customer menjadi happy customer sehingga menjadi ower greates
marketing in the words, key performnace indikatornya (KPI) dari program ini
berhasil adalah repead order /pelanggan kita akan bertambah secara
eksponensial!!(word of mounth=mulut kemulut). Ini digunakan untuk membuat orang
bertransaksi di bisnis kita membuat mereka mendatangkan 10 orang lain untuk
bisnis kita. 1 orang terpuaskan akan mentriger 10 orang yang datang ketempat
kita. Mau online maupun off line tetap sama, karena yang dilayani manusia.
1 komentar:
hai kak keren banget infonya ooo iya kak kalau ingin tahu tentang web gratis yukk disini saja. terimakasih..
Posting Komentar
komentari dunk....(tapi maaf ya...karena banyak spam yang masuk, maka saya harus terpaksa memunculkan verifikasi kata)