Total Pengunjung Blog

Arsip Blog

Pengikut

Popular Posts

Jumat, 22 April 2011

bahan  berasa manis di keluarkan oleh lebah (apis mellifera) setelah menghisap dan memproses nektar atau sari bunga di dalam perutnya.

Jadi kumbang tidak menghisap madu.

Kemudian diolah didalam perut, sehingga madu merupakan simplisia hewani. bagi lebah sendiri madu digunakan sebagai sumber makanan, pada saat dingin, atau hujan berlangsung terus menerus. Bagi manusia madu digunakan sebagai sumber energi, bahan pemanis maupaun sebagai obat.

An nahl ayat 68-69.

 

Warna madu macam - macam tergantung dari tanaman yang menjadi sumber nektar.

Apa kandungan dan apa manfaatnya bagi bayi.anak - anak ibu hamil, dewasa , tua?

Kandungannya gula yang terdiri dari fruktosa dan glukosa dengan perbandingan yang hampir sama, terdapat sukrosa dan polisakarida.

Dalam 100gram madu terdapat maltosa 7,1 g, air 17,2 ml (apabila air kurang dari 20 %  , mikorba tidak bisa tumbuh). Jika dibakar akan menghasilkan kadar abu total 0, 2 g (artinya kandungan anorganiknya hanya 0,2 g). Nilai indeksi glikemiknya 31-78 klo dikonsumi diabetes tidak cocok

Namun ada demikiana ada madu yang berasal dari nektar tamanam beracun sehingga memberikan efek samping bagi tubuh misal lebah yang mengandung tanaman oleander (jure), karena berbunga merah jambu, mengandung glikosida jantung).

 

Akan tetapi, tidak perlu dikhawatirkan karena sampai saat ini belum ada di pasaran yang mengandung tanaman dari jure. Masalah yang harus diwaspadai adalah adanya kepekaan anak kecil dibawah 1 th, karena tercemar jamur oleh spora botulinum. Sopora ini akan rusak oleh sistem pencernaan orang  diatas 1 tahun atau orang diewasa.

Banyaknya jenis kandungan vitamin dan mineral, madu juga sangat baik sebagi sumber nutrisi yang menyehatkan.

Sebagai sumber energi dan nutrisi khasiat sebagai obat yang telah terbukti secara ilmiah adalah sebagai antiseptik dan antibakteri. Terutama pada penderita diabetes. Namun tidak boleh diasumsikan madu boleh diknsumsi oral oleh diabetes, jika penderita mengkonsiumsi madu berarti mengknsumsi gula. namun secara  topikal dapat digunakan oleh pendiita diabetes yang terkena  ganggren berkaitan Aktivitasnya sebagai antimikroba. Aktifitas ini disebabkan oleh berbagai faktor:

  1. Fruktosa dn dfjdslf(g kecatet) yang relatif air lebih 80 %
  1. Banyak hidrogen preozida yagn ersebut. Enzim ini akatif ketika terencerkan oleh caiaran tubuh yang ada pada luka.
  1. Keasaaman madu juga mendukung sifat anatiseptiknya. Kandugnan nya lainnya bersifat antifkmikroba adalah metilgloksal senaywa peptida yagn disebut apidaesin, dan abaesin, sedangkan khusus didalam royal jeli disebut royalisin

Apakah madu bisa menyembuhkna infeksi saluran pernafaasan atas???

Sejak dulu memenag sudah digunakan, setlain bersifat ekspektoran, daya antimikroba efektid untuk megnatasi berbagai infeksi seperti yang ditanyakana. Untuk demam belum ada lapaoran ilmiah yang ditemukan, sedangkan untk tukank lambung kemungkinana melalui daya antimikrobanya terhadap bakteri pilori yagn sering terdapat pada tukak lambung. Adapun mekanisme daya antiinfeksinya seprti telah dijealskan sebalumnya yaitua da kandungan monoksaiakreidasdnfdsfkdsjfdsfjds

Apakah bisa bisa untuk penyakit jantung?

Belum ada laporan ilmiahnya.

Berapa batas konsumsi madu?apakah memiliki efek samping klo dikonsumsi berlebihan?

Madu , minuman secara luas digunakan masyarakat, tidak ada batasan dosisnya.

Tapi tidak disarankan secara berlebihan

 

Tips penyimpanan agar tetap amaan dan bermanfaat ?

Tidak boleh menggunakan wadah yagn dari logam. Sering kali suhu tidak boleh 37 derajat. Karena akan terjadi kerusakan enzim - enzim yang ada dialamnya. Klo yang lebhih 50o c akan terjadi karamelisasi

Klo menyimpan madu, botolnya dari plastik dilubagi agar klo terjadi fermenetasi gasnya bisa mumbul . G meledak. Madu yang baik memiliki ciri jernih,

Jika diambil dari pisau jika mengalir, alirannya tidak boleh terputus, setelah terjatuh harus membentuk bulatan kompak, jika digerus, harus membentuk lapisan tipis segera mengumpul kembali denga cepat yagn menunjukkan kekentalan yang tinggi. Jika tidka demikian berarti madu tersbut memiliki kadar air lebih besar dari 20 % sehingga mudah terfermentasi. Madu asli dengna kadar air rendah dapat diuji menuangkan air yang ada digelas, maka akan langsung masuk. Jika oplosan akaan menimbukna kekeruahan air didalam gelas.

2 komentar:

nabhcookies mengatakan...

mas, itu lebahnya cmn apis mellifera aja po? trus madu ga cocok buat org yg punya DM, tapi dulu aku pnh liat di buku klo madu gapapa buat org DM, soalnya manisnya alami, jauh lbh baik dr gula putih ..

itheng mengatakan...

eh...selain lebah apis mellifera apa lagi de?
mengenai madu g cocok buat orang yang punya DM, silahkan baca jurnal ini, mungkin hanya abstraknya sja, tapi siapa tahu bisa menjawab..
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1464-5491.1985.tb00654.x/abstract