Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Monday, March 22, 2010
dear kawan...
hhoho...kali ini aku akan ngebahas tentang tips gimana klo kita mau melakukan penelitian terutama sintesis obat...

1. klo kita mau sintesis obat (drugs shyntesis) maka kita harus tau sifat - sifat dari reagent yang akan kita gunakan. Yang perlu kita ketahui dari reagent kita itu apa aja:
a. Pengaruh suhu terhadap reagent kita, pada suhu berapa dia akan rusak, pada suhu berapa dia akan berubah menjadi struktur lain. Hal ini untuk menentukan pada suhu berapa reaksi kita akan dijalankan dan memprediksi adanya reaksi samping

b. Pengaruh pH terhadap reagent kita, klo pada asam reagen kita akan bersifat nukleofilik atau elektrofilik, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini untuk menentukan pada pH berapa reaksi kita akan dijalankan dan memprediksi adanya reaksi samping.
c. pengaruh pelarut. adanya pelarut mempengaruhi jalan nya reaksi lho, jadi harus dipilih pelarut yang tepat
2. setelah kita tahu sistem reaksi yang akan kita jalankan, seperti suhu, katalis, pH, alat yang digunakan, dan pelarut, maka sebelum proses shyntesis dilakukan, sebaiknya kita menggunakan sistem tersebut dengan reagent kita satu persatu. maksudnya gini: misal kita punya reagent A, B, katalis C, dan pelarut D serta proses sintesis pada suhu 70, pH 3, selama 5 jam. Maka kita sebaiknya melakukan orentasi dengan cara mereaksikan reagent A dengan katalis C dan pelarut D tanpa reagent B,kemudian dilakukan juga mereaksikan reagent B dengan katalis C, dan pelarut D tanpa reagent A. Dari sini kita akan tahu bagaimana reaksi yang terjadi klo reagent A direaksikan sendiri tanpa B, dan sebaliknya. jika terjadi reaksi (perubahan warna), maka itu merupakan reaksi samping yang akan terjadi apabila kita mereaksikan reagent A dan B. Hal ini berguna apabila kita akan menentukan produk reaksi padatan adau cairan yang akan kita ambil nanti.
3. Setelah itu lakukan reaksi reagent A dan B dengan sistem yang sama. Setelah terjadi reaksi maka ketiga tahap itu di KLT secara bersamaan, dan dilihat apakah hasil dari KLT ada perbedaan ke 3 tahap itu atau enggak.
4. dalam menggunakan KLT, klo kita emang kepepetnya g punya uang, maka plat KLT yang udah kita gunakan, bisa kita gunakan lagi dengan syarat: adanya pembersihan bercak di plat KLT dengan cara elusi plat menggunakan fase gerak yang dapat menaikkan sampai puncak (Cek di UV untuk memastikannya). Apabila digunakan lagi, maka penotolan harus dilakukan ditempat yang sama ( platnya jangan dibalik )
5. sering kali kita membuang cairan pencuci ( limbah) biasanya cairan itu sangat banyak dan sia - sia klo di buang ( mahal banget bo...). so ada solusi ne...destilasi aja cairan itu,.. ( harus cairan yang sama ya) lalu gunakan untuk mencuci alat kan bisa (ngirit cuy)
6. Jangan terlalu fokus dengan senyawa apa ya, trus kita sintesis sebanyak - banyaknya...karena ini akan membuang waktu kita...klo udah dapet senyawa ( bentuk padatan atau cairan) maka segera lakukan analisis untuk memurnikannya. Karena biasanya untuk pemurnian menggunakan rekristalisasi susah, ( belum tahu metode pelarutnya-harus menguji kelarutannya) maka sebaiknya langsung make KLT preparatif aja (cuma nyari optimasi fase gerak yang lumayan lebih gampang)
7. cara nyari optimasi fase gerak. Jangan menggunakan pelarut yang deret eluetropiknya (kepolarannya ) mirip. cari yang dari agak non polar sampai ke non polar...misal deret eleutropik fase gerak pilih yang 0, 3, 5, 7, 8. Gitu!!!jangan 3,1;3,4;3,8. aku jamin tetep aja g misah
8. Selain itu untuk mengukur titik lebur, gunakan termophan aja dulu. ( yang kaya mikroskop). lebih cepet. caranya : kamu pol ke suhunya, nah...kalian amati dimana suhu senyawa mulai melebur. Setelah kita tahu range (daerah suhu senyawa melebur) baru kita ulang. amati pelan - pelan secara detail pada perkiraan suhu tersebut)
9. Mendingan klo mau mengelusidasi struktur, pake alat yang ada kromatografinya , biar klo senyawa kita belum murni kita dapat mendapatkan data spektra yang murni, hehehe,...misal aja make Liquid chromatography Mass spektrofoteri, atau GC-MS, atau HPLC_IR, ada g ya??hehehe...baru setelah itu diNMR dan IR. UV perlu juga sich...
10. untuk mass spektroscopy nya perlu diperhatikan pembentukan ion molekulnya make apa?apakahchemical ionik, atau elektrospray...
11. apa lagi ya...besok aku update lagi, klo ada yang mau share....silahkan

2 comments:

wahanahilab said...

i like your blog, good job! goodluck

ITHENG said...

tanks!!U ' welcome
i am happy, u read my blog.(sorry, if my english not good)