Total Pengunjung Blog

Followers

Popular Posts

Tuesday, June 21, 2011

1. Dampak kenaikan nilai tukar mata uang USD terhadap rupiah kepada para pelaku bisnis farmasi dalam melangsungkan usahanya ke depan :

harga beli bahan baku import jdi mahal. sementara bahan baku farmasi dominan import. akiatnya harga jual produk mahal sehingga menyebabkan daya beli masyarakat turun. Akibatnya perusahana farmasi tidak akan tumbuh kembang.

2. apakah tujuan utama dari fenomena mega merger perusahan pahrafsi multinasional :

memperkuat bidang finansialnya . Apabila bidang finansial kuat maka dapat kuat dalam R&D dan promosi. Dengan adanya R&D maka penemuan obat baru.dengan finansial dapat juga memperkuat penjualan dan daya saing, memperkuat struktur keuangan, meningkataknd aya saing dan meningkatkan efisiensi.

 

3. jelaskan kenapa monopoli akan sangat emrukgikan masyarakat dan apa manfaat dari free trade competition:

karena harga ditentukan oleh perusahaan, sehingga konsumen harus bersedia membayar untuk membeli barang berapapun harganya.n sedangkan apabila free trade competition harga akan ebrkompetisi sehingga konsumen dapat membeli barang dengan memilih.

 

4. pada laporan keuangan yang manakah fokus dari program Operational excellent (OE) , dan apa ssaja kah yang menjadi target dari program OE tersebut :

fokus dari program OE adalah menurunkan COP. sedangkan targetnya adalah output karyawan yang tinggi, menghasilkan added value yang tinggi, dan inventory yang berimbang

5. jelaskan ktentang ketentuan umum CPOB :

a. anda harus menuliskan prosedur tetap yang anda lakukan

b. anda harus mengikuti prosedur tetap yang telah ada

c. anda harus menuliskan apa yang telah anda lakukan

d. anda harus melakukan validasi

e. meRawat peralatan dan fasilitas yang ada

f. yang melakukan pekerjaan adalah pekerja yang telah memiliki kemampuan dan kompeten dalam bidangnya (telah ditraining seuai dengan bidangnya)

g. anda harus menjaga kebersihan linkungan, peralatan dan personal higienis

h. anda harus melakukan inspeksi diri (self inspektion) secara teratur

i.  persiapkan rancangan /desain fasilitas dan peralatan yang sesuai.

 

6. Apakah 2 resiko utama yang harus dihindari dengan peaksanaan GMP , karena 2 resiko tersebut tidak dapat dilakukan testing, yakni

cros contaminantion dan mix up.

7. Apakah peranan penting perusahaan /industri pada pembangunan ekonomi indonesia dilihat dari indikator makro –ekonominya?

dengan adanya industri farmasi yang merupakan mikro ekonomi, apabila dapat menumbuh kembangkan industri maka perusahaan yang tumbuh kembang akan membutuhkan karyawan sehingga menyerap lapanangn kerja. Dengan menyerap lapangan kerja tersebut indsutri farmasi juga akan selalu meningkatkan kesejahteraan karyawannya. sementara itu penyerapan lapangan kerja adalah salah satu indikator makro ekonomi, semakin tinggi penyerapan lapangan kerja maka semakin bagus. dengan adanya penyerapan lapangan kerja, maka GNP (gross netto profit akan naik, sehingga terjadi peningkatan). selain itu growt ekonomi juga akan meningkat

 

8. sebutkan cara – cara yang hars dilaksanakan agar starting amterial senantias memenui syarat sesuai dengan spesifikasi :

a. kita harus memilih suplier yang menerapkan QMS. Untuk mengetahui suplier menerapkan QMS maka ada dokument d0kument yang menerangkan release dan rejected

b. ada audit external secara rutin. dengan melakukan audit external secara rutin. kita dapat mengetahui jika perusahaan menerapkan QMS. tanda perusahan menerapkan QMS adalah ada sistem yang mencegah crosscontamination dan mix up

c.  kita harus selalui mendapatkan informasi –informasi tentang perubahan – perubahan yang dilakukan dalam proses produksi apakah merubah kualitas sm atau tidak. perubahan pasti terjadi, tapi kita harus memiliki change kontrol sehingga perubahan dapat di manage

d. saat menerima starting material dan packaging material harus melakukan double check dan Coa Ceck

d. independet suplier. kita tidak boleh hanya memiliki satu suplier karena apabila suplier ini bermasalah kita akan ikut bermaasalah. kita harus memiliki lebih dari satu suplier.

 

9. Jelaskan yang dimaksuda audit level 1, audit level 2, audit level 3

level 1 –audit yang dikerjakan sendiri (self audit)

level 2 –audit yang dikerjakan bersama departemen yang lain

level 3 –audit yang dikerjakan oleh corporate

level 4 – external audit (BPOM)

 

10. Cara meningkatkan produktivitas yang sering dilakukan :

    a. menaikkan output—> yield, conformance index, BRFT

    b. Reduce waste     --> rejected dan rework

    c. reduce input       --> energi reduction, reduce materials, labor reduce

   d. reduce COP (Cost of production) –>reduce COP material, factory overhead, direct labor.

11. bagaimana menurunkan COP supaya prduk farmasi berdaya jual bersaing tinggi :

     menurunkan harga material bahan baku, menurunkan factory overheated, menurunkan /mengurai direct labor.

 

11. gambarkan diagram IPO :

 

input proses output
material
capital
information
labor
methode
energy
tranformation
(converse)
proses
goods or service “added value”
I
I
I
I
<---------------------------- -feed back information---- -

12. apa fungsi feedback information dalam manajemen produksi :

merupakan lapopran penting untuk koreksi suatu perusahaan. digunakan untuk control input dan proses teknologi. apabila teknologi semakin tinggi maka input yang diubah menjadi output akan menghasilkan added value yang semakin tinggi. Di sini akan dapat mengoreksi apakah perlu penyesuaian input agar sesuai dengan added value yang didapat

 

13.fungsi dan pentingnya mengetahui kapasitas mesin dalam proses produksi.?

dengan mengetahui kapasitas mesin kita dapat mengetahui kapasitas produksi (volume ) dan cost yang dikeluarkan untuk produksi. pentingnya kita dapat meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi dan efektivitas produksi.

 

14. konfilk management inventory dan pengatasannya

   keuangan –menginginkan inventory yang rendah untuk memperkuat modal

   marketing – meninginkan inventory yang tinggi untuk meningkatkan penjualan

  produksi –menginginkan inventory yang optimum, sehingga menjaga efisiensi produk dan memperlancar tingkat pemanfaatannya

 

pengatasa-inventory managemen harus mengembangakn konflik – konfil tersebut dan mengendalikan inventroy tersebut untuk manfaat yang ebsar buat perusahaan keseleurahan.

 

15. Jika terjadi kesalahan bisa terjadi dalam pengendalian barang, apa yang bisa terjadi ?

out of stock maka akan terjadi loss sales di marketing, akibatnya akan terjadi kekosongan pasar yang menimbulkan pelanggan yang loyal beralih ke produk lain , ini menimbulkan kerugian bagi perusahaan

kelebihan stock sehingga di dalam gudang barang sangat ebsar. APabila marketing tidak bisa menjual barang – barnag tersebut dalam tempo waktu ED, maka barang akan rugi sehingga kerugian barang.

 

16. kapan pelaku bisnis farmasi dapat berperan besar pada kemajuan makro ekonomi ?

jika kebijakan fiskal, ekonomi growth, excange rate, GDP/GNP , employment meningkat dan inflasi serta interest rate rendah.

 

17. apa itu forecast dan manfaat apa yang diperoleh forecast ?

forecast adalah kegiatan untuk meramalkan keadaan di masa depan melalui pengujian keadaan masa lalu disertai dengan data secara statistik.

manfaat dapat memprediksi jalannya perusaahaan di masa depan.

18.   apa komponen COP (Cost of produktion)?

    a. direct labor

    b. material/packaging material

    c. faktory overheated (biaya operasional pabrik)

19. dari aporan keuangan, makakah fokus dari program OE, dan apakah yang menjadi target dari program OE tersebut.

menurunkan COP. targetnya output karyawan meningkat, added value meningkat, dan inventory berimbang

 

20. apakah tantangan bagi fakutlas farmasi di masa depan :

industri jasa pendidikan harus menyediakn keluaran yang memiliki ilmu aplikable, mampu mengaplikasian ilmu management inventory, actuating, organizing, standar biaya, dan COP, mengubah dari akademisi ke akademisi praktisi, membangung kompentisi farmasi dari lembanga pendidikan seusai dengan pentuk pealyanaan kefarmasian ., pendidikan yang mengedapankan pharmacieutcal care dan meghasilkan uituput kualifieed pahramasis yang competitif.

0 comments: