Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Monday, November 21, 2011

    Pr juga termasuk kontrol sistem...proses transkripsi yang dinamakan faktor transkripsi, dilihat dari struktur protein, umumnya antara tiga : single, helix, disinsipeart…,

    Pertanyaannya adalah, siapa yagn mengaktifasi faktor transkripsi itu? Kemarin itu ada dua ciri, dia punya DNA binding domain, yang kedua dia berperan dalam regulasi/mengatur /berperan pada ekspresi genatau penekanann ekspresi gen…

    Klo protein yang bisa berikatan DNA tapi tidak bisa mengekspresi gen/penekan ekspresi gen maka dia bukan faktor transkripsi gen, dan begitu pula sebaliknya.

    Kemudian siapa yang mengatur faktor transkripsi itu?siaa yang meregulasi,? Ada suatu sistem dalam sel bahkan di luar sel yang ikut mengontrol ekspresi gen, dan ikut juga mengatur faktor transkripsi itu diaktfitasi ataupun di in aktivasi. Di sistem prokariot salah satu contoh yang terkenal .

    Sistem eukariot sel, pada dasarnya di bagi menjadi beberapa sistem kontrolnya :

    1. Sistem kontrol yang simpel. Artinya sederhana, tidak banyak melibatkan bagian - bagian yagn terlibat dalam proses itu. Unsur yang terlibat di situ sedikit sekali. Contohnya adalah control oleh suatu hormon steoroid, yang hormon itu larut dalam lipid, misal estrogen, berperan pada apa?pematangan sel.

    Cortisol, progesteron, testeteron,

    clip_image001

    clip_image002

    Apa itu peran estrogen, >?banyak (PKM kita itu lho), sama proliferasi sel granulus. Pada proses - proses fisiologi , ternyata estrogen ini adalah regulator ekspresi gen. Mengapa densitas tulang bisa diatur, karena ada protein - protein yang bisa mengaturnya. Dia regulator, masuk dalam sistem kontrol. Estrogen termasuk sistem kontrol yagn simpel. Dia lipid soluble, dia secara langsung bisa menembus lipid bilayer dalam membrane sel itu, bisa masuk ke dalam sel, ketika udah berada di dalam sel, bertemu dengan receptornya, atau suatu protein yang bisa berinteraksi dengan dirinya, (disebut nuklear receptor yang pada saat itu yang masih ada di luar inti), tu disebut estrogen receptor.

    Suatu protein yang bila direntang dari 1 smapi 777, ternyata ada bagian - bagian yang punay peran khsuus, misal ada bagian yang bisa berikatan dengan DNA binding domain , ada juga hormone bidning domain

    Mekanisme kortisol atau hormon itu didalam melakukan aktivasi proses transkirpsi…

    Ini adalah glkokortikoid recepotr, dia bunya AD, DBD, LBD. Sebelum ada hormon, ligan binding domain itu terikata oleh 2 subunit protein yakni HSP 90 menyebabkan dia tidak bisa masuk ke dalam inti, ketika dia ada hormon, HSP 90 lepas, sehingga bisa masuk ke dalam receptor. Kebetulan, dia mempunayai dna binding domaian, dia bisa mengenali sekuen spesifik seperti ini

    5' AGAACA(NNN)TGTTCT'

    Sekuen ini dinamakan GRE (glukokortikoit respon element), suatu sekuen DNA . Sekuennya pendek. Ini mengenali bagian spesifik pada glukokortikoid sehingga spesifik. Ketika terikat, maka terjadi aktifasi transkripsi. Sehingga sekuen DNA itu disebut short regulated element...dan itu biasany terletak pada bagian upstream berdekatan pada gen yang terekpresi. Tidak ada protein lain yang terlbibat pada regulasi ini. Glukokortikoid receptor itu bisa masuk sebagai faktor transkirpsi.

    Estrogen di hasilkan oleh?

    Klo molekul signaling tadi (yang larut dalam lipid),

    Nah klo molekul signaling tidak bisa menembus membrane sel, dia tidak larut dalam lipid, dan sebagaina besar proses signaling kontrol yang dilakukan sistem, dilakukan oleh lipid lipid insolubel (tidak larut dalam sel), molekul ini bisa umumnya protein (makromolekul), atau polipeptida. Dia memerlukan suatu medator signaling yang ada di membrane sel yagn dimnamakan recepotr membarne (surface receptor), yang bertugas menangkap signal - signal dari molekul tadi. Dia bisa berinteraksi dengan molekul signaling, setelah ebrikatan, akan terkativasi, dan meneruskan proses signaling ke dalam sel sampai nanti ke inti sel untuk mempengaruhi ekpresi gen yagn disbeut signaling transduction…

    Aktifasi - aktifasi dilakukan melalui proses phosporilisasi, protein ini aktif setelah ditempel gugus phospat. Suatu proses phosporilisasi itu di lakukan oleh protein kinase. Phosphate diambil dari ATP. Inilah makna bahwa energi yagn ada didalam sel itu dalam formula Atp yang ditransfer antar protein. ATP berasal dari metabolisme glukosa menghasilkan ATP. Glukosa dari karbohidrat. Tanpa energi signaling sel tidak akan terjadi. Untuk sistem ini, ada sistem yang dinamakan

    1. Direct signal transduction. Ada dua sistem biasanya, sistem dilakukan suatu receptor namanaya tyr kinase family, karena suatu recceptor yang bisa melakukan proses phsoporilasi pada protein target yang pada residu tirosine. Biasanya target phosporilasiasi itu pada residu AA yang mengandung OH (punya gugus hidroksil, tyrosine, threonin, serin), ini menjadi target phsoporilisasi oleh protein kinase. Karena protein target inilah yang diaktifasi sekaligus dia mengaktifasi proses transkirpis, karena setelah itu langsung mengaktifasi faktor transkripsi .STAT (signal transduction aktifasion transkripsion). Ini juga sekaligus faktor trakskripsi.
    1. Receptor itu bukan merupakan protein kinase, tapi recepotr bisa mengaktivasi suatu protein kinase, karena dia terikat suatu protein kinase. Contohnya JAC. JAC ini terkaivasi saat receptor berikatan dengan ligand dan mengaktifasi STAT.

    Contoh melekul signalingnya adalah interferon gamma (IFN-gamma). Senyaw aini punya receptor yang merupakan suatu protein (tetramerik protein), yang mengikat protein JAC. Ketika terikat pada receptor ini, maka JAC ini akan terjadi autofosforilisasi, ketika JAC terkaitfasi, akan memfosforilasi STAT. STAT masuk ke dalam inti sel, dan mengenali sekuen spesifik. Biasanya memerlukan suatu aktifaotr, trus dia mengaktifasi proses transkripsi.. Ini dnimaakan diricet signaling trandukction.

    Sebenarnya signal yagn di perantai oleh jac tidak direct juga, tapi ada yagn melalui perantara yang cukup banyak juga.

    Yang berikutnya, signal tranduksi yang paling banyak adalah compel signal transduction cascades.. Ini complek. Sesuai dengnan namanya, melibatkan banyak protein dalam penerusan signalnya. Memerlukan perantara yang cukup panjang. Dan perantara itu, suatu protein - protein kinase juga. Protein yang terlibat itu banyak pada proses signal, karena protein kinase ini disebut MAP kinase…(mitogen activad protein ) kinase sistem. Mengapa dinamakan mitogen? Awalnya di ketahui protein ini berpengaruh pada proses mitogen.

    Banyak jalur signal tranduksi itu, serinya banyak, dan seri itu mempunyai suatu model signal 1, signal 2, dan st..namun diketahui dalam suatu model itu, minimal itu mengandung 3 protein kinase itu. Yaitu, MA kinase (MAPK), MAP kinase kinase (MKK), MKKK. Ini nama generiknya...dan ini bekerja secara berurutan, satu mempengaruhi yang lain.

    Protein MAP kinase, protein yang berugas untuk memfosforilisasi

    MKK, protein yang bertugas dalam memfosforilisasi mAP kinase

    MKKK, protein yang bertugas dalam memfosforilasie MKK.

    Taksinya jadi MKKK.

    Ada suatu recepotr

    Ytang berperan MKKK, adalah RAF. Boleh lebih...target aktifasi faktor transkripsi.

    Selalu ada receptor membnrane, kemudian MKKK, MKK, dan MAPK, yang kemduian mengaktifasi faktor transkirpsi…minimal ada tiga lapis.

    MAP kinase pathwa

    clip_image003

    Sering kali ada jalur yang bersilangan...dan akan mengaktifasi MAP kinase, dan akan mengaktifasi faktor transkripsi..

    Klo kita tadi bicara aktifasi signal tranduksi, ternyata didalam sel ada suatu mekanisme lain. Signaling bukan dilakukan dengan posporilasi, tapi penggantian, perikatan GDP, dan GTP. Contohnya adalah protein RAS. Ditemukan di virus. RAS (ross sdfjdsfjlsdfj, ini menghasilkan kanker, sehingga fungsinya sama dengan yagn ada di manusia, Ras di virus tidak bisa di inaktifasi, sedangkan pada manusia bsia)..gimana aktifasinya??

    Ras yang aktif berikatan dengan GTP, yang tidak in aktif itu dengan GDP. Cara memindahkan adalah protein GEF (guaninnukelotida exchange faktor), GEF ini yang memindahkna GDP menjadi GTP. Bagaimana di inaktifasi? Ras yagn aktif tidak boleh lama - laam, dia harus di inaktifasi, caranyadengan protein GAP (protein yang mendisphoporilisasi ),GTP menjadi GDP.dan sts

    clip_image004

    Klo RAS itu dimana posisinya? Merupakan protein perifer, dia tercantol di membrane, berorientasi ke dalam sel. Dia bisa nyantol ke membrane, tetapi menghadap ke dalam sel. Tergolong dalam protein perifer.

    RAS teraktifasi melaui reseptor membaren, ini contoh..biasanya EGF yang merupakan suatu protein kinase, kemudian terjadi dimerik receptor, kemudian merekerut suatu protein yagn dinaakana GRAFT 2, dan menarik SOS, kemudian OS ini mengaktifaknRAS, GDP menjadi GTP sehingga akan mengaktifkan RAF

    Second massager, klo signal tranduksi itu dlaukan dengan suatu protein dengan jalan lain, melalui suatu melkul lkecil yang bukan suatu protein, terjadi aktifasi receptor, signal tidak diteruskan protein, tapi melalui molekul kecil, molekul kecil ini lah yang disebut second massager.contohnya CYM, CGMP, IP3, DAG, dan ion calsium.

    Epinefirne, ke beta aderenergir recpotr, bidning mengubah konfomrasi recepotr, yang mendekat G protein, mengubah GDP ke GPT, g lfa, adiliate siklase, menjadi cAMP siklase, cAPK kinase, , C subunitu (dari cAPK/protein kinase A), CREB di kinase….menghasilkan gluocisgeneiss enzim, meingkantkan kadar glukosea….

    Short regulatotry elementnya …….

    Regulatory elementnya CRE

    Phospatidil inosetol phosfoat...glicerol, C 3, ada Ohnya tiga, yagn dua berikatakan dengana sama lemak untuk ikatan ester, yagn satu tidak, sehingga untuk berikatan dengan PKC, di potong oleh popsolipase C, enzim yang menghidrolisis lipid . Dia adfkdsfuoewifds. Dia berperan sebagai second massager IP3. kita akan banyak ketemu, klo kita nanti banyak belajar ini..

0 comments: