Total Pengunjung Blog

Blog Archive

Followers

Popular Posts

Tuesday, October 11, 2011

Dear kawan…kali ini, andy akan njelasin tentang berbagai hal yang jarang orang ketahui tentang cairan oralit.

What oralit ? oralita adalah larutan untuk merawat diare. larutan ini sering disebut rehidrasi oral. larutan ini mempunyai komposisi campuran natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, dan natrium bikarbonat. Orang menggunakan larutan ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Sering digunakan pada orang /anak – anak yang terkena diare.

 

Kenapa Cairan oralit dapat digunakan untuk menanggulangi dehidrasi?

Dehidrasi adalah kekurangan cairan tubuh akibat terjadinya ketidakseimbangan pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukannya. Ternyata cairan oralit ini bisa memasukkan air kedalam tubuh. Dimana air di masukan dalam tubuh melalui penyerapan/absorbsi usus halus.

Bagaimana mekanisme cairan oralit dapat memasukkan air melalui penyerapan/absorbsi usus halus?dan mengapa cairan oralit perbandingan gula dan garam 1 :2?

 

Pada usus halus di permukaannya ada membrane . Di dalam mebrane tersebut terdapat transporter yang disebut  SGLT-1 (sodium Glukose Transporter-1). transporter ini berfungsi untuk memasukkan gula dalam bentuk glukosa melalui proses absorbsi di usus sehingga gula dapat melewati usus dan masuk ikut tertransport aliran darah. Nah…pada proses absorbsi inilah ternyata air ikut masuk…jadi begini, mekanisme glukosa masuk melewati SGLT-1 ini di bantu oleh ion Natrium yang banyak terkandung di garam. Mekanismenya adalah, ketika dua ion natrium menempel di SGLT-1, maka SGLT-1 akan berubah bentuk sehingga dapat menarik 1 molekul glukosa. Akibatnya, ion natrium dan glukosa tersebut masuk. Ternyata, setelah itu, molekul air (H2O) yang ada didalam usus juga ikut – ikutan masuk. G tanggung – tanggung masukknya, 264 molekul H2O ikut masuk melewati SGLT1.

Sesungguhnya, apabila melihat perbandingan ion Natrium yang masuk dan glukosa yang masuk, maka permbandingan oralit seharusnya adalah garam 2 sendok dan gula satu sendok, namun pada wikepedia perbandingan oralit adalah  garam  1 sendok, sedangkan glukosa 2 sendok (terbalik) mengapa??

Hal ini  Apabila dilihat dari mata saja, maka memang nampak bahwa garam hanya 1 sendok, sedangkan gula 2 sendok, namun apabila kita memperhatikan berat molekul dari garam yang sangat kecil sedangkan gula besar sekali, maka perbandingan secara molekuler, menjadikan bahwa satu sendok garam tersebut sudah cukup untuk memasukkan 2 sendok glukosa melalui transporter SGLT 1.

Inilah alasan yang melandasi perbandingan gula dan garam dalam cairan oralit adalah 2 sendok gula dan 1 sendok makan

        

image

Kenapa gula masuk lewat SGLT 1 tidak langsung di absorbsi melalui difusi saja?

karena molekul gula merupakan molekul yang besar dan susah menembus membrane usus.

Bagaimana cara melakukan penelitian tersebut sehingga diketahui bahwa yang masuk pada SGLT-1 adalah 2 ion Natrium , 1 molekul glukosa, dan 264 molekul air (H2O)?

caranya adalah menggunakan Xenopus laevis oocytes (telur kodok) yang telah di masukki transporter SGLT-1 milik manusia.

image

 

 

 

image image

image

 

Nah…dengan berbagai perlakuan tertentu sesuai dengan jurnal, dilakukan perlakuan pemberian ion natrium, molekul glukosa dan molekul air kemudian dilakukan pengamatan, dimana ion natrium, dan molekul glukose serta air dengan cara tertentu dapat diamati perpindahannya masuk melalui transporter tersebut

gimana cara memasukkan transporter ke dalam oocytes?

image

 

dengan cara memasukkan cRNA dari SGLT-1 (di injeksikan ke dalam Xenopus oocyte) , yang kemudian di inkubasi sehingga akan terjadi ekspresi protein SGLT-1.

 

 

 

 

 

 

 

1. The Na+/glucose cotransporters: from genes to therapy
R. Sabino-Silva, R.C. Mori, A. David-Silva, M.M. Okamoto, H.S. Freitas and U.F. Machado

2. Isotonic transport by the Na+–glucose cotransporter SGLT1 from humans and rabbit
T. Zeuthen, A.-K. Meinild *, D. D. F. Loo *, E. M. Wright * and D. A. Klaerke

4 comments:

FENNY NOVENSIA said...

good information :)

FENNY NOVENSIA said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

bagus..
tapi, yg saya baca itu, dlm 1 gelas air dimasukkan 2 sdt gula dan 1/2 sdt garam..
Jadi perbandingan gula dan garamnya seharusnya 4:1 donk..??

harga foredi said...

Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu