Total Pengunjung Blog

Pengikut

Popular Posts

Sabtu, 05 Februari 2011

UGM adalah gudangnya para jenius, dalam berbagai bidang!!!

pernyataan tersebut tidak akan bisa dibantah

Dengan kemampuan –kemampuan jenius yang dimiliki mahasiswa tersebut, semua masalah sosial baik itu sosial ekonomi, sosial pendidikan, sosial pola pikir, serta sosial seni, semua dapat terselesaikan

pernyataan ini masih harus di buktikan..

dan itulah kami, kami akan mencoba membuktikannya.

Dear temen-temen…

tentunya semua setuju apabila  UGM adalah gudangnya para jenius, tapi apakah temen-temen sadar, bahwa kita ini-sebagai para jenius-masih berjalan sendiri-sendiri dan untuk kepentingan diri masing-masing. mari kita bertanya kepada diri  masing – masing, sudah sejauh mana kita ini berguna untuk lingkungan?atau  kapan aku ini akan berguna untuk lingkungan?? . tentunya kebanyakan dari temen-temen menjawab   “besok setelah lulus aku akan berguna bagi lingkungan. ups..tunggu dulu!!

apakah temen-temen tidak berpikir bahwa seteleh lulus- jika tidak dimulai dari sekarang-maka temen-temen hanya akan memikirkan diri temen-temen sendiri, yakni mencari pekerjaan, menikah, dan pusat pemikiran kita adalah keluarga yang kita bina. (ini pemikiran penulis saat ini, maaf jika terlalu salah, baca tulisan disini, agar lebih paham detailnya.)

seperti batang lidi, jika hanya satu  tidak akan bermanfaat untuk menyapu, mahasiswa- mahasiswa jenius  -UGM khususnya dan mahasiswa univ lain umumnya-  juga seperti itu. Jika kita hanya berdiri sendiri-sendiri, maka kita tidak akan mampu membersihkan “kotoran-kotoran”yang selalu menghambat kemajuan negeri ini, tidak bisa membikin tanah negeri ini  berkarakter untuk maju (sama dengan pemikiran BJ. Habibie saat di UMY). Masih pemikiran penulis, bahwa perlu adanya managemen dari SDM yang ada di UGM ini agar termaksimalkan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang membuat perubahan disekitar kita. MASIH PEMIKIRAN PENULIS JUGA, bahwa semua PERMASALAHAN DI NEGERI INI, bisa terselesaikan dengan kegiatan sosial, baik itu sosial ekonomi, sosial pendidikan, maupun sosial lain-lainnya. karena apa? dengan kegiatan sosial dan rasa kesosialan yang tinggi, maka segala bentuk kegiatan akan terhindar dari korupsi, pengunggul-unggulan golongan, kekuasaan, maupun prosedural yang memperlama ranah kemajuan (bayangkan saja prosedural negeri ini!!!Ingat atau pernah dengar ketika soekarna dan hatta mengatasi masalah apa ya, aku lupa, dia pernah berkata “yang terpenting adalah rakyat tidak terkena masalah, mengenai prosedural, saya akan bertanggung jawab penuh dan diatur setelah masalah selesai”. atau piye bunyinya, aku lupa.). Lihat saja, kejadian gempa bumi di Bantul dan Gunung merapi di Sleman, dana mengalir sangat lancar, dan kegiatan – kegiatan kemanusian berjalan  hebat dan serempak. Seandainya kita memposisikan dan mengkondisikan bahwa negeri ini terkena bencana seperti bencana anak jalanan, kemiskinan, dan pola pikir “ketergantungan” terhadap pemerintahan,mungkin negeri ini akan sedikit bergerak menuju kemajuan. Hal ini hanya bisa diposisikan apabila diri kita tidak nyaman dengan kondisi yang ada saat ini sehingga  akan memperbaharui keadaan untuk melakukan perubahan.

Untuk itulah, kami mencoba membuat kondisi diri tidak nyaman agar kami bisa menuju perubahan.

Bermula dari seseorang wanita hebat yang -dianggap gila oleh temen-temen sekitarnya “siti fatimah”- yang membaca blog ku- yang katanya juga gila dan tidak realistis- (bisa dibaca disini, disini, dan disini)- dia menghubungkan ku dengan temen- temen yang mempunyai fikiran sama dengan kami. Kurang lebih belasan anak tidak hanya dari Gadjah mada, bahkan berasal dari anak yang tahu kondisi lapangan(baca jalanan). Kami mencoba menyatukan tekad visi dan mengejawantahkan dalam berbagai hal yang nantinya akan kita tangani. Bermula dari itu, sebagai langkah awal dia membuat suatu ajakan kepada temen-temen seperti ajakan yang bisa dibaca disini.

Dari ajakan itu,temen- temen yang memiliki satu visi dengan kami mulai terlihat secara jelas hingga kami sepakat untuk bertemu. Pertemuan kami menghasilkan visi (atau entah apa namanya) yakni  merubah hal kecil-kecil agar siap untuk mengubah hal besar di negeri ini suatu saat nanti. Team ini akan menjadi penghubung antara arus atas (orang kaya, pemikir-pemikir, mahasiswa, cendekiawan) dengan arus bawah.

hasil pertemuan itu terwejawantahkan dalam proyek pertama yang mulai kami susun. Proyek pertama kami adalah memberikan pendidikan tambahan serta penghasilan tambahan bagi kawasan pemulung timoho. Kenapa bukan anak jalanan di perempatan MM UGM? alasannya karena yang berada diperempatan MM UGM ini adalah anak – anak jalanan yang menjadi korban pola pikir orang tuanya (menyuruhnya bekerja mengemis), bukan karena mereka tak punya pekerjaan lainnya. Sedangkan pemulung, mempunyai pola pikir bekerja,sehingga mungkin ide sosial ekonomi dapat lebih mudah terealisasi.

Sebenarnya target utama kami adalah anak jalanan di perempatan MM UGM, namun apa hendak dikata, saya pribadi sudah mencobanya dan ternyata sulit sekali. Menurut saya untuk mengatasi permasalahan anak –anak jalanan ini harus mempunyai strategi khusus paling tidak bisa menyelamatkan anak-anak itu. Karena penulis yakin, apabila anak –anak ini tidak segera diselamatkan, maka pola pikir mereka esok hanya akan tahu bahwa pekerjaan itu ya meminta –minta diperempatan. Anak –anak ini sekolah, namun linkungan terutama orang tua sangat berpengaruh terhadap kehidupan masa depan mereka. Ada satu anak yang bernama bagas. Hanya dia yang diberi kebebasan oleh orang tuanya untuk bekerja atau mengemis(karena menurut orang tuanya bagas lebih mbakat berjualan daripada mengemis). Sesungguhnya mempertahankan satu anak ini sangat bagus untuk langkah kedepannya, namun penulis stress banget (heheh), karena bagas juga dikendalikan oleh orang tuanya yang membuat keinginan saya menjadi tidak kesampaian (karena saya juga kurang sabar). baca ceritanya disini.

Hasil Pertemuan pertama team ini dapat di baca disini. Disini kami berencana untuk mengumpulkan ide-ide kreatif yang dapat digunakan kawasan tersebut sehingga menghasilkan penghasilan tambahan bagi mereka. Pengumuman ide –ide creatif yang disebar dapat dibaca disini. Syarat dari ide-ide kreatif tersebut adalah mampu menghasilkan penghasilan tambahan baik harian, mingguan, maupun bulanan dan ide tersebut dapat dilakukan mereka tanpa harus selalu tergantung terhadap kami. Untuk itu bagi temen- temen, saya berharap  membagi ide temen- temen kepada mereka melalui kami. ide temen- temen bisa disalurkan melalui email fb salah satu dari kami (siti fatimah, Yanse, reva zulhendi david atau itheng cemani), maupun di posting di blog pribadi temen-  temen dan di share di note-note yang kami tebarkan di FB.

mengenai format yang baik agar bisa jelas ide dari temen- temen, maka formatnya adalah sebagai berikut :

1. alat dan bahan – bahan.

2. cara produksi (lebih baik di foto/kamera)

3. cara pengemasan(foto)

4. target pasar yang memungkinkan

5. cash flow maupun modal serta keuntungan

atau jika temen- temen males buatnya, ijinkan kami tahu ide temen- temen dan harus bagaimana kami agar ide temen-temen terdokumentasikan pada kami. hubungi kami

 

Mungkin minggu depan (antara tgl 06-12 februari) kami akan mengadakan pertemuan kedua yang akan agendanya adalah sebagai berikut:

  • memberi kesempatan kepada temen-temen untuk memperkenalkan diri (yang belum datang dirapat pertama) dan mengungkapkan apa yang ingin temen-temen lakukan terhadap team ini..
  • membicarakan langkah strategis yang akan dilaksanakan agar proyek ini sukses

pada tahap ini diharapkan temen-temen sudah membawa draft pemikiran / strategi apa yang ingin dilakukan agar kasus ini sukses.

kasusnya secara jelas adalah

"di daerah timoho, ada kawasan pemulung, yang telah menjadi  pemukiman. Dalam pemukiman itu terdapat anak - anak usia sekolah (belum tahu  sekolah atau tidak), pemuda(belum tahu aktifitas nya, kata informan mengamen), bapak , dan ibu (kebanyakan sebagai pemulung). Tugas kita adalah memberi mereka ketrampilan serta pembelajaran kepada mereka agar mampu menghasilkan pegnhasilan tambahan bagi mereka tanpa menghilangkan pekerjaan utama mereka/tidak mengganggu pekerjaan utama. Jika bisa menabung juga. Nah..temen-temen tugasnya memikirkan langkah strategis untuk bisa mewujudkan ini.

  • Yang harus dipikirkan adalah (jika bisa tertulis):
  • Mekanisme pendekatan dan strateginya agar mereka bisa cair/nyaman dengan kita beserta identifikasi masalah dilapangan, apa saja yang perlu diidentifikasi? misal sikilus kehidupan mereka, serta kegiatan mereka sehari-hari agar kita dapat menempatkan celah kapan pekerjaan yang akan kita berikan dikerjakan mereka.
  • antisipasi  bila gagal PDKT,  agar kita bisa masuk kesana dengan strategi lainnya gimana!. Juru kunci disini adalah Silvia dwi, karena telah kenal dengan pemimpin disana plus nanti satu orang pelobi hebat dan handal
  • Mekanisme dan strategi pemberian lowongan kerja kepada mereka agar mereka tertarik.
  • Pekerjaan yang akan diberikan ke mereka beserta sistem produksi dan penjualannya. Boleh berbagai pekerjaan yang bisa menghasilkan uang tambahan baik harian, mingguan, dan bulanan. Rencana pekerjaan ini akan di berikan dalam bentuk penawaran(tapi rencana ini belum disepakati forum, so..bisa saja jika ada strategi yang lebih bagus, bisa dirubah)
  • Bantuan dana di dapat dari mana saja?
  • Cara melepaskan mereka dari ketergantungan kita, karena kita tidak akan selamanya disana serta waktu yang menurut temen-t emen efektif melakukan proyek ini berapa bulan?(banyak yang sepakat 2 bulan). Setelah 2 bulan, maka kita pindah cari proyek lain.
  • Membuat visi yang jelas apakah kita hanya akan berkecimpung di seputar anak jalanan dan pemulung saja, atau menyelesaiakan masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kita baik sosial ekonomi maupun sosial seni, maupun sosial lainnya..MEMETAKAN MASALAH –MASALAH YANG ADa.
  • Proposal ?

 

Adapun penulis telah memetakan masalah-masalah yang ingin ditangani selain kasus pemulung ditimoho, antara lain:

1. Masalah pengamen perempatan yang mengenakan pakaian reog dan topeng. disini sudah terlihat bibit –bibit seni jalanan seperti di eropa. penulis ingin sekali mengemasnya lebih baik sehingga mereka dapat penghasilan lebih dan tentunya dapat menarik minat orang –orang yang berhenti diperempatan. siapa tahu hal spektakuler dapat terjadi apabila dikemas dengan bagus. tentunya ini membutuhkan orang-orang seniman yang mempunyai ide lebih gila dari sana. Jika pembaca ada yang tertarik menangani kasus ini, saya serahkan kepada pembaca.

2. masalah becak yang tak punya lampu sen/atret/lampu riting. ide ini terlintas ketika pembaca menabrak becak di jokteng kulon. seandainya bisa, maka pembaca ingin mengajak mahasiswa ELINS UGM untuk membuat lampu sen/riting/atret bercatu daya aki dan memberikan kepada tukang becak. tentunya dana bisa di cari. Jika ada yang ingin manangani kasus ini atau memasukkannya ke dalam ide PKM penulis tidak berkeberatan

3. Masalah anak jalanan di MM UGM. (penulis belum kepikiran lagi,gimana menyelesaikan masalah ini). pool mentog tekek tekek, angel tenan…ini mungkin yang dikatakan kegagalan pendidikan indonesia

4. Pergerakkan mahasiswa /pemuda untuk lebih peka terhadap masalah-masalah sekitar baik masalah sosial maupun masalah sekitarnya. penulis sedang mencoba membentuk kelompok studi di bawah legalitas CRC (curcumin research center), untuk memfasilitasi ide-ide kreatif maupun membuat anggota lebih peka terhadap permasalahan disekitar serta cara penyelesainnya menggunakan pola pikir ilmiah. adaapun permasalahan disini tidak hanya suatu masalah yang bila tidak diselesaikan membuat bencana bagi individu, namun masalah ini lebih jauh lagi artinya jika ini diselesaikan akan membawa perubahan yang lebih baik/kearah lebih baik.

5. masalah pak burhani…bisa dibaca disini…

 

Adapun mengenai kasus timoho, penulis sendiri memiliki ide sebagai berikut :

 

RENCANA KASAR

Masuk ke kawasan timoho untuk membaca kondisi.Untuk membaca kondisi maka kita harus melihat aktifitas mereka /siklus hidup mereka. Dengan cara apa?Menawarkan kepada pemimpin bahwa kami mempunyai program pelatihan  cek gula darah, kholesterol , dan asam urat. Dengan pelatihan ini, nantinya mereka akan memiliki kemampuan mengecek gula darah, kholesterol, dan asam urat ke arisan-arisan RT/dasawisma ibu-ibu sehingga mereka memiliki penghasilan tambahan. tentunya didampingi oleh anak-anak dari kesehatan.Selain itu untuk antisipasikegiatan ini gagal, maka kita juga  bisa masuk lewat jalur anak - anak ,jika sudah ada yang mengelola ngaji, kita mencoba membantu, dan mungkin sedikit pendidikan bagi anak yang belum mereka dapat apa… (ini harus cek lapangan)

Apabila pelatihan cek gula darah dll terlaksana dengan baik, maka mereka, akan kita dampingi untuk mengecek gula darah dll para orang tua dikawasan ini. Disini akan terjadi suasana cair antara kita dan mereka. Nah...setelah suasana cair ini, maka kita akan masuk ke dalam suatu penawaran bursa kerja

Dimana kita memberikan penawaran kerja kepada mereka , tentunya yang bisa dikerjakan mereka saat mereka tidak bekerja(disini kita sudah tahu siklus kehidupan mereka)

bursa kerja yang kita tawarkan bermacam - macam . Syarat pekerjaan yang kita tawarkan kepada  mereka adalah mereka bisa mandiri tanpa harus melibatkan kita secara langsung baik dalam produksi maupun pemasaran (walaupun awalnya kita yang memback up pemasaran dan produksi terlebih dahulu) contoh kerjaannya antara lain, limbah daur ulang, papercraft, merajut, jamur tiram, jamur lingsi (lihat sikon), dll yang sebelumnya sudah dipersiapkan secara matang, baik segi bahan baku, segi produksi, modal, maupun segi pemasaran. Parameter keberhasilan, ada satu orang yang tertarik. Jika ada satu saja yang tertarik, maka yang harus kita lakukan adalah mempertahankan mereka.

Yang harus diIngat...jangan putus asa jika gagal. Karena ketika gagal, tidak akan ada masalah yang berdampak kepada kita, hanya saja perubahan tidak terjadi.

Ingat juga...pola pikir mereka tidak sama dengan kita, jadi jangan memaksakan pola pikir kita ke mereka.

menurut saya,perlu menentukan lama proyek ini berjalan!!!

 

RENCANA STEP –STEP YANG TERPIKIR SAAT MENULIS INI

1. Mulai masuk komunitas

-lobi pimpinan disana, mengutarakan maksud dan tujuan. -->disini kita harus punya program awalan agar bisa masuk ke dalam komunitas ini secara perlahan - lahan. Program awalan seperti mengaji , tempat bermain kreatif anak - anak, pelatihan cek gula, kolesterol, dan asam urat bagi pemuda /orang tua. Nb-sepertinya mengaji udah di handel anak sosmas BEM KM, so kita tinggal masuk aja ngikut.

-sekalian tanya sama mas bemben (pimpinan disana) , apa saja pelatihan yang sudah pernah ada dan masih berjalan maupun sudah tidak berjalan. Bertanya juga data kependudukan tentang usia anak, pemuda, orang tua, jumlah. (ne hati - hati tanyanya, sikon aja, klo kondisi belum memungkinkan ya g usah ditanyakan).

Parameter keberhasilan= kita dapat peluang masuk ke area mereka baik mengaji, tempat bermain kreatif, maupun pelatihan. Satu saja bisa, maka kita berhasil.

2. Identifikasi keadaan, identifikasi siklus kehidupan, melihat permasalahan nyata dan penetralan suasana (parameter keberhasilan--

Pada saat mengaji, atau bermain kreatif anak - anak, atau pelatihan cek darah yang perlu di identifikasi adalah :

a. Siklus kehidupan bapak, kapan kerja, kapan istirahat, kapan nganggur

b. sikus kehidupan ibu, apakah dia ikut bekerja (memulung) atau di rumah

c. Siklus kehidupan pemuda--ngapain mereka, apakah ngamen atau ngemis, atau lainnya

d. Sikuls kehidupan balita dan anak - anak usia sekolah--apakah mereka ngamen atau ngemis atau mulung, atau sekolah dan ngamen

Parameter keberhasilan=kita dapat memetakan semua siklus kehidupan secara rutin dari hari minggu sampai sabtu, dan siklus hidupnya dalam keseharian.

Disisi lain, disini kita juga sudah memetakan pekerjaan yang bisa mereka kelola tanpa harus meninggalkan pekerjaannya memulung (INGAT, mengubah mata pencaharian ORANG ITU adalahhal yang sangat sulit, so yang  bisa kita lakukan adalah menambah penghasilan mereka lewat pekerjaan tambahan). Selain itu, kita juga harus memetakan pekerjaan ini apakah akan menghasilkan penghasilan tambahan harian, mingguan, atau bulanan. Misal jualan es lilin, maka penghasilan ini harian. Membuat produk daur ulang, maka penghasilan mingguan, usaha jamur tiram maka penghasilan bulanan. Harus dipikirkan juga alur uang yang mengalir.

3. Pencairan suasana/pendekatan personal pribadi

Rencanaku dengan cara "yang tadi dilatih cek gula darah. Kolesterol, asam urat ini, mempraktekkan pelatihan terhadap warga pemulung. Disini ada pendampingan, nah yang terpenting adalah bercanda dengan mereka, saling bicara, komunikatif.

(parameter keberhasilan --ada orang yang bisa bercanda ma kita, ngobrol curhat ma kita, saling menyapa dan menaruh rasa hormat.)

Dalam tahap ini,kita semoga juga sudah selesai membuat sistem produksi semua usaha yang akan kita tawarkan dalam bursa kerja. Ingat, sistem produksi, sebaiknya sudah ada standar operasionalnya darimana kita dapat bahan baku, bagaimana kita produksi, bagaimana pengemasannya, bagaimana dan dimana sistem penjualannya, serta cash flow aliran uang yang dihasilkan.

4. PEMBUKAAN LOWONGAN KERJA. SYARAT DARI PEMBUKAAN LOWONGAN KERJA INI ADaLAH TIDAK BOLEH MENINGGALKAN PEKERJAAN UTAMA MEREKA, YAKNI MEMULUNG. JIKA BISA , JUSTRU PEKERJAAN UTAMA MEREKA MENDUKUNG PEKERJAAN YANG KITA TAWARKAN.

(parameter keberhasilan=kita dapat satu orang yang tertarik dengan lowongan pekerjaan kita, apapun itu)

5. PELATIHAN BAGI ANAK - ANAK YANG MENGAMEN DI JALANAN

Disiini rencanaku aku pengen ngamen menjadi sebuah bentuk karya seni seperti di negeri - negeri eropa. Sudah ada bibit-bibitnya jika temen -temen melihat sekarang ada orang reog di perempatan jalan. Itu bibit - bibit yang harus kita kembangkan agar trend senter unjuk kebolehan di perempatan menjadi populer dinegeri ini. Apapun itu karya seninya, di olah sedemikian rupa. Jika ini berhasil, wow...bisa saja seni jalanan menjadi sebuah inovasi tersendiri. Aku sarankan kita mengajak orang yang hebat di bidangnya, seperti budayawan yang berpengaruh (jika bisa) atau anak -anak seni dari ISI.

6. Mendukung orang yang tertarik bekerja dan terus memberikan akses untuk dia menghasilkan karya produktifitas.

(parameter keberhasilan=dia dapat penghasilan tambahan dari apa yang dia kerjakan)

7. MENAWARKAN KEMBALI LOWONGAN PEKERJAAN INTRA PERSONAL

Ketika ada yang tertarik, maka usahakan mereka nyaman mulai menjalani pekerjaan mereka

8. MEnCOBA MULAI melepaskan mereka agar mereka dapat mandiri

Parameter keberhasilan dan cara--belum terpikirkan!!!

9. Idealnya kita dapat lepas dari sini dan mencari bahan permasalahan lainnya yang siap kita ubah lagi keindahannya …

Tapi aku yakin ini rencana tak sepenuhnya akan berhasil karena keterbatasan kita. Tapi keberhasilan kita justru kita sudah mulai melakukan rencana ini, paling tidak untuk bekal kita nanti saat kita sudah sukses. Dengan melakukan rencana ini , keuntungan kita :

1. Kita dapat relasi yang akan kita lanjutkan untuk menyelesaikan masaslah - masalah seperti ini pada saat nya nanti (ketika kita sukses)

2. Kita benar- benar tahu, bahwa pola pikir orang itu tidak bisa dipaksakan, dan mengubah pola pikir itu adalah sulit. Terkadang kita punya keinginan baik terhadap mereka, tapi karena keterbatasan pola pikir, maka maksud kita tidak tersampaikan.

3. Kita mulai membentuk sebuah team, ketika salah satu dari kita menjadi oran gyang berpengaruh bagi bangsa dan negeri ini

4. Kita berlatih untuk menjalankan bisnis yang saat ini, ketika gagal, itu tidak akan berpengaruh, karena kita tidak punya tanggungan anak istri , hehehe

5. Dan manfaat amal amal yang tak terhitung dalam bahasa agama.

SDM YANG KITA BUTUHKAN

1. Pelobi handal dan pendamping handal yang bisa mencairkan suasana , acha..(yang sudah tahu pemimpinnya) dan siapa??yang bisa mendampingi dan dekat dengan mereka serta mencairkan suasana (kelompok pendamping dan pengidentifikasi masalah lapangan)

2. mahasiswa kesehatan yang komitmen untuk pelatihan cek gula darah

3. Mahasiswa yang bisa melatih ngaji dan mengatur jadwal rolling untuk mendidik mereka dengan variasinya

4. Marketing untuk cek gula darah, DLL

5. Produk - produk yang bisa dibikin mereka dengan sedikit pelatihan serta sistem plannya, bahan baku, sistem produksi, packaging, daya jual, keuntungan profit.

6. Marketing untuk produk - produk ini(diharapkan yang sudah ada, so..market nya sudah ada tempat seperti kopma dll, tapi klo bisa mereka yang ambil ke mereka bukan kita), kepala produksi untuk produk - produk ini diharapkan nanti dari mereka juga ditunjuk kepala produksinya,

7. pencari dana serta pembuat proposal hebat

8. ada tambahan, ???

Rencana yang harus kita kerjakan :

1. KUMPULKAN SEMUA SDM YANG ADA

2. BAGAIMANA KITA MENCARI DANA?

3. BUAT PROPOSAL DAN CARI BAGIAN MANA SAJA YANG AKAN KITA TEMBUS DENGAN PROPOSAL INI

4. Mencari pelobi handal dan membentuk kelompok pendamping

5. Mencari anak kesehatan yagn komit-->untuk pendampingan pelatihan tes darah

6. Mengumpulkan ide - ide ygn bisa dijual dan dibuat mereka sebagai produk yang berdaya jual tinggi (poling lewat FB atau apalah..atau ada yang mengusulkan),

7. Memperhitungkan biaya yang di gunakan

8. Buat rencana DETAIL dan parameter keberhasilan setiap rencana/setiap step.

6. Apakah nanti kalian butuh markas ?bisa gunain kozku...KOZKU NYAMAN YOW…G KAYA KAPAL PECAH..HEHEHEE

 

demikian temen-temen, hasil buah pikirku..bantu kami dengan memberikan apa yang bisa temen-temen berikan, atau paling tidak menyebarkan informasi ini kepada para pemikir dan cendekiawan yang temen-temen kenal. yang ingin aku sampaikan sekali lagi dan mungkin ini terlalu muluk, adalah sebagai berikut:

JANGAN TAKUT GAGAL……..

TERUSLAH BERLARI DENGAN KAKI KAKI KITA SENDIRI, JANGAN PERNAH TERHENTI MAUPUN BERHENTI.

UNTUK MENGUBAH HAL BESAR YANG ADA DI INDONESIA, UBAHLAH DULU HAL – HAL KECIL DISEKITAR KITA

BIARLAH PEMERINTAHAN SEPERTI ITU, BIARLAH MEDIA MENGEKSPOSE DAN MEMPROVOKASI KITA UNTUK MEMBENCI PEMERINTAHAN KITA, DAN BIARLAH PEMERINTAHAN KITA BERJALAN…BIARKAN…BIARKAN MEREKA SEPERTI ITU…

KARENA APA?KARENA MEREKA AKAN TERSINGKIR SAAT KITA YANG BERKUASA….DAN APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN AGAR KITA BERKUASA?REVOLUSI ATAU REFORMASI (ENTAHLAH APA YANG BENAR), KITA SENDIRI!!!!!

MARI KITA LAKUKAN PERGERAKAN!!PERGERAKAN SEPERTI TEMPO DOELOE… HINGGA MELAHIRKAN SUMPAH PEMUDA, (lebay iki wis sen)

MARI KITA LAKUKAN, MARI KITA LAKUKAN SAMPAI SALAH SATU DARI KITA MENGULANGI SUMPAH PATIH GADJAH MADA DI DEPAN PUBLIK, DI DEPAN MEDIA SELURUH RAKYAT INDONESIA

‘SAYA BERSUMPAH TIDAK AKAN MEMAKAN BUAH PALA ATAUPUN KENIKMATAN DUNIA INI’ JIKA NUSANTARA INI MASIH ADA YANG PERPOLA PIKIR MEMINTA…..

RINDU BUKAN KITA MENDENGAR SUMPAH DARI PEMIMPIN KITA SEPERTI ITU?TAPI AKU RASA, HANYA KITA YANG AKAN MELAKUKANNYA, BUKAN MEREKA…SIAPA YANG PERTAMA?TENTU SAJA , DARI YANG MULAI SEKARANG MELAKUKAN PERUBAHAN DI SEKITAR KITA.

 

Wkwkkwk…bacotan wong edan, ojo di pikir nek kalian waras…

 

 

dan satu lagi, biarkanlah aku menggila lewat tulisanku yang tidak realistis. pembaca boleh mencerca dan menghina kegilaanku, tapi ingat…ombakku tidak akan terhenti dan semakin besar. Menenggelamkan cercaan-cercaan.

terima kasih temen- temen, telah membaca dinamika pola pikirku.

2 komentar:

diki kurnia mengatakan...

mantap mas...

Anonim mengatakan...

saya tertarik dgn pelatihan cek gula darah ini. Pertanyaannya: (sepertinya belum disebutkan di artikel ini), sudah adakah alat untuk cek gula darah, kolesterol, ataupun asam urat itu?
menurutku ide ini cukup bagus, sebagai info saja untuk marketing bisa melalui pertemuan2 ibu2 PKK atau arisan-arisan warga (terutama kawasan menengah ke atas)
Contoh nih, di kawasan Perum UNY deket tempat saya kerja, banyak warganya yang rutin cek gula darah (tapi harus ke dokter atau apotek). Klo misalnya kita bisa menawarkan langsung ke forum2 arisan, pasti akan lebih baik. Kecenderungan masyarakat sekarang kan nyari mudahnya saja, jadi mereka pasti akan lebih memilih yang 'didatangi'daripada harus 'mendatangi' apotek atau dokter. Tarifnya juga lumayan, misalnya nih standar cek gula darah 12.000. Waktunya singkat, gak ada 5 menit, apalagi ditambah konseling gratis tentang penyakitnya, mereka pasti seneng.