Total Pengunjung Blog

Search

Loading...

Followers

Popular Posts

Thursday, June 9, 2011

1. dalama merumuskan strategi perusahan, dapat dilakukan dengan SWOT analisa. salah satu metode dalam SsWOT analissi untuk merumuskan stratgi adalah melalui matrik SWOT. Jelaskan langkah yang dilakukan untuk mendapatkan matrik SWOT tersebut ?

Hal terpenting adalah kita harus mengetahui visi dan misi perusahaan. SEgala Element (sumber daya ) harus benar – benar paham tentang visi dan misi ini karena dengan paham ini maka sumber daya akan bersiap – siap secara optimal untuk mencapainya. Dengan mengetahui visi dan misi ini kita akan mencari data – data yang diperoleh dari faktor internal (meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan) serta faktor eksternal (meliputi peluang dan tantangan dari luar). Dengan data – data tersebut maka kita harus mengarahkan ke Isu – isu strategik yang muncul dipasar agar semua data itu dapat digunakan untuk menghadapi isu – isu tersebut. Setelah itu maka dapatlah kita melakukan analisis SWOT.

 

pada faktor internal kekuatan dan kelemahan perusahaan dapat di identifikasi melalui segi operasional maupun segi managerial. adapun segi operasional meliputi pemasaran, produksi, personalia, keuangan, administrasi, dan akuntasi. sedang segi managerial meliputi organisasi, perencanaan, pengarahan, kordinasi dan pengawasan.

 

faktor lingkungan eksternal dapat dilakukan baik dekat maupun jauh. yang dimaksud dengan dekat antara lain karena dipengaruhi oleh 5 kekuatan yang mempengaruhi dalam persaingan yakni rival (kekuatan tawar menawar pembeli, produk substitusi, pendatang baru yang berkompeten,, suplier/pemasok, dan perusahaan sejenis). sedangkan jauh antara lain demografi , teknologi, lingkungan politik.

 

2. five force dan kapan 5 kekuatan itu kuat???

image pendatang baru yang potensial akan kuat apabila :

1. mereka dapat mengatasi ekonomi scale dengan implementasi mampu menghadirkan produknya dengan skala besar dan dapat emnghadapi reaksi keras dari para pesaingnya

2. kebutuhan modal untuk menanamkan sumber daya yang masuk dapat tercukupi

3. biaya beralih dari produk satu ke produk  lainnya oleh pelanggan dapat ditekan oleh pendatang baru sehingga konsumen dapat dengan mudah beraliha ke produk pendatang baru

4. menguasai akses saluran distribusi karena sehingga pendatang baru dapat mengamankan produknya

5. kebijakan pemerintah yang menguntungkan pendatang baru (sulit)

6. biaya yang tak menguntungkan terlepas dari skala misal teknologi milik sendiri, bahan baku terkuasi,lokasi menguntungkan, subsidi pemerintah, kurva belajar dari pengalaman.

 

pemasok kuat dengan mengancam industri untuk menaikan harga atau menurunkan kualitas/mutu produk atau pelayanan/jasa yang dibeli. Kelompok pemasok dikatakan kuat apabila  :

1. pemasok lebih terkonsentrasi dari pada perusahaan pembeli di tempat pemasok menjual.

2. pemasok tidak menghadapi produk pengganti

3. produk dari pemasok telah terdiferensiasi

4. industri bukan merupakan pelanggan yang penting bagi pemasok

5. produk pemasok merupakan input yang penting bagi pembeli

6. kelompok pemasok memeliki ancaman yang menyakinkan melalui integrasi maju. (dia akan berusaha mendirikan industri mirip dengan industri yang membeli produk dari pemasok)

 

kekuatan tawar menawar pembeli kuat apabila :

1. produk yang dibeli tidak terdiferensiasi 9standar)

2. biaya beralih dari produk satu ke produk kompetitor kecil

3. pembeli melakukan integrasi balik (pembeli berusaha melakukan untuk menjadi industri yang tadinya pembeli membeli di industri ini).

4. pembeli melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak

5. pembeli memiliki informasi yang lengkap.

 

Rivalitas sesama industri adalah dengan cara :

1. perang iklan

2. produk terdiferensiasi, introduksi

3. pelayanan yang lebih baik meningkatkan pelayanan

4. persaingan harga

 

sedangkan produk substitusi akan membatasi laba potensial industri. makin menarik alternatif harga yagn ditawarkan , maka makin membatasi laba potensial.

 

3. Jelaskan yang dimaksud siklus hidup produk farmasi ?

siklus hidup produk farmasi adalah perjalanan penjualan suatau produk dari masa hidupnya yang berawal dari tahap pengembangan produk, introduction, growth, maturity dan declear.  tahap pengembangan produk sesungguhnya belum termasuk tahap penjualan namun tahap ini sangat membutuhkan investasi yang sangat besar untuk penemuan produk dan pengembangan produk. pada tahap introduction produk telah di launcing dengan pertumbuhan pasar tinggi karena dari tidak ada menjadi ada. pada tahap ini tidak menghasilkan laba karena semua biaya untuk memperkenalkan produk. biasanya pada tahap ini produk masih memerlukan investasi yang besar untuk promosi. sedangkan pada tahap pertumbuhan penerimaan pasar besar dan laba juga besar. pada tahap maturity laba yang diperoleh adalah paling besar meskipun markit sharenya turun /kecil. disedagnkan pada tahap decline periode penjualan menunjukkan arah yang menurun dan laba menipis.

 

4. perbedaan yang mendasar dalam memasarkan obat OTC dan ethical berdasarkan konsep marketing Mix?

perbedaan yang mendasar pertama adalah pada segmentasi pasarnya, apabila produk OTC berada pada segment pasar masyarakat umum maka ethical pada segmentasi dokter karena obat ini diresepkan. Dengan demikian targeting pasarnya pun juga menjadi berbeda, karena untuk obat OTC maka bisa jadi target pasarnya adalah pediatriek, geriatrik, remaja atau berdasarkan penyakitnya sesuai dengan obat OTC, sedangkan target pasar untuk dokter – dokter yang menggunakan produk etical sehingga bersedia meresepkan.

 

promosition nya berbeda karena target pasarnya berbeda, apabila OTC maka melalui iklan – iklan untuk masyarakat umum, maka ethikcal promosi dalam bentuk siminar – seminar yang mengundang dokter target obat ethical maupun jurnal – jurnal ilmiah yang ditujukan untuk dokter membahas obat ethical.

dalam menentukan price keduanya memang melihat kompetitor namun jika ethical maka diikuti dengan follow up menggunakaan re – per ke dokter – dokter maupun matrap.

 

5. jelaskan penetapan harga dengan metode cost plust!! kapan metode cost plus ini digunakan?

digunakan pada saat produk kita baru di pasaran( pada saat tahap introduction. )

caranya dengan menambahkan angka standar pada biaya produk,.

biaya dan penjualan yang diahrapkan :

sabun cuci piring DDlight merupakan produk unggulan dari ledok timoho yang sangat mampu membersihkan kotoran apapun bahkan sepiring – piringnya. maka kita akan menetapkan harga dengan Cost plus karena produk ini masih baru.

caranya :

lihat biaya variable /unit misal Rp. 10

trus biaya tetapnya untuk memproduksi yang diharapkan terjual 50.000 botol adalah Rp.300,000

pabrik ledok timoho ingin memperoleh 20 % kenaikand ari harga jual, berapa harga ditetapkan :

unit terjual  : 10 + (300,000/50,000)

                 : 10 +6 = 16

harga yang sudah dinaikkan : biaya perunit : (1-kenaikan harga jual)

                                       : 16 / (1-0,2)

                                       16/0,8

                                        = 20

kisi pengembangan produk dan pasar pada bisnis farmasi? penjelasan disertai dengan gambar.

 

image 1. penetrasi pasar adalah strategi perusahan untuk meningkatkan penjualan produk lama pada pasar yang lama. misal sabun cuci piring diledok timoho itu sudah terjual 1000 botol tiap bulannya diwilayah timoho sendiri. maka marketingnya akan meningkatkan penjualan pada bulan besok menjadi 1500 diwilayah yang sama dengan penetrasi pasar yang lebih baik.      

2. apabila marketing ledok timoho melakukan pasar yang baru dengan tetap produknya sabun cuci piring disebut ekspansi pasar. memperluas pasar ke wilayah gedong kiwo.

3. Apabila ledok timoho kembali meluncurkan produk sabun cuci piring namun dengan wjah baru seperti sabun cuci piringnya penggunaannya yang mulanya harus dua tuangan untuk membersihkan 10 piring, sekarang hanya dua tetes saja, maka produk ini baru namun dengan pasar yang lama, maka disebut difersifikasi. Ini biasanya digunakan untuk pasar yang sudah jenuh dan mempertahankan maturity agar produk tidak dicline.

4. apabila ledok timoho kemudian mengembangkan produk sampo maka dia memiliki produk baru dan pasar yang baru, nah inilah yang disebut produk diversifikasi. diversifikasi baerarrti memulai atau mengambil alih bisnis di luar produk dan pasar yagn sudah ada.

 

 

 

biaya variable/unit : 10

biaya tetap : 300.000

jumlah tablet yang diharapkan terjual

 

6. Jelaskan yang dimaksud dengan protofolio bisnis farmasi!!jelaskan langkah – langkah yagn diambil dalam analissi portofolio dengan analisis Boston Counsulting Group?

portofolio bisnis farmasi adalah suatu alat yang digunakan oleh management untuk mengetahui/mengenali dan mengevaluasi berbagai bentuk bisnis perusahaan.

langkah – langkahnya adalah :

1. menganalisis dan mengetahui letak UBS yang dimiliki. UBS adalah suatu unit bisnis suatu perusahaan dengan misi dan sasaran terpisah dan dapat direncanakan secara independent dari bisnis milik perusahaan lain.dapat berupa produk atau merek, divisi perusahaan.

2. cara menganalisisnya dalah menentukan pangsa pasar relatif UBS dan tingkat pertumbuhan  pasarnya. Dengan menganalisis hal ini maka perusahaan dapat menentukan posisi UBS dibagian mana, apakah di Tandatanya, bintang, sapi perah ataupun dog. dengan ini managemen dapat menilai berapa banyak dukungan yang akan dibutuhkan oleh UBS

3. Setelah mengetahui posisi masing – masing UBS maka perusahaan akan menentukan berapa kontribusi yang harus diterima oleh UBS atau justru UBS memberikan untuk perusahaan. Management dapat menentukan apakah UBS diperlukan strategi kembangkan, pertahankan, panen, atau dilepas.

 

contoh soal :

 

image

cara menghitung pangsa pasar relatif :

        data penjualan perusahaan kita, dibagi dengan penjualan pesaing tertinggi.

maka diperoleh data sebagai berikut :

imagekarena tingkat pertumbuhan pasar sudah diketahui maka tinggal memasukkannya saja ke bagan model BCG.

image mari kita masukkan :

JADI yang ada di anjing hanyalah sirup parasetamol

kemudian yang ada di tanda tanya adalah tablet parasetamol, pelembab, pembersih

di bintang adalah pemutih dan obat jerawat

sapi perah adalah amoxicilin, bedak, narkotik

 

nah…setelah ini perusahan dapat memutuskan masing – masing UBS, management mungkin akan memutuskan UBStanda tanya yang memiliki prospek cerah dengan metode kembangkan. maka promosi besar – besaran, subsidi penurunan harga, kampanye promosi dilakukan. Sedangkan pada amoksisilin, management kemungkinan melihat bahwa prospek pasarnya masih sangat bagus (tingkat pertumbuhan yagn itnggi), sehingga menggunakan metode pertahankan agar maturitynya dapat diperpanjang. maka mempertahankan pasar serta kesetiaan pelanggan adalah langkah yang tepat untuk amoksisilin. Sementara itu, narkotik akan panen aja deh…karena kemungkinan masadepan nya suram.

 

7. apa yang dimaksud dengan marketing mix? jelaskan aplikasinya untuk produk ketoprofen?

 

marketing mix kuwi suatu alat sing di pake perusahaan sebagai alat pemasaran yang taktis . terdiri dari price, product, placement (distribusi), dan promosi yang harus dikendalikan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon dalam pasar seperti yang diinginkan perusahaan.

 

ANalisis produk : ketoprofen itu produk untuk analgetik yang sering digunakan untuk bedah dan bius cabut gigi. Produk ketoprofen ini sebagai marketing harus tahu apa kelebihannya dibandingkan produk kompetitornya sehingga dapat menarik target pasar kita.

Maka segment pasarnya adalah para dokter bedah dan dokter gigi. Target pasarnya (placement) adalah dokter bedah dan dokter gigi yang sering menggunakan produk setipe dengan ini, dokter bedah dan dokter gigi yang ada diseluruh indonesia.

 

dalam menentukan harga, apabila produk kita ini memiliki kelebihan daripada kompetitornya maka kita juga harus sadar apakah kita ini sebagai chalenger, leader, ataupun follower di pasar sehingga kita dapat menentukan harga dengan tepat dan menarik bagi target pasar.

karena produk ini adaalah produk ethical maka produk ini biasanya dipromosikan dengan mengeundang dokter bedah dan dokter gigi dalam acara seminar – seminar yang berhubungan dengan produk ini maupun jurnal – jurnal yang berkaitan dengan produk dengan dikuti follow up matreep.

 

8. Apakah tujuan pemasaran itu untuk menjual sebanyak – banyaknya agar dapat memperoleh keuntungan yang sebesar – besarnya atau untuk memeuaskan pelanggan sehingga terjadi loyalitas customer terhadap eprusahaan??

Ya tujuannya ki memuaskan pelanggan, karena dengan pelanggan puas akan terjadi loyalitas customer sehingga akan terjadi repead order/pembelian berulang. dengan pembelian berulang ini maka akan mendatangkan keuntungan yang banyak. berbeda dengan menjual sebanyak – banyaknya dengan keuntungan yagn besar, ini hanya akan mendapatkan keuntungan yang singkat dan tenaga untuk mencari pembeli baru itu lebih besar yang dikeluarkan daripada mengelola pembeli yang telah loyal.

 

9. jelaskan apa yagn dimaksdu dengan segmentasi pasar, targeting, dan positioning? Mengapa PT. Konimek hanya berfokus pad OTC dan PT Cendo pada obat Mata (cendo) sedangkan PT. Kalbe Farma memrpoduksi dan memasarkan ekduanya yaitu ethical maupun OTC?

segmentasi pasar itu membagi 0 bagi pasar secara jelas menjadi kelompok yang jelas dengan kebutuhan , karakterisitik, atau tingkah laku yang berbeda yang emmebtuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. segment pasar kelompok konsumen yang memberikan reaksi serupa terhadap sepengerangkat usaha pemasaran

 

target pasar merupakan proses mengevaluasi daya tarik setiap segmeent pasar dan memeilih satu atau beberapa segment untuk dimasuki. disini kita perlu mengthaui karakteristik dari target pasar.

posisioning pengaturan agar suatu produk menduduki tempat yang jelas, terbedakan dan didambakan dalam benak konsumen sasaran berhadapan dengan produk pesaing apakah akan menjadi leader, chalanger, follower atau nicher.

 

PT Konimek dan PT cendo lebih memilih segemtnasi pasar kecil tapi dengan market share yang besar. Hal ini karena konimek memilki keunggulan teknologi maupun hal lainnya sehingga memeiilik daya saing yang tinggi dan flexibilitas tinggi sehingga mampu menguasi pasar. sedangkan PT Kalbe menggunakan strategi menjual dua produk dengan segment yang berbeda yakni etikal dan OTC. dengan segemetn pasar yang berbeda, maka akan memerpoleh penjualan yang besar dari kedua nya. 

0 comments: