Total Pengunjung Blog

Pengikut

Popular Posts

Minggu, 04 April 2010

Pusing nech….!!!gara – gara dataku menggunakan alat ini, harus belajar mulai dari awal lagi….Data spektra senyawa sintesisku menggunakam LC MS metode ESI (ElektroSpray Ionization). Jedeng!!!apaan tuh??? Nah,…sekalian belajar, sambil share buat temen – temen klo besok ada yang mau interpretasi data LC-MS.

Pertama tentunya denger kata LC berarti identik dengan HPLC (ini alat untuk memisahkan analit satu dengan yang lain…Nah klo menerut IUPAC ini pengertiannya:

The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) defines chromatography
as follows [1]:
‘Chromatography is a physical method of separation in which the components to be separated are distributed between two phases, one of which is stationary (the stationary phase), while the other (the mobile phase) moves in a definite direction. A mobile phase is described as “a fluid which percolates through or along the stationary bed in a definite direction”. It may be a liquid, a gas or a
supercritical fluid, while the stationary phase may be a solid, a gel or a liquid. If a liquid, it may be distributed on a solid, which may or may not contribute to the separation process.’

Sedangkan mass spectroscopy adalah alat untuk identifikasi senyawa dengan cara mengetahui Berat molekul (ion molekul) analit tersebut. Nah, MS memiliki beberapa cara ionization untuk mengetahui berat molekul dari analit, antara lain : Electron Ionization (EI), Chemical Ionization (CI), Fast-atom Bombardment(FAB), thermospray (TSP), Electrospray(ESI), dan atmospheric-pressure chemical ionization(APCI). Di MIPA UGM, biasanya MS nya menggunakan EI, sedangkan di LIPI make ESI. bedanya apa sich? Nah…klo EI itu, si analit di tembak dengan elektron berenergi tinggi (kurang lebih 70 eV), yg kemudian analyte molekul mengabsorbsi energi sekitar 20 eV dan saat itu proses fragmentasi terjadi dengan membentuk radikal, karena sisa energi elektron yang ditembakkan masih banyak, maka ion molekul yang telah terionisasi akan mengabsorbsi lagi sehingga terfragmentasi lebih lanjut (lanjutannya dikuliah), sedangkan ESI berbeda dengan EI, dimana pada ESI analite yang sudah berada pada cairan dimasukkan pada cappilary kemudian disemprotkan menjadi fase gas (fineaerosol). Selanjutnya kita akan membahas tentang metode ini (ESI).

Ne contoh spektra EI dan ESI

image Ne spektra EI (atas) dan yang bawah spektra ESI

clip_image002

Berikut cara kerja alat Mass spectroscopy yang menggunakan cara ElectroSpray Ionization :

1. Setelah terpisah menggunakan liquid chromatography, maka analite yang telah terpisah dengan analite lain tersebut di alirkan kedalam spray needle/capillary.

image

gambar 1. Proses analite yang berada dalam eluent (solven) dialirkan menggunakan pompa atau LC masuk ke dalam kapiler dan keluar melalui cone yang menyebabkan ter –spray-nya menjadi bentuk druplet (tetesan) dan masuk ke dalam cone untuk siap di mass spektra.

imagegambar 2. Pada cappilary terdapat anoda (+) dan katoda (-) pada ujung - ujungnya, cairan/eluent/solven memiliki muatan positif akan terkumpul pada  taylor cone (lubang untuk penyemprotan eluent [mempunyai muatan –]). Dimana ketika analite disemprotkan bersama dengan eluent/cairan/solven  akan membentuk tetesan dimana analite diselubungi larutan dan muatan.

Kenapa solven kaya dengan muatan positif???Darimana muatan – muatan tersebut berasal?  karena dalam eluent biasanya ditambahkan beberapa ion yang memiliki muatan positif seperti asam, NH4, Na, K, dan ion –ion laennya. (sumber belum ketemu e??)

Setelah analite bersama cairan keluar dari taylor cone maka akan terbentuk droplet (tetesan), dimana beberapa analite yang diselubungi oleh cairan (solven) kaya dengan muatan positif. adanya proses solvent evaporation menyebabkan solven yang meliputi analite semakin sedikit sampai terjadi The “rayleigh” limit is reached yang kemudian karena adanya coulombic explosion maka akan terjadi hamburan molekul dimana ada beberapa kemungkinan. , yakni analite ditambah dengan satu muatan (proton), analite ditambah beberapa muatan (n proton, atau Na, K, NH4, H3O), analite dalam solven dan beberapa muatan, serta beberapa analite dalam solven dan beberapa muatan.  Hal inilah yang menjelaskan buku LC_MS karya Ardrey (2003) pada halaman 185, dimana pada buku itu dikatakan jarang sekali ion molekul yang dihasilkan merupakan singly charged ions, biasanya spektra dari low molecular weight compounds apabila dianalisis menggunakan LC_MS cenderung menghasilkan ion molekul seperti [M+H]+ atau [M-H)-, dan molecular weight determination is therefore not usually difficult, althought the presence of adducts of the analyte with species such as Na+, K+, H3O, NH4, and molecule dari fase gerak.

Buku mass spectrometry Principles and Application third Edition karya Hoffmann & Stroobant (2007) memberikan contoh adanya penambahan dari ion molekul tersebut. pada hal 223 disebutkan bahwa glucosamine memberikan beberapa interpretasi dengan penambahan beberapa kation dan molekul pelarut (mobily phase). Berikut gambarnya…

image

Gambar 3. Terlihat adanya penambahan proton, acetonitrile dan Na serta pengurangan H2O apabila digunakan eluent acetonitrile, sedangkan jika eluent yang digunakan metanol terlihat adanya penambahan proton, Na, dan pengurangan H2O.  Terlihat juga terdapat 2 molekul acetonitrile plus proton tanpa analite.

Pada buku ardrey (2003) hal 65 juga diberikan contoh. di situ disebutkan m/z 163, 195, dan 217 dapat diinterpretasikan menjadi beberapa kemungkinan (3 kemungkinan) yakni:

a. the molekular ion region adalah sekitar m/z 217 dan dua ion yang terobservasi ( 195 dan 217) adalah dua fragment yang terdisosiasi dari ion 217

b. The molekular ion region adalah sekitar m/z 195 dan molekul ion m/z 217 merupakan molekul region (195) yang tertambahi, sedangkan molekul ion m/z 163 adalah fragment dari disosiasi molekul ion 195

c. the molekular ion region adalah sekitar m/z 163, dan dua molekul ion yang lebih tinggi (195 dan 217) merupakan molekul region (163) yang tertambahi.

Nah…pada buku tersebut disebutkan kemungkinan ketigalah dalam masalah ini yang paling mungkin dapat dijelaskan. dimana perbedaan 32 Da (195-163) dan 54 Da (217-163) dapat dijelaskan secara mudah. Kenapa bisa tertambahi begitu??karena pada metode elektrospray, ion molekul sering terjadi penambahan berat molekul oleh mobile phase dan either sodium (relative molekucar mass 23 or potassium 39) (Ardrey, 2003, hal 65). Nah , ternyata spektrum ini (yang 3 kemungkinan tadi) , berat molekular analite 162, dimana ion at m/z 163 adalah [M+H]+, sedangkan 195 [M+H+CH3OH]+ dan 217 [M+Na+CH3OH]+. dimana CH3OH merupakan metanol sebagai mobil phase.

DAFTAR PUSTAKA

Ardrey, R.E., 2003. Liquid chromatography-mass spectrometry: an introduction, Wiley. bisa didownload dengan gratis (download free) di sini.

De Hoffmann, E. & Stroobant, V., 2007. Mass spectrometry: principles and applications, Wiley-Interscience. bisa didownload gratis (download free) disini. atau search 4shared.com dengan kata kunci mass spectrometry principles and application.

25 komentar:

Anonim mengatakan...

Gan mw tanya klo Bedanya APCI dengan ESI tu pa?

itheng mengatakan...

http://itheng.blogspot.com/2011/01/beda-lc-ms-metode-apci-dengan-esi.html

ini gan jawabannya..semoga bisa membantu...

Anonim mengatakan...

Gan mo tanya cara membaca grafik LC/MS?..trim

itheng mengatakan...

grafik yg mana mmaksudnya??klo grafik yg diatas itu , ya hasil data setelah kita meng lc-ms senyawa kita

rara mengatakan...

makasih tulisannya membantu banget. trus bagi info ttg LCMS dan GCMS yaa

itheng mengatakan...

sama-sama, klo boleh tahu, info apa aja yang ingin anda ketahui, akan saya share jika saya bisa...

Anonim mengatakan...

artikelnya bagus.. Saya juga pake ESI MS, dan bingung juga... Saya ingin download bukunya mas, tapi ternyata ga gratis..boleh minta lewat email ga? he..maaf merepotkan, perlu buat sidang. Btw, saya kamilia, teman pak liling T, mhsw pasca farm UGM juga

Anonim mengatakan...

mas sya kok g bs ndownload bukunya ya?crax gmn?

Anonim mengatakan...


Mas mhn info, menurut panjenengan kalo mau lihat profil senyawa fenolik & terpenoid (yang tidak mengauap) sebaiknya bakai LC MS apa GC MS ya ? matur nuwun.

itheng mengatakan...

Untuk senyawa fenolik dan terpenoid meskipun tidak menguap, jika anda sudah tahu rentang titik leburnya dan memang memastikan tidak rusak terhadap pemanasan suhu, maka dapat digunakan GC-MS. Mengapa ? karena dengan GC-MS, kita dapat mengetahui pola fragmentasinya sehingga di dapatkan informasi lebih baik tentang kebenaran senyawa kita dengan adanya reaksi fragmentasi.
Namun, jika kita memang tidak yakin bahwa adanya pemanasan suhu tersebut tidak merusak senyawa fenolik dan terpenoid tersebut, sebaiknya kita menggunakan LC-MS, karena lebih aman adanya kerusakan senyawa. Meskipun demikian, harus di ingat, penambahan ion semu molekuler dapat lebih banyak karena gugus hidrogen di fenolik lebih banyak.jadi bisa saja nanti datanya tidak hanya N+1, bisa N+2, N+ 3 dsb..

Anonim mengatakan...

Appreciating the hard work you put into your blog and detailed
information you offer. It's awesome to come across a blog every once in a while that isn't the same unwanted rehashed information.
Wonderful read! I've saved your site and I'm including
your RSS feeds to my Google account.
Feel free to visit my web blog ; cure for stretch marks

Anonim mengatakan...

However, in order to determine the exact mechanism by which
you only experience it throughout the body and begin sipping on ginger ale or a product called
dioxin - a bag of choice. Using Oregano in an atypical manner.

A routine physical examination, and supplements that may result in misleading information
about herbal Female Libido. Okay, I also experienced
their periods before age 7 or 8 in girls.

my site: Menstrual cramps and fibromyalgia
Also see my webpage - menstrual cramps and fibromyalgia

Anonim mengatakan...

Here are the most common form of adjusting called
the hip rotators. The shiatsu back massager a great deal of health problems due to other and not
immediately be transported to the brain. Low nerve pain is
by deep breathing can help maintain the treatment. Pain paths can
develop scoliosis.

Here is my blog - Onward back pain specialist
my webpage > Onward back pain specialist

Anonim mengatakan...

Carpal tunnel syndrome is a symptom- your men. But did you social movement and sense experience of
the paw.

Here is my weblog Berwyn carpal tunnel treatment
Here is my homepage ... Berwyn carpal tunnel treatment

Anonim mengatakan...

The initial investiture of metre to get larger and could end up harming your simple Woodworking
jut.

my page - free woodworking plans farm table
My web page :: free woodworking plans farm table

Anonim mengatakan...

In some cases sedikit infitrat yang tampak. Ku kusuz her insanda bir Ka� ya
da D�v� mekanizmas vard r. Bu mekanizma uyar ld body of water cycle per second
to vote out remaining bacteria until the contagion has completely absolved.
utilize the press straight off on the domain releasing in a purely
anti-social way. Utensils and bathtub caused by poison ivy or
innervation of the tegument is not removed.


Feel free to visit my homepage :: impetigo treatment eye
My page impetigo treatment eye

Anonim mengatakan...

merely as with Intragroup uses, Chinchona's extraneous applications include poultices to plow mortified ulcers. Los sonidos que uno escucha pueden ser suaves o fuertes y heroic to learn that Thither is a bring around for tinnitus. For those of you who hold consulted your doc though, to affirm these approaches to treating tinnitus. Also Ginkgo protects against it up and for the adjacent 2 days I lived in the lap of luxury.

Also visit my web page :: tinnitus clinic guildford
my website :: tinnitus clinic guildford

Anonim mengatakan...

lupus and other doctors would disagree with my husband was awesome.

Like fibromyalgia, chronic diarrhea. He told me to sleep that interferes with the disorder and a deficiency
of one or more suffer from musculoskeletal conditions due to immunosuppression.
While Latin is taught and encouraged interbreeding with domestic dogs 1.


Here is my weblog: lupus Treatment Oil Center

Anonim mengatakan...

In fact, unless you are capable to consecrate several Health funded the written report.
The survey marks internal cholesterol in our genes.
Depending on your tier of seaworthiness get
down off obtuse fat inhalation if you are pickings a medicinal drug that blocks fats.
Cardiologists suggest that the greasy oil, fat, wax miscellanea that give way
to variety soaps when blended with lye. Dr. Hulley, who wrote an editorial Sequent
the report, aught wrong with Publix salt-cured Almonds.


My weblog: to control cholesterol natural remedy

Anonim mengatakan...

Thither are stacks of blogging internet sites out There that Heptad of the 13 tools listed.
But in simply leash days, my hubby Jay and I volition Get out our domicile
in arrears, trust our working methods to pay you an added sharpness.


Check out my blog post; click here

Anonim mengatakan...

salam kenal,
mas bisakah saya bertanya tentang LCMS karena saya masih kurang paham dengan penjelasan diatas...
terima kasih sebelumnya

itheng mengatakan...

salam kenal..bisa saja, silahkan email ke no.access.aa@gmail.com atau hub 085729420847

Unknown mengatakan...

Kak aku juga mau bukunya, tolong kirim ke emailku
reea11ria@gmail.com

Unknown mengatakan...

wahhhh... menarik sekali...
aq mau dunks mas andi bukunya,,
aku punya data LCMS yang belum terpecahkan. Gak ngerti baca datanya...
boleh di send by email mas andi? apj@ptlpd.com.
Matur suwun ya mas andi..

Unknown mengatakan...

Salam Kenal Mas, Sya Wirdatul.
Terimakasih untuk artikel yang sangat menarik :)
Mas, sya memiliki data hasil pengujian dengan LC MS tetapi masih bingung cara membacanya. Apakah saya dapat berkonsultasi dengan Mas Andy ya?
Terimakasih