Total Pengunjung Blog

Blog Archive

Followers

Popular Posts

Monday, October 17, 2011

Assalamu’alaykum wr.wb

salam pengabdian…

rekan – rekan sekalian, kali ini kita akan membahas tentang salah satu kontrol kualitas yang dilakukan terhadap DD light, Sabun cuci piring. Kebanyakan dari pelanggan bertanya kepada kami, gimana kekentalannya? encer G?kemarin aku make sabun serupa, ternyata encer, jadi lebih boros deh makenya!!!.”. Berawal dari pertanyaan itu, team kami mulai memikirkan gimana cara membuat agar kepercayaan pelanggan bertambah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mempertahankan konsistensi kualitas produk DD light, terutama kekentalan. Oleh karena itu, dari team berpikir keras hingga menemukan metode yang teruji efektifitasnya, serta efisien, dan murah dalam mengkontrol kualitas dari produk DD light. Dengan semangat mengabdi dan berbagi ilmu kepada para peneliti, maka saya pribadi dengan sangat iklhas membeberkan metode kontrol kualitas kami dalam menguji produk DD light serta membahas metode ini agar para pembaca merasa yakin, bahwa produk lokal pun, tanpa teknologi yang canggih pun, juga di kontrol kualitasnya dengan metode yang tepat, valid, akurat, dan menjamin konsistensi produk.

terima kasih kepada salah satu team kami yang hebat, Mohammad khoirur Roziqin yang telah menyumbangkan pemikirannya…

image

 

Okelah…kali ini, kontrol kualitas yang kita lakukan adalah kontrol kualitas viskositas menggunakan metode kelereng dan gelas ukur.

image

konsep dasarnya adalah memasukkan kelereng ke dalam cairan sabun cuci piring yang telah dimasukkan didalam gelas ukur. semakin kental sabun cuci piring, maka semakin lama kelerang jatuh ke dalam dasar. yang harus diperhatikan adalah diameter kelereng dan diameter gelas ukur. jangan sampai diameter kelereng terlampau kecil sehingga menyebabkan jatuhnya tidak secara langsung vertikal.

alat antara lain : stopwatch, gelas ukur, dan kelereng

bahan antara lain : DD light, dan sabun cuci piring pembanding. Kami menggunakan sabun cuci piring pembanding yakni produk ber brand yang telah terkenal kualitasnya serta menguasai pasaran.

cara pengujian   : masukkan kelereng, begitu masuk maka stopwatch di nyalakan dan ditunggu hingga kelereng jatuh ke permukaan dan secara bersamaan stopwatch dimatikan.

image

data yang didapat : waktu (dalam satuan detik).

image

Analisis data : semakin besar waktu maka semakin kental.

pembahasan : dapat digunakan parameter, bahwa rentang kualitas DD light setiap produknya mempunyai waktu turun sebesar sekian detik. Apabila kurang ataupun lebih, maka kualitas ditolak,dan diperbaharui.

 

kesimpulan :

dari hasil pembandingan, nampak bahwa kualitas produk kami dalam segi viskositas/kekentalan jauh lebih bagus daripada produk pembanding.

 

 

meskipun demikian, tidak hanya kekentalan yang mempengaruhi kualitas, masih banyak parameter yang menentukan kualitas dari sabun cuci piring, dan saya  mengakui bahwa kualitas produk masih banyak kekurangan. Adapun kontrol kualitas lainnya akan saya share sehingga bisa bermanfaat bagi para pengguna maupun formulator.

sekian, dan salam pengabdian….

 

Yakinilah, ilmu yang dishare (meskipun bagi jiwa – jiwa kapitalis itu rahasia), akan lebih bermanfaat daripada dirahasiakan !!dan rezeki itu telah ada bagiannya masing – masing.! mari kita latih jiwa tulus kita dalam meneliti, mengajar, dan mengabdi, untuk indonesia yang lebih baik, dan tegaknya dien kita”

 

wasalamu’alaykum wr.wb

 

hormat saya ,

 

 

itheng cemani..

pengajar, peneliti, dan pengabdi…

DDlightandy_thumb

0 comments: